Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam sekaligus Amal Baik

Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam

Cara mengatasi depresi menurut islam - Depresi akibat tekanan batin dan pikiran membuat seseorang susah berpikir jernih. Bagi umat islam, cara mengatasi depresi menurut islam bisa dilakukan. Dalam kajian - kajian islami, memang sering diterangkan bagaimana terhindar dan mengatasi masalah depresi. Dan kali ini, kita akan sedikit membahas mengenai cara mengatasi depresi menurut islam.

Layaknya stres, depresi sering disebabkan oleh berbagai masalah kehidupan yang tengah di alami. Banyaknya kebutuhan dan masalah, membuat pikiran dipaksa bekerja keras sehingga mengalami tekanan batin yang kuat. Kadang kala, penyebab timbulnya sebuah depresi bisa muncul karena diri sendiri, entah pikirannya, perilakunya dan lainnya. Jadi, kita harus berhati - hati dalam melakukan sebuah tindakan.

Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam


Apabila seseorang sudah mengalami depresi, sebaiknya diberikan solusi atas permasalahan tersebut. Sebab, bila dibiarkan depresi bisa berdampak buruk bagi kehidupan penderitanya. Ada banyak cara mengatasi depresi yang bisa anda pilih, salah satunya menurut agama islam. Bagi umat muslim, sebaiknya menerapkan pengobatan secara islami, yaitu cara mengatasi depresi menurut islam yang akan kita bahas ini.

1.Segera mengerjakan sholat

Ketika seorang muslim tengah mengalami depresi, alangkah baiknya segera melakukan sholat entah itu fardu atau pun sunnah. Apabila sholat fardu, cobalah untuk mengerjakan di awal waktu sebab banyak keutamaan dari hal tersebut. Untuk sholat sunnah, ada banyak pilihan sholat seperti sholat taubat, ba'diya dan lainnya. Dengan anda mengerjakan suatu amalan sholat, maka hati dan pikiran anda akan lebih tenang.

2. Mengambil air wudu

Cara lain ketika mengalami depresi adalah segera mengambil wudu. Pada umumnya, wudu berfungsi untuk menyucikan tubuh kita dari najis kecil. Namun, wudu juga bisa berdampak baik bagi kesehatan tubuh kita. Sebab, dengan wudu ini tubuh kita bisa dibersihkan dari dosa - dosa kecil. Walaupun kecil, dosa bisa berdampak negatif bahkan bisa membuat seseorang berpikir yang tidak - tidak. Jadi segeralah ambil air wudu ketika sedang depresi.

3. Membaca ayat - ayat Al Quran

Tindakan lain yang bisa membantu meredakan depresi ialah membaca ayat suci Al Quran. Al Quran ini merupakan pedoman hidup bagi umat islam, sebab di dalamnya terdapat tuntunan untuk menjadi manusia yang baik. Dengan membaca Al Quran, seharusnya seseorang akan bisa memiliki hati dan pikiran yang lebih jernih. Sehingga ketika depresi atau stres alangkah baiknya untuk membaca ayat suci Al Quran.

Baca juga : Penyebab Migrain Sebelah Kanan Sampai Mata dan Cara Mengatasinya

4. Benarkan niat dalam diri

Niat menjadi sebuah hal yang sangat perlu dijaga, dengan niat kita bisa melakukan segala hal dengan mudah. Pada dasarnya, niat menjadi sebuah dasar dari suatu tindakan yang akan kita lakukan. Membenarkan dan meluruskan niat menjadi niat yang baik, insyaallah Allah akan memberikan sebuah kemudahan. Jadi, ketika anda sedang kesulitan dan mengalami depresi atau stres, cobalah untuk segera meluruskan niat yang lebih baik lagi.

5. Selalu bersyukur terhadap segala nikmat

Bersyukur menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan oleh semua orang terutama umat muslim. Dengan bersyukur, seseorang bisa diberikan nikmat yang lebih dari pada sebelumnya oleh Allah. Berbeda halnya dengan orang yang kurang bersyukur, mereka bisa saja diberikan nikmat oleh Allah namun dengan jumlah yang berkurang. Selain itu, bersyukur bisa membantu menenangkan pikiran hati hati. Ini sangat cocok ketika orang mengalami depresi atau pun  tidak.

6. Terus mengingat Allah SWT

Allah telah menciptakan segalanya di dunia ini, dan Allah jugalah yang memberikan nikmat, cobaan, rezeki dan lainnya. Mengingat Allah harus selalu tertanam di benak kita, hati dan pikiran sudah seharusnya senantiasa mengingat-Nya. Dengan selalu mengingat kepada Allah, seseorang akan mendapatkan hati dan pikiran yang lebih tenang. Selain itu, dengan yakin maka pertolongan akan diberikan kepada orang yang membutuhkan.

7. Menjalin silaturahmi yang baik

Mempererat hubungan persaudaraan merupakan fungsi utama dari silaturahmi. Silaturahmi yang baik, dilakukan atas dasar niat kepada Allah sehingga mendapatkan berkah dari Allah. Silaturahmi ada tiga yaitu kepada Allah, manusia dan ciptaan Allah lainnya. Kepada Allah kita bisa mengerjakan sholat, dzikir atau tindakan ibadah lainnya. Sesama manusia seperti penjelasan di atas, yaitu dengan berkumpul dengan saudara dan lainnya. Sedangkan ciptaan Allah lainnya adalah dengan merawat tanaman, hewan dan lainnya.

8. Berdoa kepada Allah

Allah akan sangat senang apabila hambanya berdoa dan meminta kepadanya. Namun, sering kali kita merasa kalau doanya tidak pernah dikabulkan. Padahal, Allah pasti akan mengabulkannya entah itu kapan bisa sekarang, besok atau di akhirat nantinya. Dan Allah tidak senang kepada orang yang jarang berdoa dan meminta kepadanya. Jadi, berdoalah selalu dan jangan pernah lelah untuk melakukannya. Cara ini juga bisa memberikan ketenangan terhadap pikiran dan hati kita nantinya.

9. Menanamkan prasangka baik

Depresi bisa diakibatkan oleh sifat dengki, iri hati dan sifat jelek lainnya, padahal ini timbul dari diri sendiri. Karena prasangka buruk, bisa membuat kita menjadi depresi. Oleh karena itu, untuk mengatasi depresi anda perlu menanamkan sifat prasangka baik kepada semua orang. Dengan begitu pikiran yang sebelumnya kotor dan penuh noda gelap akan berubah menjadi lebih bersih karena sifat prasangka baik di atas.

10. Mengerjakan amal baik

Untuk mencapai kehidupan yang baik, tentu saja kita perlu melakukan hal - hal yang baik pula entah hati, pikiran dan tindakan kita. Sebaiknya, kita juga mengerjakan amalan baik seperti amal sholeh. Dengan begini, kehidupan yang kita dapatkan akan lebih damai, sebab hati dan pikiran kita sudah nyaman. Kebaikan dari beramal sholeh tidak hanya di dapat di dunia saja, melainkan di akhirat nantinya.

11. Berserah diri kepada Allah

Berserah diri atau tawakal ternyata memiliki banyak keutamaannya buat yang mengerjakan. Pertama, bisa menumbuhkan rasa bersyukur atas segala nikmat yang ada, menumbuhkan rasa prasangka baik entah kepada Allah atau sesama. Sifat -sifat baik akibat tawakal membuat hidup seseorang lebih damai. Bahkan, masalah depresi sekalipun bisa teratasi dengan kita melakukan tawakal atau berserah diri kepada Allah.

Nah, itulah pembahasan mengenai cara mengatasi depresi menurut islam yang bisa kami sampaikan kepada anda. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi depresi, bahkan cara di atas sudah tertera di Al Quran dan Al Hadist. Terapkan semua cara di atas, jangan satu tapi semua. Sebab dampaknya akan baik kepada diri anda dari batin maupun lahir. Sekianlah artikel ini semoga bisa bermanfaat kepada kita semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...