Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas Terus Menerus

Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas

Penyebab bibir kering dan mengelupas - Kondisi bibir memang bisa berubah - ubah dari mulai lembab, kering, pecah - pecah bahkan mengelupas. Kondisi yang baik dari bibir adalah sedikit kering dan lembab. Namun, kadang kala seseorang memiliki bibir yang begitu kering dan mengelupas. Ada beberapa penyebab bibir kering dan mengelupas yang bisa anda alami. Karena, sekarang kita akan sedikit membahas mengenai penyebab bibir kering dan mengelupas.

Bibir kering memang menjadi masalah yang sering di alami bibir selain masalah sariawan dan lainnya. Ketika seseorang mengalami masalah ini biasanya menandakan kalau tubuh dalam kondisi yang kurang sehat. Kekurangan cairan menjadi salah satunya, ada pula masalah panas dalam yang berdampak pada kondisi bibir. Kebiasaan dan perilaku juga bisa menunjang bibir kering dan mengelupas terjadi.


Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas


Ketika anda mengalami masalah bibir kering seperti ini, sebaiknya anda perlu mengetahui penyebabnya. Dengan begitu anda bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan seperti ini nantinya. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi terjadinya bibir kering bahkan sampai mengelupas. Apabila saat ini anda tengah mengalami dan bingung apa penyebabnya, berikut beberapa faktornya.

1. Tubuh mengalami dehidrasi

Faktor utama dari masalah ini yaitu tubuh mengalami kekurangan cairan atau disebut dehidrasi. Apabila tubuh sudah kekurangan cairan, maka bagian luar tubuh seperti kulit, bibir akan menjadi lebih kering. Ini disebabkan, bagian tubuh dalam kekurangan cairan sehingga tidak bisa mentrasnfer cairan ke arah luar. Dan akhirnya membuat bibir menjadi kering. Apabila ini terjadi berlarut - larut, bibir kering akan lebih parah bahkan bisa mengelupas.

2. Kebiasaan buruk

Ketika kondisi bibir kering, kita sering menjilatinya dengan lidah supaya tetap basah dan lembab. Padahal hal itu salah, air liur akan mudah kering bila terkena udara luar sehingga membuat kulit bibir menjadi kering. Bukan tanpa sebab, air liur mengandung asam yang bisa membuat kulit bibir mengalami iritasi. Kebiasaan buruk lainnya seperti mencabuti kulit bibir kering, sehingga terkelupas dari tempatnya. Dan inilah mengapa yang menjadikan bibir kering dan mengelupas.

Baca juga : Masker Wajah Alami untuk Kulit Kering dan Kusam, Pelembab Alami

3. Cuaca lingkungan

Lingkungan memiliki cuaca yang tidak menentu, ketika panas tubuh akan membutuhkan cairan yang lebih banyak. Apabila tidak dituruti, tubuh akan kekurangan cairan dan membuat tubuh bagian luar menjadi kering. Pada cuaca dingin pun bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan mudah terkelupas. Selain cuaca lingkungan luar, ruangan ber-AC juga menunjang seseorang mengalami bibir kering. Jika bibir sudah dalam kondisi seperti sangat mudah mengalami kulit bibir terkelupas.

4. Penggunaan bahan yang mudah mengiritasi

Bibir memang memiliki sifat yang cukup sensitif, sehingga sangat mudah mengalami kondisi kering dan mengelupas. Ada banyak bahan yang sering anda pakai, ternyata menjadi penyebab bibir menjadi kering dan mengelupas. Bahan tersebut antara lain pasta gigi, lipstik, dan lainnya. Pemakaian yang terlalu sering terhadap bahan - bahan tersebut, kondisi bibir akan menjadi lebih parah. Jadi, lebih baik untuk engurangi bahan kecantikan seperti lipstik untuk menjaga bibir tetap sehat dan baik.

5. Efek buruk obat - obatan

Mengkonsumsi obat untuk menyembuhkan penyakit memang disarankan oleh dokter, supaya penyakit segera hilang. Namun, konsumsi obat juga memiliki dampak yang buruk juga, selain bermanfaat menyembuhkan penyakit. Konsumsi obat seperti vitamin A, suplemen, kemoterapi dan lainnya, bisa membuat tubuh kekurangan cairan. Dampaknya bisa dirasakan dari mulai mudah letih, kondisi kulit kering entah anggota badan dan bibir. Dan dampak konsumsi obat masih banyak lainnya.

6. Tubuh kekurangan gizi

Selain tubuh yang kekurangan cairan, juga bisa mengalami kekurangan gizi dan berdampak pada kondisi fisik tubuh. Nah, ketika anda mengalami bibir kering bisa jadi anda sedang mengalami kekurangan berbagai jenis gizi. Apa saja itu, yaitu vitamin B2, asam folat dan lainnya. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh asupan makanan yang kurang baik, dan jumlah nutrisi pada makanan tidak sesuai kebutuhan. Hasilnya, tubuh menjadi kekurangan gizi yang ditandai dengan bibir pecah yang tengah anda alami.

Itulah beberapa penyebab bibir kering dan mengelupas yang sering dirasakan banyak orang di dunia ini. Faktor masalah ini datang bisa dari faktor lingkungan atau dari dalam diri sendiri. Jadi, anda perlu sekali menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan lengkap. Serta melakukan aktivitas yang baik bagi tubuh seperti pada bibir sekali pun. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan semoga bermanfaat buat anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...