Penyebab Bibir Pecah - Pecah dan Kering, Kebiasaan Buruk Salah Satunya

Penyebab bibir pecah pecah dan kering

Penyebab bibir pecah pecah dan kering - Bibir memiliki masalah berupa kondisi yang kering serta kulit bibir yang terkesan pecah - pecah. Banyak orang sering dan pernah mengalami peristiwa seperti ini, dan mereka banyak yang tidak mengetahui penyebab bibir pecah - pecah dan kering. Alhasil, kejadian seperti ini terulang - ulang bahkan bisa menjadi masalah yang serius. Namun tenang saja, berikut ini kita akan membahas sedikit tentang penyebab bibi pecah - pecah dan kering.

Bibir kering merupakan kondisi di mana kulit bibir tidak memiliki kandungan air yang cukup. Selain itu, ketika bibir kering sering kali terkesan bentuk pecah - pecah. Ketika masalah ini timbul, anda tidak akan merasakan rasa sakit atau hal lainnya. Dalam kondisi ini, kulit bibir akan terlihat terlepas dari bibir dan sering dicabut oleh beberapa orang. Padahal tindakan seperti itu bisa memperparah keadaan dan terjadi luka lebih parah.

Penyebab Bibir Pecah - Pecah dan Kering


Kondisi bibir kering akan lebih panjang ketika kondisi lingkungan sangat panas, belum lagi tubuh yang kekurangan cairan. Panas dalam, menjadi penyebab yang sering menimbulkan bibir menjadi kering dan pecah - pecah. Namun, masih ada lagi beberapa sebab mengapa masalah ini bisa timbul dan menyerang bibir anda. Jika anda tidak mengetahui penyebabnya, berikut ini langsung saja pembahasannya.

1. Tubuh kondisi dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa membuat sistem pada tubuh menjadi kacau entah sistem imun, pencernaan dan lainnya. Kondisi kekurangan cairan, membuat kulit tubuh mendapatkan dampak buruk dari mulai kering, pecah - pecah, kerutan dan lainnya. Untuk area bibir, biasanya akan berupa perubahan kondisi fisik kulit bibir. Yang mana, bibir akan berubah menjadi kering layaknya kulit dan akan sedikit terkesan pecah - pecah. Jadi, anda perlu memperhatikan komposisi cairan tetap stabil.

2. Keseringan menjilat bibir

Apakah anda sering menjilat bibir dengan lidah? lebih baik sekarang anda hentikan kebiasaan tersebut. Air liur pada lidah hanya akan mengurangi tingkat kelembaban pada bibir serta mengurangi ketebalan kulit bibir. Bukannya melembabkan bibir, air liur hanya akan mempercepat pengeringan ketika bersentuhan langsung dengan udara. Hasilnya, kulit bibir akan cepat kering dan pecah - pecah. Apabila kebiasaan seperti ini terulang - ulang, masalah ini akan lama dalam sembuhnya.

Baca juga : Penyebab Kulit Wajah Mengelupas, Bisa Akibat Perawatan yang Salah

3. Konsumsi makanan pedas dan asin

Orang - orang Indonesia sangat suka dengan makanan pedas dan sedikit asin. Namun, kebiasaan tersebut cenderung berdampak negatif bagi kesehatan kulit bibir anda. Makanan seperti ini hanya akan membuat kulit bibir menjadi iritasi dan menjadikan kulit lebih tipis. Bahkan bisa merubah bibir mengalami peradangan yang cukup serius. Hal ini bisa teradi ketika anda mengkonsumsi makanan entah pedas atau asin yang berlebihan. Jadi, lebih baik anda mengkonsumsi makanan ini dengan jumlah yang sesuai kebutuhan.

4. Paparan matahari yang terlalu sering

Ada kalanya sinar matahari menyehatkan bagi tubuh serta membantu perawatan kecantikan kulit. Namun, sinar matahari lebih banyak dampak buruknya, sebab kandungan sinar matahari tergolong berbahaya. Sinar - sinar berbahaya, bisa membuat kulit bibir lebih cepat berubah menjadi kering. Bahkan, kulit yang sering terpapar sinar matahari bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker kulit. Sebaiknya anda menggunakan krim pelindung dari paparan sinar matahari terutama kulit bibir yang rentan kering.

5. Efek buruk obat - obatan

Selain berfungsi mengobati berbagai penyakit, obat - obatan ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan maupun kecantikan. Untuk segi kecantikan, obat bisa mempengaruhi struktur dari kulit bibir. Biasanya, kulit bibir akan berubah menjadi sangat kering dan kulit terlihat pecah - pecah. Obat - obatan yang bisa meningkatkan risiko bibir pecah adalah suplemen vitamin A, kemoterapi, anti jerawat, retinoid dan lainnya. Jadi, sebaiknya anda berhati - hati dalam menggunakan atau konsumsi obat.

Nah, itu saat pembahasan saat ini mengenai penyebab bibir pecah - pecah dan kering. Paparan sinar matahari serta kondisi tubuh yang kekurangan cairan menjadi penyebab yang sering dialami orang - orang. Menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit dan sehat menjadi langkah pencegahan yang baik. Sekianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan membantu menambah pengetahuan anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel