Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi di Malam Hari

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi di Malam Hari

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari - Bayi sangat rentan mengalami berbagai masalah dan penyakit. Hal ini disebabkan oleh sistem imun yang kurang baik dan kuat. Ada banyak masalah yang bisa dialami oleh bayi salah satunya hidung tersumbat.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari harus dilakukan sebab bayi tidak bisa mengatasinya sendiri. Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari.

Hidung tersumbat adalah kondisi hidung yang mengalami sulit bernafas akibat terhalang oleh benda - benda asing serta lendir. Lendir yang kering ketika pilek, bisa membuat lubang hidung menjadi lebih sempit.

Hal itu tentu akan mengganggu pernafasan, dan ini bisa menjadi-kan seseorang mengalami sulit bernafas. Kejadian ini bisa dialami oleh semua kalangan dari usia muda hingga tua. Bahkan, bayi sekalipun bisa mengalami masalah hidung tersumbat ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi di Malam Hari


Bayi yang mengalami hidung tersumbat biasanya akan mengalami rewel karena pernafasan yang dilakukan mendapatkan sedikit masalah. Apalagi kejadian tersebut terjadi ketika malam hari di waktu tidur.

Waktu istirahat yang seharusnya tenang, malah menjadi susah tidur dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Belum lagi bayi tidak bisa mengatasi permasalahan ini sendiri. Jadi cobalah melakukan beberapa tindakan berikut ini sebagai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari.

1. Tepuk punggung bayi

Nah, ketika bayi sedang mengalami hidung tersumbat biasanya kondisi bayi menjadi kurang nyaman. Jika itu terjadi, cobalah tepuk - tepuk punggung bayi secara perlahan hingga bayi mendapatkan kondisi yang lebih nyaman dari pada sebelumnya.

Untuk melakukan cara tersebut, bisa ikuti langkah berikut. Pertama, taruh bayi dalam keadaan tengkurap yang diberi alas batal dan anda bisa mulai tepuk punggung si kecil secara perlahan. Tepuk dan hingga bayi nyaman, cara ini juga akan membuat lendiri keluar dari hidung.

2. Ubah posisi tidur bayi

Posisi bayi menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat ketika malam hari. Di sini, anda bisa mulai memberikan posisi kepala yang lebih tinggi dari pada badannya. Dengan cara memberikan tambahan bantal di kepalanya.

Buat posisi tersebut hingga bayi mendapatkan kondisi yang nyaman. Posisi seperti ini akan memberikan kemudahan pada si kecil dalam menghirup udara segar untuk pernafasan. Selain itu, posisi ini akan mencegah terjadi gumpalan lendir di dalam organ hidung yang menyebabkan hidung tersumbat.

Baca juga : Cara Mengobati Batuk Pilek pada Bayi 2 Bulan Tanpa Obat Apapun

3. Coba tindakan penguapan

Ketika kondisi bayi mengalami hidung tersumbat, untuk meredakan hal tersebut adalah memberikan penguapan. Kondisi ruang yang lembab dan hangat, akan cepat meredakan masalah hidung tersumbat karena lendir tidak menggumpal lagi.

Dalam melakukan cara ini, anda bisa menyiapkan baskom dan mengisinya dengan air hangat. Baru kemudian anda bisa menaruhnya di dekat kepala bayi sehingga hidung bisa menghirup uap hangat tersebut. Langkah ini, selain membuat hidung tersumbat reda, juga memberikan kesan lebih nyaman.

4. Buang ingus bayi

Karena bayi belum bisa melakukan tindakan membuang ingus di hidung, maka kita harus membantu membuangnya. Dengan begitu lendir yang mengganggu bisa berkurang dan hidung tersumbat bisa segera teratasi dengan lebih cepat.

Untuk melakukannya, anda bisa memanfaatkan alat penyedot lendir yang bisa di dapat di apotek. Bersihkan alat dengan alkohol, dan berikan hidung bayi dengan NaCl fisiologi 0,9% sehingga lendir lebih encer. Baru anda bisa melakukan tindakan menyedot ke lendir di hidung si kecil secara perlahan.

5. Membersihkan lubang hidung bayi

Tindakan yang bisa anda lakukan untuk melegakan hidung tersumbat adalah membersihkan lubang hidung. Anda bisa membersihkan hidung dari berbagai kotoran yang ada serta lendir yang mengganggu pernafasan si kecil.

Tindakan seperti ini bisa membatu mencegah penyumbatan hidung. Caranya, masukkan cotton bud ke air hangat. Dan anda bisa mulai membersihkan kotoran yang mengering. Ada baiknya anda melakukan ini ketika malam hari yaitu ketika si kecil sedang tidur.

6. Menggunakan obat saline

Obat saline adalah obat semport yang digunakan untuk mencairkan lendir pada hidung ketika tersumbat. Saline atau nasal spray sangat aman untuk bayi yang berfungsi meredakan produksi lendir yang mengganggu pernafasan si kecil.

Dalam menggunakan obat ini, buat posisi bayi berbaring dengan nyaman. Cobalah untuk sedikit mendangak-kan kepala bayi, baru anda bisa mulai semprot-kan obatnya. Berikan 2 - 3 semprot setiap lubang hidung. Selain obat semprot, anda bisa memilih obat tetes yang memiliki fungsi yang sama.

Nah, cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam di atas bisa segera anda terapkan pada bayi anda. Lakukan cara di atas ketika bayi mengalami hidung tersumbat atau pun belum. Cara di atas selain meredakan juga bisa untuk pencegahan.

Dengan begitu bayi bisa lebih nyaman dan tenang tanpa ada masalah hidung tersumbat apapun. Kondisi lingkungan adalah hal penting, dengan begitu bayi akan sedikit lebih nyaman. Sekianlah artikel kali ini, semoga anda bisa mendapatkan mafaat dari informasi kali ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...