Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya
Share
Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Penyebab asam lambung naik dan cara mengatasinya - Asam lambung merupakan sebuah masalah yang bisa menyerang siapa saja. Penyebab asam lambung naik pada beberapa orang memang sangat bervariasi. Masalah kesehatan yang satu ini, bisa menyerang semua kalangan dari mulai yang muda hingga yang tua. Dan yang paling sering diakibatkan oleh aktivitas yang kurang baik. Oleh karena itu, kita akan membahas beberapa penyebab asam lambung naik dan cara mengatasinya.

Di dalam organ lambung terdapat larutan asam yang berfungsi dalam pencernaan makanan dari mulai mengolah makanan yang masuk. Asam yang terkandung tergolong tinggi yaitu larutan HCL, yang memang kadar asam tinggi. Apabila asam ini naik, maka akan melewati organ - organ di atasnya sehingga membuat terjadinya iritasi. Hal ini karena tingkat asam tinggi dan organ lain selain lambung tidak bisa menahannya.


Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya


Masalah asam lambung yang naik memang akan bisa datang sewaktu - waktu tanpa anda sadari. Yang ada hanyalah, rasa perih di dalam tubuh akibat larutan HCL yang naik hingga ke beberapa organ di atas lambung. Umumnya, rasa sakit yang di derita akan terasa hingga dada dan tenggorokan. Ketika asam lambung naik, rasa perih pada dada dan tenggorokan bisa berlangsung cukup lama, ini sesuai dengan jumlah asam lambung yang naik.

Baca juga : Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada dan Tenggorokan

Ok, kejadian asam lambung naik memang hal yang wajar terjadi pada beberapa orang. Namun, apa sebetulnya penyebab dari timbulnya masalah asam pada lambung mengalami kenaikan bahkan hingga ke dada dan tenggorokan. Apabila seseorang sudah mengalami masalah ini, perlu penanganan sesegera mungkin supaya asam tidak mengakibatkan kerusakan pada organ lain. Langsung saja berikut ini ulasan penyebab asam lambung naik dan cara mengatasinya.

1. Karena faktor usia

Usia menjadi faktor yang paling ering dikaitkan dengan terjadinya peristiwa kenaikan asam lambung. Mengapa demikian, sebab di usia yang sudah lanjut biasanya tubuh akan sulit memproduksi asam lambung dengan takaran yang seimbang. Sehingga, suatu ketika lambung bisa memproduksi asam lambung yang tinggi dan menyebabkan kenaikan. Hal ini berbeda dengan orang yang masih muda. Dari hal ini, yang penting adalah kondisi tubuh yang sudah tua sehingga berkurang.

2. Kondisi tubuh dan pikiran yang stres

Kondisi stres menjadi salah satu mengapa seseorang mengalami masalah asam lambung yang naik. Stres erat hubungannya dengan sistem pusat tubuh yaitu otak. Di mana stres menimbulkan rangsangan yang menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, stres juga mempengaruhi produksi hormon tubuh. Salah satunya adalah hormon prostaglandin yang berfungsi melindungi lambung dari asam. Jadi, bila tubuh kurang dalam produksi hormon ini rasa nyeri akan terasa akibat asam lambung naik.

3. Makanan dan minuman yang dikonsumsi

Beberapa makanan dan minuman yang anda konsumsi bisa saja menjadi pemicu datangnya masalah asam lambung naik. Makanan - makanan yang berlemak dan di goreng menjadi faktor utama. Sedangkan minuman, yang menjadi pemicu  adalah kandungan alkohol, kafein, bersoda, dan susu dengan lemak tinggi. Apabila makanan dan minuman tersebut di konsumsi terus menerus, maka risiko terkena masalah ini akan meningkat. Jadi, hindari makanan dan minuman yang sudah tertera di atas.

4. Dampak buruk obat - obatan

Selain mampu menyembuhkan penyakit, obat - obatan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan salah satunya asam lambung. Obat - obatan seperti untuk rasa nyeri, darah tinggi, asma, penghambat kalsium, dan depresi hanya akan membuat otot LES menjadi lemah. Obat untuk melakukan perawatan terhadap masalah osteoporosis, ternyata juga bisa berdampak pada naiknya asam lambung. Oleh karena itu, konsumsi obat - obat tertentu perlu diperhatikan, usahakan untuk mendapatkan instruksi dari pihak dokter.

5. Makan tidak teratur

Memang tidak ada yang salah terhadap kegiatan makan yang sering kita lakukan. Asam lambung yang dihasilkan di lambung berfungsi untuk mencerna makanan. Namun, ketika lambung dihadapkan dengan makanan yang susah dicerna. Maka secara otomatis lambung akan menghasilkan asam yang cukup banyak. Dan ini, kemungkinan besar yang mengakibatkan seseorang mengalami naiknya asam lambung. Makan yang tidak teratur menjadi pemicu timbulnya asam lambung naik bagi beberapa orang.

6. Tengah mengandung bayi

Hamil memang momen yang membahagiakan bagi semua orang. Tapi, banyak tantangan yang menghampiri salah satunya menyebabkan asam lambung naik. Tekanan akibat pertumbuhan janin dan hormon progestin mampu melemahkan otot LES. Alhasil, risiko ibu hamil mengalami asam lambung naik jauh lebih besar. Walaupun begitu, masalah asam lambung naik akan selesai ketika sudah melahirkan. Jadi, ketika hamil mengalami asam lambung naik, anda tidak perlu khawatir karena akan sembuh bila sudah melahirkan.

7. Kebiasaan merokok

Merokok memang menjadi kebiasaan buruk dan sangat tidak baik bagi kesehatan.Perokok entah itu aktif atau pasif memiliki dampak yang sama - sama berbahaya. Kandungan dalam rokok mampu merusak bagian membran mokusa. Selain itu, merokok akan membuat otot LES tidak berfungsi dengan semestinya yang disebabkan oleh kandungan rokok. Produksi asam juga akan meningkat, dan merokok akan mengurangi produksi air ludah. Padahal air ludah berfungsi untuk menetralkan asam, sehingga tidak terjadi kenaikan.

8. Kekurangan kadar magnesium

Tubuh yang kekurangan kadar magnesium juga mempengaruhi terjadinya asam lambung naik. Hal ini erat hubungannya dengan otot yang disebut LES, yang mana otot ini berfungsi mengatur aliran perut dan asam lambung. Magnesium akan membantu mengatur hal tersebut sehingga otot LES dapat berfungsi maksimal. Namun, ketika tubuh kekurangan kandungan magnesium yang terjadi adalah otot LES tidak berfungsi dengan maksimal. Pada dasarnya selain kekurangan magnesium, kekurangan zat lain seperti vitamin dan mineral juga akan mempengaruhi hal yang sama.

9. Aktivitas olahraga

Ternyata aktivitas olahraga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa anda mengalami naik asam lambung yang tiba - tiba. Adanya tekanan pada area perut setelah atau saat olahraga memicu asam pada lambung naik. Kejadian seperti ini bisa terjadi kepada semua orang, terutama pada orang - orang yang senang olahraga. Jadi, ketika olahraga pastikan anda memperhatikan segala unsur di dalamnya dari sehatnya kondisi tubuh, dampak dari olahraga dan lainnya. Sehingga terjadinya asam lambung bisa ditekan bahkan tidak terjadi sama sekali.


Cara mengatasi asam lambung naik


Setelah anda mengetahui beberapa penyebab terjadinya asam lambung naik, selanjutnya anda perlu tahu cara menangganinya. Karena masalah asam lambung bisa terjadi secara tiba - tiba tanpa ada tanda sebelumnya. Maka sebaiknya anda harus tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Belum lagi, ketika anda tengah mengalami hal tersebut. Langsung saja, kita akan membahas cara mengobati masalah asam lambung. Berikut ini adalah cara mengatasi asam lambung naik.

