Penyebab Lutut Sakit Di Usia Muda, yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Lutut Sakit Di Usia Muda

Penyebab lutut sakit di usia muda - Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya lutut sakit.Bahkan usia muda sekalipun bisa terkena ini dan penyebab lutut sakit di usia muda rata - rata hampir sama semuanya. Masalah sakit lutut sebenarnya tidak boleh disepelekan sebab bisa berakibat fatal bagi kesehatan lutut anda. Namun, sebelum itu terjadi anda harus mengetahui penyebabnya. Kali ini kita akan mencoba membahas mengenai penyebab lutut sakit di usia muda.

Nyeri lutut sering kali di derita oleh orang yang susah lanjut usia atau lansia. Namun, masalah ini tak menutup kemungkinan di alami oleh orang usia muda. Aktivitas - aktivitas cukup padat yang dilakukan anak muda, membuat tubuh mengalami tekanan yang berat terutama kaki. Sakit lutut yang sering di derita ini, akibat adanya kerusakan pada area sendi yang memang sangat rentan mengalami kerusakan.


Penyebab Lutut Sakit Di Usia Muda, yang Perlu Anda Ketahui


Ketika usia muda, banyak orang menghabiskannya dengan berbagai aktivitas dari yang ringan hingga berat. Tanpa mereka sadari, bahwa aktivitas mereka bisa berubah menjadi petaka seperti mengalami cedera. Banyak sekali cedera yang bisa di alami dari tangan, kaki, sendi dan lainnya. Yang paling rentan mengalami sebuah cedera adalah sendi terutama pada bagian lutut kaki anda. Di mana, bagian ini selalu bekerja entah ketika anda berjalan atau lari.

Baca juga : Penyebab Betis Pegal dan Sakit Serta Cara Mengatasi Betis Sakit

Seseorang yang tengah mengalami masalah ini biasanya mengalami gejala - gejala yang menandakan anda tengah mengalami cedera. Gejala tersebut seperti terjadinya pembengkakan, lutut terasa kaku, sakit ketika di tekuk atau diluruskan atau lainnya. Namun, apakah anda mengetahui apa yang menyebabkan timbulnya masalah lutut terasa sakit meski di usia muda. Berikut ini beberapa penyebab lutut sakit di usia muda yang perlu anda ketahui.

1. Mengalami cedera sendi lutut

Sebagian besar penyebab dari lutut sakit di usia muda adalah mengalami cedera lutut, yang di alami sebelumnya. Cedera yang di alami akan sangat mempengaruhi pada tendon - tendon atau otot bagian lutut. Tak hanya pada tendon saja, bagian ligamen, tulang rawan dan area lutut juga berpengaruh. Nah, cedera ini bisa dihasilkan karena terjatuh, kecelakaan, memar, terkilir dan lainnya. Hasilnya, ketika melakukan gerakan pada lutut akan terasa sakit dan kaku.

2. Berat badan yang berlebih atau obesitas

Seseorang yang memiliki berat badan yang terlalu berat sangat besar kemungkinan terserang masalah sakit lutut. Berat yang tidak normal ini hanya akan membuat tekanan yang lebih besar pada kaki. Alhasil, sendi lutut menjadi tidak tahan dan mengalami kerusakan. Akhirnya, menyebabkan lutut anda merasa sakit, meskipun pada usia muda sekalipun. Apabila tekanan ini terus - menerus terjadi dan dibiarkan, maka kerusakan sendi lutut akan semakin parah.

3. Lari terus menerus atau berlebihan

Latihan lari memang sangat baik bagi kesehatan, namun bisa berdampak buruk bila dilakukan terus menerus atau berlebihan.Lari yang berlebihan bisa tubuh menjadi kurang fit dan merusak sendi bagian bawah tubuh seperti kaki dan lutut. Hentakan ketika berlari akan ditopang oleh bagian lutut, padahal berat yang diterima bisa melebih berat tubuh kita. Oleh karena itu, berlari yang terlalu berlebihan bisa membuat lutut menjadi kaku dan sakit ketika dilakukan gerakan menekuk.

4. Menderita masalah tendinitis

Masalah tendinitis merupakan sebuah masalah pada tendon yang mengalami iritasi atau pun peradangan. Tendon adalah organ yang menghubungkan antara tulang dengan otot serta membantu melakukan pergerakan. Apabila tendon tersebut mengalami peradangan maka sewaktu di gerakan akan terasa sakit dan nyeri. Hal ini bisa terjadi pada bagian lutut anda yang mana bagian ini memang sering terkena masalah ini. Walaupun tidak menutup kemungkinan menyerang bagian seperti siku, bahu, pergelangan atau tumit.

5. Terjadi kerusakan pada menisci

Penyebab mengapa lutut bisa sakit meskipun di usia muda adalah terjadi kerusakan pada bagian menisci. Menisci sendiri merupakan lapisan tipis yang terletak diantara tulang femur dan tibia. Fungsi dari menisci sendiri adalah menerima tekanan dari gerakan yang kita lakukan. Bentuk lapisan ini seperti cakram. Biasanya, kerusakan menisci disebabkan oleh tekanan yang terlalu besar terutama pada bagian lutut. Kejadian ini bisa terjadi oleh semua kalangan termasuk usia muda. Jadi kemungkinan masalah sakit lutut bisa diakibatkan oleh masalah ini.

6. Ligamen atau tendon robek

Layaknya tendinitis yang berupa peradangan atau iritasi. Tendon atau pun ligamen juga bisa mengalami robek. Robeknya tendon bisa diakibatkan oleh kecelakaan, olah raga seperti sepak bola, cedera di rumah dan lainnya. Ligamen merupakan bagian yang menghubungkan antara tulang dengan sendi. Dan tendon menghubungkan antara tulang dan otot. Ketika seseorang mengalami kejadian seperti ini, biasanya akan menimbulkan pembengkakan, hilang stabilitas terhadap lutut, memar dan lainnya. Robeknya bagian ini, akan bertambah parah bila menerima tekanan.

7. Patah tulang dibagian lutut

Bagian lutut dilindungi sebuah tulang yang cukup keras atau disebut tulang tempurung. Fungsinya, melindungi bagian ligamen dan tendon dari benturan. Tempurung ini bisa saja mengalami patah tulang seperti halnya tulang lainnya. Ketika terjadi patah tulang, rasa sakit yang tak tertahankan akan muncul. Apabila tidak segera di tangani, patahan tulang tempurung tadi bisa menyebabkan luka yang lebih parah. Serpihan bisa merusak lapisan tendon atau lapisan tipis di area lutut. Hasilnya, sakit lutut akan menjadi lebih parah lagi nantinya.

8. Pendarahan para area lutut

Ketika mengalami cedera dibagian lutut bisa saja akan terjadi yang namanya pendarahan. Biasanya, cedera yang ada di lutut di alami oleh tulang atau bagian sendi. Keretakan akan umum terjadi ketika mengalami cedera dan sering juga mengalami pendarahan. Seseorang yang menderita masalah ini akan merasakan panas, lutut kaku, pembengkakan dan adanya memar pada area lutut. Apabila mengalami ini, segeralah untuk memeriksanya ke dokter supaya mendapat perawatan.

9. Asam urat yang tinggi

Kandungan asam urat menjadi hal yang perlu diperhatikan. Tinggi rendahnya kadar asam urat di dalam tubuh bisa mempengaruhi kesehatan. Apabila seseorang memiliki kandungan asam urat yang tinggi, bisa memicu munculnya radang sendi. Asam urat juga akan membentuk sebuah kristal dan merusak sendi lutut. Dan memang awalnya, peradangan timbul di sendi lutut dan di lanjut dengan sendi lainnya. Kandungan asam urat yang tinggi dipengaruhi oleh gaya hidup, sehingga kalangan muda bisa mengalaminya.

Itulah beberapa pembahasan mengenai penyebab lutut sakit di usia muda yang bisa anda pahami. Ada banyak memang yang bisa mengakibatkan lutut menjadi sakit meskipun anda masih di usia muda. Penyebab yang paling sering bisa karena cedera, asam urat, tendon dan ligamen robek. Itu merupakan beberapa faktor yang sering di alami oleh hampir semua orang usia muda. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan mengenai penyebab lutut sakit meski di usia muda, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel