Penyebab Migrain Sebelah Kanan Sampai Mata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Migrain Sebelah Kanan

Penyebab migrain sebelah kanan - Masalah sakit kepala yang sering di alami manusia memang ada beberapa macam. Salah satunya adalah migrain, masalah penyebab migrain sebelah kanan misalnya, memang sering di alami. Tak sedikit orang yang mengeluh kesakitan akibat penyakit ini. Sebaiknya anda semua harus tahu apa saja yang menjadi masalah migrain ini terjadi. Berikut ini kita akan bahas penyebab migrain sebelah kanan.

Masalah sakit kepala migrain sepertinya menjadi momok yang begitu serius terhadap kesehatan. Seseorang yang mengalami masalah ini biasanya akan merasakan sakit kepala yang berdenyut. Ketika seseorang merasakan kepala berdenyut ketika sakit migrain, maka anda akan merasakan sakit yang luar biasanya. Karena sakit yang luar biasa, ada baiknya mengetahui penyebab migrain itu sendiri.


Penyebab Migrain Sebelah Kanan Sampai Mata


Semua penyakit yang selalu di alami manusia pasti memiliki sebab sehingga menimbulkan masalah. Nah, migrain ini juga ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami masalah ini. Dengan anda mengetahui penyebabnya, anda bisa melakukan sebuah tindakan pencegahan sehingga anda bisa memperkecil kemungkinan terserang migrain. Dan tentunya anda tidak perlu berobat untuk mengatasi migrain yang sebenarnya tidak menyerang anda.

Baca juga : Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang yang Berkepanjangan dan Bahayanya

Kebanyakan penyebab migrain disebabkan oleh aktivitas atau kegiatan yang buruk oleh seseorang. Selain itu, migrain tidak hanya menyerang pada bagian tertentu saja melainkan semua area bisa terserang.  Salah satunya adalah bagian kepala sebelah kanan yang sering pula di alami banyak orang. Langsung saja, berikut ini kita akan membahas mengenai penyebab dari migrain sebelah kanan.

1. Adanya tegang otot pada leher dan kepala

Masalah otot tegang pada bagian leher dan kepala sepertinya menjadi permasalahan utama pada saat mengalami sakit kepala entah itu migrain atau lainnya. Umumnya, seseorang akan merasakan otot yang kaku, rasa sakit dan bola mata seperti tertekan. Pada saat seseorang mengalami gejala tersebut, setidaknya akan berlangsung sekitar beberapa menit bahkan detik saja. Nyeri kepala, yang membuat bagian kepala terasa sakit entah itu belakang,  samping atau atas.Dampak lainnya adalah akan mengalami sulit tidur, mudah sekali capek dan lainnya.

2. Mengalami sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster ini merupakan nyeri kepala yang umumnya terjadi selama waktu tertentu atau dalam siklus dan pola waktu. Seseorang mengalami sakit kepala cluster akan menemui gejala berupa rasa nyeri di area mata, leher, kepala, bahu bahkan wajah sekalipun. Masalah ini, sangat sering dijumpai oleh seorang laki - laki dan umumnya terjadi sewaktu masih muda. Untuk penyebab sakit kepala cluster sendiri diantaranya adalah berada di suhu ekstrim, cuaca panas, stress, aktivitas seksual dan lainnya. Sedang gejala lainnya seperti mata kemerahan dan mengeluarkan air.

3. Mengidap migrain kronis

Seseorang bisa dikatakan mengalami migrain kronis adalah ketika mengalami sakit kepala secara berulang - ulang. Migrain kronis biasanya akan ditandai dengan rasa nyeri di area sebelah kepala dan berdenyut. Rasa sakit yang dirasakan juga bervariasi antara rasa sakit sedang hingga parah. Ketika seseorang menderita masalah ini, kemungkinan tidak akan tahan melihat cahaya, perasaan mual, dan rasa nyeri. Ketika kondisi migrain kronis ini dibiarkan untuk beberapa waktu, kemungkinan besar akan menjalar ke bagian leher. Jadi, ketika sudah terasa parah langsung saja pergi ke dokter untuk diperiksa.

4. Pernah mengalami cedera kepala sebelumnya

Cedera - cedera yang berada di area kepala atau leher bisa saja menjadi salah satu penyebab migrain sebelah kanan. Cedera bisa disebabkan akibat kena pukulan benda tumpul, terjatuh, dan lainnya. Apabila seseorang pernah mengalami cedera, maka kemungkinan besar terdapat saraf yang rusak. Cedera bisa di alami otak dan menimbulkan dampak seperti kehilangan kesadaran, keseimbangan koordinasi tubuh yang mulai berkurang, sakit kepala dan perasaan mual. Dampak lainnya seperti kehilangan konsentrasi, merasa cemas, bahkan tertekan.