1. Mengkonsumsi air jahe

Di dalam jahe terkandung zat yang berfungsi sebagai obat anti radang. Tentunya ini sangat berarti untuk mengurangi rasa nyeri pada area ulu hati dan area sistem pencernaan. Rasa nyeri, akibat dilewati asam lambung memang akan selalu menghantui orang - orang yang mengalami asam lambung. Untuk menggunakan jahe sebagai obat masalah lambung, anda bisa menggunakannya untuk minuman hangat. Selain dibuat minuman, mengkonsumsi mentah juga bisa anda lakukan. Tak hanya langsung dari jahe, anda bisa menggunakan bubuk jahe yang banyak dijual.

2. Makan sayuran hijau

Mengkonsumsi sayuran memang dapat memberikan dampak yang baik kepada tubuh orang. Selain menyehatkan, mengkonsumsi sayuran bisa juga dimanfaatkan sebagai alat untuk menyembuhkan asam lambung. Untuk masalah lambung ini, anda bisa makan sayuran hijau seperti selada, brokoli. Selain sayuran hijau, sayuran lain juga mampu menurunkan asam lambung seperti kentang dan lainnya. Sayuran akan membantu menurunkan kadar asam lambung, sehingga masalah lambung akan segera teratasi.

3. Tidur dengan posisi dada dan kepala lebih tinggi

Selain mengkonsumsi sesuatu untuk meredakan masalah asam lambung, kegiatan kita juga mampu menjadi solusinya. Salah satunya adalah posisi tidur, di mana efeknya dapat langsung meredakan asam lambung yang tiba - tiba naik. Jadi, posisi tidur yang jadi solusinya adalah posisi kepala dan dada berada lebih tinggi dari pada perut. Ini akan memaksa si zat asam dari lambung turun kembali yang sebelumnya naik hingga tenggorokan. Anda bisa melakukan cara ini etika asam lambung mulai muncul, sehingga asam lambung akan segera turun.

4. Makan dengan porsi dan waktu yang teratur

Kebiasaan menjadi salah satu penyebab dari munculnya masalah ini. Makan yang tidak teratur entah jarang makan, porsi yang tidak beraturan membuat masalah asam lambung lebih besar. Cobalah untuk mengatur entah dari segi waktu dan porsi makan anda, sehingga masalah seperti ini tidak menghampiri anda. Selain itu, anda perlu ingat bahwa jangan pernah makan yang berdekatan dengan waktu tidur. Kegiatan seperti ini malahan akan membuat risiko terkena masalah lambung menjadi lebih besar.

5. Memakai pakaian yang tidak terlalu ketat

Penggunaan busana sehari - hari ternyata bisa berpengaruh besar terhadap kesehatan. Sebab, salah - salah memakai pakaian yang dipakai bisa - bisa penyakit akan akan timbul pada tubuh kita. Contohnya, pemakaian pakaian yang terlalu ketat hanya akan membuat area perut menjadi tertekan. Hasilnya, asam lambung yang ada di area perut tertekan dan membuatnya naik. Tanpa anda sadari, bisa saja hal tersebut menjadi penyebab masalah lambung yang anda alami. Jadi, usahakan untuk memakai pakaian yang lebih longgar untuk memberikan ruang bagi tubuh anda.

Nah, itu saja yang bisa kami berikan mengenai penyebab asam lambung naik dan cara mengatasinya. Ada banyak penyebab yang bisa anda temukan, jadi pahami betul - betul sehingga akan paham sedikit - sedikit. Tak hanya itu, cara mengatasi bisa anda terapkan ketika terserang malah lambung yang satu ini. Cobalah untuk tetap tenang dan lakukan salah satu cara di atas hingga masalah berkurang. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel