Cara Menyembuhkan Cantengan yang Sudah Lama secara Alami

Cara Menyembuhkan Cantengan yang Sudah Lama

Cara menyembuhkan cantengan yang sudah lama - Masalah kuku cantengan seakan tidak ada habisnya. Walaupun sudah melakukan cara menyembuhkan cantengan yang sudah lama, namun tetap saja masalah ini timbul kembali. Timbulnya masalah cantengan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dan ini bisa menyerang ke berbagai lapisan masyarakat. Oleh karena itu, kita akan mencoba membahas sedikit bagaimana cara mengobati cantengan yang sudah lama.

Cantengan sebenarnya bukan masalah yang cukup berat, namun dampak yang diberikan bisa cukup parah apabila dibiarkan. Pada dasarnya, cantengan adalah masalah yang timbul karena tumbuhnya kuku jari yang tidak baik. Sehingga, kuku yang tumbuh bisa saja mengarah ke dalam atau e daging. Hasilnya, jari bisa mengalami masalah seperti pendarahan, bengkak, dan yang paling parah bernanah. Walau tak mengancam nyawa masalah ini cukup besar dampaknya.

Cara Menyembuhkan Cantengan yang Sudah Lama


Ketika anda mengalami masalah cantengan sebaiknya segera mengambil tindakan perawatan, supaya tidak tambah parah. Sering kali, banyak orang yang telah melakukan tindakan terhadap cantengan, belum bisa sembuh dari masalah. Akhirnya, cantengan yang di derita bisa bertahan hingga lama sekali. Kalau sudah begini tindakan apa yang harus anda lakukan. Penanganan yang baik ketika cantengan sudah lama, bisa anda ikuti saran berikut ini.

1. Keringkan kaki atau tangan

Mengalami kuku cantengan memang harus ekstra bersih, terutama pada bagian yang mengalami masalah. Belum lagi tingkat kelembaban pada area luka, juga sangat perlu diperhatikan. Jadi, ketika kaki atau tangan basah segeralah untuk mengeringkannya terutama pada area yang sakit. Hal ini untuk menjaga luka tidak mudah ditumbuhi bakteri karena kondisi yang lembab. Anda bisa keringkan dengan tisu atau handuk, lakukan hingga benar - benar kering.

2. Oleskan dengan obat jamur atau steroid

Selain anda perlu menjaga kondisi luka harus tetap kering sehingga terhindar dari bakteri dan jamur, selain itu anda juga bisa memberikan obat steroid. Selain steroid, bisa juga obat jamur, antibiotik dan lainnya yang bisa mempercepat penyembuhan cantengan yang tengah anda derita. Namun, untuk mendapatkan obat tersebut pastikan sesuai dengan resep dokter. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, selain itu anda bisa lebih aman dalam memakainya.

3. Rendam di dalam air hangat

Merendam luka cantengan di dalam air hangat bisa menjadi cara lain dalam menurunkan rasa sakit dan infeksi. Air hangat bisa membuat kaki atau tangan yang mengalami cantengan bisa lebih nyaman. Tak hanya nyaman, air hangat akan meredakan rasa sakit sedikit demi sedikit, dan kemungkinan besar sembuh lebih besar. Dalam merendam luka akibat cantengan bisa anda lakukan 4 kali dalam sehari. Lakukan cara ini secara rutin supaya hasil yang di dapat, bisa maksimal.

Baca juga : Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Parah dan Bengkak

4. Pembedahan oleh dokter

Langkah terakhir apabila cantengan anda tidak segera sembuh meskipun telah dilakukan berbagai perawatan di atas adalah operasi. Pembedahan dilakukan bila luka cantengan menghasilkan darah, nanah bahan bengkak. Ini diambil karena melihat kondisi yang sepertinya tidak membaik. Operasi yang dilakukan nantinya berupa pencabutan kuku, hingga akhirnya tumbuh kuku baru nantinya. Sebelum melakukan hal tersebut, anda perlu berkonsultasi kepada dokter.

Tips mencegah timbulnya cantengan kembali


Setelah anda sembuh dari masalah cantengan, sebaiknya anda melakukan tindakan pencegahan. Hal ini dilakukan supaya nantinya anda tidak mengalami hal yang sama untuk kedua kalinya. Nah, untuk melakukan tindakan pencegahan anda bisa lakukan dari faktor internal maupun eksternal. Apabila anda tidak mengetahui apa saja cara mencegah cantengan, berikut pembahasannya.

  • Jangan potong kuku terlalu dalam, ini supaya pertumbuhan kuku bisa mengikuti jalur kuku sebelumnya. Ketika anda memotong terlalu pendek, kemungkinan tumbuh bisa kemana - mana.
  • Hindari penggunaan sepatu sempit, sepatu yang sempit akan membuat jari - jari kaki jadi terhimpit. Secara tidak langsung ini bisa mengganggu pertumbuhan kuku nantinya.
  • Jaga kebersihan area jari, kuman sangat nyaman di kaki yang lembab, jadi apabila kaki mengalami luka maka bisa saja menimbulkan infeksi. Oleh kaenanya, anda perlu menjaga kondisi kaki dan tangan tetap kering dan bersih.
  • Rawat kuku sebaik mungkin, perawatan yang baik dan sehat akan mencegah terjadinya cantengan berulang. Memotong kuku, membersihkan menjadi suatu hal yang harus anda lakukan.

Nah, itu saja pembahasan mengenai cara menyembuhkan cantengan yang sudah lama serta sedikit tips pencegahan. Setelah anda sembuh, belum pasti anda tidak akan terkena masalah ini lagi. Ada beberapa kasus, seseorang setelah melakukan operasi tetap mengalami cantengan. Oleh karena itu, setelah sembuh sebaiknya anda terapkan tindakan pencegahan di atas. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan kali ini semoga bisa bermanfaat buat semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...