5. Di dalam otak terdapat tumor

Penyebab sakit kepala sebelah (migrain) kanan bisa disebabkan karena adanya tumor di dalam atau area otak. Masalah tumor sendiri merupakan sebuah penyakit di mana sel - sel dalam tubuh mengalami pertumbuhan yang tidak terkendali atau abnormal dalam hal ini terdapat pada area kepala. Tumor dalam kedokteran memiliki dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak tidak bersifat menimbulkan kanker, namun tumor ganas memungkinkan terjadinya kanker. Pertumbuhan tumor di tubuh seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor jadi anda perlu berhati - hati.

6. Terjadi peradangan selaput otak

Sakit migrain yang anda alami bisa saja disebabkan oleh adanya peristiwa peradangan di area selaput otak. Infeksi atau radang di selaput otak disebut sebagai meningitis. Selaput otak sendiri berfungsi sebagai pelindung yang terletak di sekeliling otak dan saraf tulang belakang. Seseorang yang mengalami radang selaput otak bisa disebabkan oleh adanya virus, bakteri dan jamur. Ketika seseorang telah mengalami masalah ini, maka akan mengalami gejala - gejala seperti penurunan kesadaran, demam yang mendadak, tubuh menjadi lemas dan lainnya.


Cara Mengatasi Migrain Sebelah Kanan dan Kiri


Setelah anda mengetahui beberapa penyebab yang menimbulkan masalah migrain di kepala sebelah anda. Selanjutnya kita akan sedikit membahas mengenai mengobati masalah sakit kepala sebelah yang satu ini.  Sebelum anda membawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut, ada baiknya anda mengatasinya selagi masih tahap awal. Namun, jika sudah tahap yang sedang dan parah sebaiknya langsung di bawa kerumah sakit. Langsung saja berikut cara mengatasi migrain sebelah kanan.

1. Meminum air jahe hangat

Air jahe terbukti secara ilmiah membantu meredakan rasa sakit kepala migrain yang tengah diderita. Dalam sebuah studi yang dilakukan membuktikan bahwa seseorang yang mengkonsumsi air jahe hangat dan disertai meminum obat migrain sumatriptan dapat dengan mengurangi rasa sakit akibat migrain. Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan menyeduh jahe yang sudah ditumbuk ke dalam air rebusan.

2. Mencium wangi - wangian seperti bunga lavender

Aroma wangi - wangian yang menyegarkan ternyata terbukti ampuh dalam hal mengatasi masalah sakit kepala migrain. Stress yang terjadi secara terus - menerus dapat diturunkan dengan mencium aroma yang menenangkan seperti bunga yang satu ini. Jadi, migrain yang disebabkan oleh perasaan cemas, tidak tenang bahkan stress. Sebaiknya anda mengatasinya dengan cara yang satu ini, ketimbang mengkonsumsi obat - obatan.

3. Lakukan sedikit gerakan yoga setiap hari

Tak disangka, kalau gerakan - gerakan di dalam olah raga yoga bisa membantu atau menjadi obat terhadap penyakit migrain. Pengaturan nafas, meditasi, kelenturan tubuh merupakan gerakan yang dipercaya bisa membantu menurunkan durasi sakit akibat migrain. Walaupun tidak terlalu signifikan pengaruhnya, tetapi dengan melakukan gerakan yoga bisa meningkatkan mobilitas tubuh menjadi lebih kuat.

4. Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi

Dalam gangguan tubuh yang satu ini, anda perlu memperhatikan asupan zat magnesium dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan akan zat magnesium dapat memicu timbulnya migrain menjadi kambuh. Jadi, pilihlah makanan yang memiliki kandungan magnesium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Berikut makanan yang bisa jadi pilihan anda, alpukat, pisang, kacang - kacangan, ikan salmon, susu dan produk olahannya.

Nah, itulah beberapa pembahasan yang bisa kami bawakan untuk anda semuanya. Cobalah untuk memahami secara benar - benar mengenai penyebab migrain sebelah kanan. Dengan begitu anda bisa sedikit melakukan tindakan pencegahan untuk menurunkan risiko terkena masalah ini. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan kepada anda semua. Semoga artikel ini bisa membantu anda dan bermanfaat untuk semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel