Cara Menghilangkan Pegal di Tangan Kiri dan Kanan

Cara menghilangkan pegal di tangan

Cara menghilangkan pegal di tangan - Setelah melakukan berbagai kegiatan biasanya tubuh akan merasakan pegal - pegal. Dan ini bisa terjadi pada bagian tangan, apabila itu terjadi maka perlu cara menghilangkan pegal di tangan. Hal ini supaya, tangan kita bisa terasa lebih baik dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Oleh karena itu, kita akan membahas mengenai cara menghilangkan pegal di tangan entah kiri atau kanan.

Pegal adalah masalah yang umum terjadi, di hampir semua bagian tubuh bisa terserang masalah ini. Masalah tubuh yang satu ini, memang tidak akan lepas dari kita, sebab kegiatan sehari - hari kita bisa mengakibatkan masalah ini timbul. Pegal, bisa terjadi karena adanya ketegangan pada otot tubuh di bagian tertentu. Sehingga mengakibatkan cedera pada otot dan tendon tubuh yang vital fungsinya dalam tubuh.


Cara Menghilangkan Pegal Di Tangan


Hampir semua orang akan merasakan masalah ini bahkan umur tidak menjadi patokan akan masalah ini. Pekerjaan dan aktivitas yang cukup berat membuat risiko terkena masalah otot menjadi lebih besar. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah cara menghilangkan pegal di tangan entah kiri atau kanan. Pada umumnya, seseorang akan lebih memilih untuk mengobatinya di tuang pijat. Jadi, sebelum itu dilakukan cobalah untuk melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Konsumsi air putih yang cukup

Sebagian besar tubuh kita mengandung air, jadi diperlukan jumlah asupan air yang cukup. Air putih selain berfungsi mengatasi dehidrasi, bisa juga bermanfaat menjaga sel - sel dalam tubuh dalam keadaan baik dan sehat. Cairan yang masuk ke dalam tubuh seperti air putih akan melarutkan asam urat yang terkandung di dalam badan kita. Yang mana, asam urat ini bisa menyebabkan badan seperti tangan menjadi pegal. Konsumsi air putih yang banyak, maka kandungan asam urat akan ikut larut ketikan membuang urin.

Baca juga : Penyebab Betis Pegal dan Sakit Serta Cara Mengatasi Betis Sakit

2. Lakukan sedikit peregangan

Ketika anda tengah mengalami yang namanya pegal, anda bisa mengambil tindakan berupa peragangan. Tangan yang pegal menandakan kalau otot yang ada mengalami ketegangan. Dengan melakukan peregangan ini, kemungkinan besar pegal yang terasa di tangan dapat berkurang. Dalam melakukan cara ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari. Sebab selain menyehatkan, peregangan dapat membantu melemaskan otot - otot yang ada di tangan. Cobalah dengan melakukan peregangan selama 20 menit setiap harinya.

3. Merendam tangan di air jahe hangat

Ketika anda mengalami pegal - pegal di tangan entah akibat aktivitas yang berat, cobalah merendamnya di larutan jahe hangat. Jahe sangat berkhasiat menghilangkan pegal, sebab sifat hangat yang diberikan jahe sangat ampuh. Jadi, dalam mengaplikasikannya anda bisa merebus air sebanyak 3 - 4 gelas yang ditambahkan 2 - 3 siung jahe. Sebelum di masukkan, potong - potong jahe sehingga sifat hangat dan zat - zat yang terkandung di dalamnya mudah larut. Bila sudah, diamkan hingga baru kemudian anda rendam tangan yang terasa pegal.

4. Kompres tangan dengan suhu dingin

Terbukti memang, ketika seseorang mengalami pegal entah di tangan atau anggota badan lainnya menggunakan cara kompres dingin sangat ampuh. Suhu dingin, bisa membantu merilekskan otot - otot yang sebelumnya mengalami ketegangan. Untuk melakukan cara ini sangat mudah, di mana anda hanya perlu handuk atau plastik yang sudah diisi dengan es batu. Kemudian, kompres tangan selama 15 menit sambil ditekan - tekan secara rutin. Biasanya, rasa pegal akan berangsur - angsur berkurang hingga akhirnya hilang.

5. Berolahraga secara rutin

Rasa pegal sering kali membuat kita malas melakukan berbagai aktivitas. Namun, nyatanya beraktivitas seperti olahraga dapat mengurangi rasa pegal yang kita alami, hal ini pernah saya alami sendiri. Ketika itu, area tangan saya terasa pegal - pegal dan enggak enak buat beraktivitas. Dengan menerapkan olahraga seperti push up, chin up, dan ;lainnya, seketika pegal yang saya alami berkurang. Hal itu saya ulangi secara rutin, hingga akhirnya rasa pegal di tangan berkurang bahkan hilang. Walaupun sudah hilang, sebaiknya anda tetap melakukan olahraga supaya menjaga kesehatan tubuh tetap fit.

6. Beristirahat tidur yang cukup

Pegal - pegal yang kita rasakan, sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa melakukan sesuatu hal. Yang anda perlukan di sini adalah, anda cukup tidur yang baik dan waktu yang. Dengan anda tidur, memberikan waktu kepada otot - otot tubuh untuk beristirahat. Di mana sebelumnya otot yang terasa pegal mengalami tegang atau sudah lelah. Jadi, tidurlah dengan baik dengan waktu sekitar 7 sampai 8 jam sehingga otot - otot tubuh kembali normal. Untuk tangan, letakkan posisi tangan dengan baik jangan ditaruh di bawah kepala.

7. Lakukan sedikit pijatan

Memberikan pijatan pada tangan yang terasa pegal, bisa membuat pegal - pegal menjadi berkurang. Memijat bagian yang pegal bisa membantu meregangkan otot - otot, sehingga akan membuat otot menjadi lebih lemas. Ketika memijat, anda bisa menggunakan minyak cengkeh, minyak tawon atau lainnya. Lakukan cara ini dengan durasi waktu sekitar 15 menit setiap harinya. Anda juga bisa memijat bagian lain yang masih jalurnya, tidak hanya pada area yang pegal saja.

Nah, itu saja pembahasan mengenai cara menghilangkan pegal di tangan yang bisa kami berikan kepada anda semua. Ada banyak cara yang bisa anda terapkan untuk mengurangi rasa pegal yang di derita pada tangan. Lakukan salah satu cara di atas kemudian ulang- ulang cara tersebut hingga rasa pegal hilang. Kemungkinan cara di atas membutuhkan waktu, namun dijamin rasa pegal akan hilang sempurna. Sekianlah artikel ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...