Ads 720 x 90

Bagaimana Cara Menghormati Guru dan Mematuhi Guru Menurut Islam

bagaimana cara menghormati guru

Bagaimana cara menghormati guru - Sebagai murid yang teladan dan berbakti, tentunya harus menghormati gurunya. Dan ini harus dilakukan oleh semua murid tanpa terkecuali karena pengorbanan yang telah dilakukan oleh guru.

Namun, seperti apa dan bagaimana cara menghormati guru yang benar entah di sekolah maupun masyarakat. Kadang kala murid tidak mengetahui cara melakukan rasa hormat terhadap guru, sehingga rasa saya terhadap guru mulai berkurang.

Padahal guru menjadi penerang hidup jalan kita dari mulai taman kanak - kanan hingga perguruan tinggi. Guru juga menjadi salah satu pahlawan nasional tanpa tanda jasa apapun, yang membela bangsa dan negara.

Oleh karena itu kita sebagai murid yang baik dan teladan harus bisa menghormati guru dengan baik dan benar. Umumnya, perilaku menghormati guru sudah bisa diajarkan dari mulai bermasyarakat sebab tingkatan yang sama antara guru dengan masyarakat umumnya.


Bagaimana Cara Menghormati Guru


Menghormati seseorang tanpa kenal siapa itu, bisa memberikan kita berbagai manfaat di dalamnya. Manfaat tersebut bisa bisa terjadi di dunia atau pun akhirat yang bisa anda rasakan nantinya.

Nah, apabila anda ingin sekali mengetahui caranya ikuti artikel ini terus. Dengan begitu anda bisa paham dan segera menerapkan-nya terhadap bapak ibu guru yang telah mengajari anda berbagai ilmu. Langsung saja, berikut ini ulasan mengenai cara menghormati guru dalam islam.

1. Mengucapkan salam

Sesama muslim sebaiknya ketika berpapasan apalagi dengan guru hendaknya mengucapkan salam. Dengan mengucapkan salam, anda sudah mendoakan kebaikan terhadap seseorang. Selain itu, dengan menyapa dan ucapan salam anda sudah menghormati guru.

Untuk sekarang ini banyak anak - anak yang enggan mengucapkan sepatah salam apapun terhadap guru ketika bertemu. Mereka memilih tersenyum, bahkan ada yang kabur dan tidak memperhatikan. Sungguh perbuatan yang tidak sopan dan tidak layak ditiru.

2. Fokus ketika guru mengajar

Ketika pelajaran dimulai dan guru sedang mengutarakan materi hendaknya kita selalu memperhatikan. Sikap seperti ini layaknya menghormati terhadap guru dan tidak mengabaikan-nya. Konsentrasi penuh terhadap pelajaran menjadi kewajiban semua anak - anak.

Jadi, ketika pelajaran janganlah berbicara sendiri dengan temannya tanpa memperhatikan omongan dari guru. Toh, ilmu yang diberikan akan didapatkan kepada orang - orang yang bersungguh - sungguh dalam belajar.

3. Bersikap lemah lembut

Menghormati harus dilakukan tidak hanya pada orang yang lebih tua saja. Kita juga bersikap baik yaitu lemah lembut terhadap semua orang terutama seorang guru. Ada banyak hal yang perlu kita lakukan dalam lemah lembut ini.

Dari mulai sikap dan perkataan. Dalam perkataan kita tidak boleh berkata kasar atau terlalu keras. Berkatalah secara lembut, halus, pelan dan dengan bahasa yang baik, maka anda akan dikatakan orang yang menghormati guru dengan baik.

4. Melakukan semua perintahnya dengan baik

Perintah yang baik, sebaiknya kita segera kerjakan, sebab itu sebuah ladang kebaikan. Seperti halnya, guru memerintahkan kita itu sebagai ladang kebaikan dan menjadi salah satu cara menghormati guru yang baik.

Apabila seorang guru memberikan perintah yang tidak baik, sebaiknya memberikan sanggahan yang baik dan sopan. Jangan mengingatkan dengan kata - kata yang kurang baik, seperti berkata kasar dan tidak senonoh.

5. Tidak memotong pembicaraan

Ketika berbicara dengan guru entah membahas apa, janganlah sekali - sekali memotong pembicaraan. Sifat seperti ini sangat tidak baik, sebab kita seperti mengalihkan pembicaraan padahal bisa saja pembicaraan sedang serius.

Jadi, ada baiknya anda memberikan waktu untuk guru menyelesaikan pembicaraan-nya, baru kita bisa mula berbicara. Jangan sampai, guru sedang ditengah - tengah bicara dipotong pembicaraan-nya, hal ini bisa memicu amarah dari guru dan itu tidak baik.

6. Meminta izin ketika hendak keluar kelas

Keluar kelas karena suatu alasan, ada baiknya meminta izin kepada guru yang mengampu di dalam kelas. Minta izin memang harus dilakukan ketika ingin melakukan sesuatu ditempat orang lain. Hal itu, menunjukan rasa hormat terhadap penjaga atau pemilik tempat.

Namun, ada banyak sekali anak - anak sekarang yang enggan meminta izin dan langsung pergi begitu saja. Perbuatan itu tak hanya tidak hormat pada pemilik namun juga tidak sopan. Dan hal tersebut sangat tidak baik untuk ditiru entah dilingkungan masyarakat atau pun sekolah.

7. Mengerjakan tugas tepat waktu

Menjadi murid yang teladan di sekolah memang ada banyak keunggulan dari nilai sikap maupun akademik. Dari segi sikap, mengerjakan tugas secara tepat waktu dan dengan baik, menjadi salah satu cara menghormati guru.

Kadang kala ada seorang murid yang enggan mengerjakan tugas dengan baik bahkan hanya menyontek. Sikap seperti itu dapat dinilai sebagai murid yang sangat kurang menghormati terhadap gurunya, dan itu perlu dijauhkan dari kebiasaan kita.

Nah, itulah beberapa tips bagaimana cara menghormati guru dalam islam dengan baik dan benar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dari mulai kegiatan yang mudah hingga paling mudah. Tidak ada yang sulit untuk melakukan sebuah kebaikan, kita hanya perlu melepas keraguan dan melakukannya.

Kebiasaan di atas juga bisa diterapkan dilingkungan masyarakat dan tentunya akan membuat hidup lebih damai. Sekianlah artikel kali ini semoga bisa menyelesaikan permasalahan anda dan menjadi perubahan bagi anda.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter