Penyebab Mata Merah Tapi Tidak Sakit dan Cara Mengobatinya

Mata Merah Tapi Tidak Sakit

Mata merah tapi tidak sakit - Mata merah menjadi salah satu masalah yang sering di alami pada organ penglihatan manusia. Mata merah tapi tidak sakit sama sekali, bisa saja timbul kapan saja dan penyerang siapa saja. Walaupun tidak memiliki rasa sakit entah itu perih, gatal atau lainnya, anda perlu berhati - hati. Bisa saja hal tersebut berbahaya, oleh karena itu akan membahas mata merah tapi tidak sakit dari mulai penyebab dan cara mengatasinya.

Mata merah adalah sebuah kondisi medis di mana bagian sklera atau bagian putih mata mengalami perubahan warna menjadi merah. Bukannya tanpa sebab, hal ini terjadi akibat adanya permasalahan pada jaringan atau pembuluh di area mata. Kejadian seperti ini bisa di alami hampir semua kalangan dari anak - anak hingga dewasa. Dari beberapa kasus, penyebab utama masalah ini sangat bervariasi. Tentunya, ini menjadikan anda perlu melakukan tindakan hati - hati.

Penyebab Mata Merah Tapi Tidak Sakit dan Cara Mengobatinya


Karena berhubungan dengan alat indra penglihatan, anda harus waspada terhadap segala gangguan yang mendatanginya. Meskipun itu mata merah sekalipun yang mana masalah ini sebetulnya tergolong cukup ringan. Faktor kelelahan akibat terlalu lama beraktivitas menjadi salah satu penyebab timbulnya gangguan ini. Selain itu, area mata merah yang semakin lebar bukanlah masalah ini semakin parah atau hal lainnya. Apabila ini terjadi kepada anda, cobalah untuk tetap tenang.

Baca juga : Cara Mengobati Mata Merah pada Anak secara Alami

Dalam hal ini, yang perlu anda khawatirkan adalah ketika anda mengalami gangguan ini disertai gejala - gejala yang tidak biasa. Gejala tersebut seperti mengalami sakit kepala, perasaan mual atau mau muntah, bahkan disertai gangguan penglihatan. Oleh karena itu anda perlu mengetahui segala penyebab yang bisa menimbulkan masalah ini. Bahkan beberapa kasus mata merah bisa di tangani tanpa penanganan yang terlalu serius. Langsung saja berikut penyebab mata merah tapi tidak sakit.

1. Mengalami iritasi akibat bahan kimia

Bahan - bahan kimia yang ada memiliki sifat yang tidak menentu entah korosif, mengiritasi dan lainnya. Kebanyakan bahan kimia bisa berbahaya ketika terkena langsung ke tubuh manusia. Apalagi pada bagian mata, bisa menyebabkan mata merah pada bagian yang terkena. Apabila mata merah yang di alami karena ini anda bisa membasuhnya dengan air mengalir sebagai penanganan segera. Selanjutnya anda bisa memeriksakannya ke dokter spesialis di rumah sakit.

2. Menderita sebuah alergi

Alergi terhadap sesuatu ternyata bisa menjadi penyebab mengapa mata merah tidak sakit terjadi pada anda. Alergi biasa menimbulkan bintik merah dan rasa gatal, berbeda dengan mata akan membuat sklera menjadi agak merah dan juga terasa gatal. Pencegahan terhadap gangguan ini bisa dengan menghindari paparan sumber alergi, dengan begitu tidak akan timbul gejala. Untuk mengobatinya, bisa menggunakan obat tetes mata yang memiliki kandungan anti peradangan di apotek.

3. Terjadi infeksi pada mata

Adanya bakteri atau virus bisa menyebabkan infeksi pada bagian tubuh tak terkecuali pada mata. Mata merah yang sering di derita bisa jadi disebabkan adanya infeksi dan merubah warna putih mata menjadi merah. Umumnya, mata merah akibat infeksi akan disertai dengan rasa sakit, belek dan perih. Untuk menyembuhkannya, anda bisa menggunakan obat tetes mata yang mengandung antibiotik sehingga ampuh membunuh bakteri. Jangan pernah coba - coba dengan cara yang belum teruji klinis seperti dengan daun sirih.

4. Kondisi mata yang kering

Aktivitas yang melelahkan seperti di depan monitor, ponsel pintar dan lainnya, bisa membuat mata menjadi lelah dan kering. Hasilnya, mata akan terasa perih dan gatal untuk kondisi mata akan berwarna merah. Mata kering ini menjadi penyebab terbesar masalah mata merah yang sering di alami. Dari asal penyebabnya tersebut, anda bisa mengatasinya dengan pelembab mata, sehingga mata tidak kering lagi. Cara tersebut bisa anda gunakan secara rutin supaya mata tetap sehat dan segar.

Kondisi di atas, sebenarnya bisa anda atasi dengan obat yang banyak disediakan di beberapa toko obat. Kalau dilihat dari penyebabnya, gangguan di atas tergolong di tingkat sedang - rendah, sehingga bisa anda tangani tanpa perlu ke dokter. Namun ada sebuah kondisi di mana anda harus segera membawanya ke dokter sebab kondisi yang cukup berbahaya. Seperti apakah kondisi tersebut berikut keadaan,

  • Mata merah berlangsung cukup lama 2 hari atau lebih
  • Akibat trauma benda tajam
  • Gangguan disertai dengan muntah
  • Ada benda asing di area mata
  • Mengalami kondisi sensitif terhadap sesuatu
  • Penyakit kulit seperti cacar di area mata

Kondisi di atas, supaya segera membawa keadaan tersebut ke dokter secepat mungkin. Agar segera mendapatkan perawatan segera mungkin dan supaya tidak menimbulkan masalah yang lebih besar lagi. Walaupun penyebab sebelumnya cukup ringan, tetap saja anda perlu berhati - hati. Bila sudah terlihat cukup parah keadaannya lebih baik anda segera memeriksakannya, meskipun penyebabnya ringan.

Sekianlah artikel yang bisa kami berikan mengenai penyebab mata merah tapi tidak sakit dan cara mengobatinya. Perhatikan dengan betul - betul pembahasan di atas, sebab masalah ini berhubungan dengan penglihatan. Semoga dengan artikel ini anda bisa lebih memahami masalah mata merah. Semoga bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan yang tengah anda alami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel