Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang yang Berkepanjangan dan Bahayanya

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Berkepanjangan

Penyebab sakit kepala bagian belakang berkepanjangan - Hampir semua orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit kepala entah bagian samping, depan, atau pun belakang. Namun, pernahkah anda tahu penyebab sakit kepala bagian belakang berkepanjangan. Nah, jika anda pernah mengalami masalah seperti ini sebaiknya anda mengetahui asal mula atau penyebab dari sakit kepala bagian belakang yang berkepanjangan.

Sakit kepala bisa terjadi di hampir semua usia manusia, namun sering kali masalah ini timbul di usia dewasa di mana manusia mulai berpikir keras. Walaupun begitu, anak - anak tak lepas dari masalah tersebut. Ada berbagai jenis masalah sakit kepala yang bisa di alami seseorang dari mulai migrain, vertigo, sakit kepala belakang dan lainnya. Setiap jenis masalah kepala tersebut memiliki dampak yang berbeda - beda. Dan salah satu yang paling menyebalkan adalah pusing bagian belakang.


Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Berkepanjangan


Berbagai permasalahan di kepala memang dapat mengganggu aktivitas seseorang, selain untuk berpikir kepala menjadi tempat pusat sistem kerja saraf. Salah satu masalah yang sering di alami di kepala adalah sakit kepala yang terjadi di beberapa bagian. Bisa mulai dari depan, samping bahkan bagian belakang. Dari beberapa bagian tersebut, biasanya memiliki dampak yang berbeda - beda. Bahkan beberapa diantaranya memiliki rasa sakit yang luar biasa.

Baca juga : Cara Memijat Sakit Kepala Vertigo Biar Cepat Sembuh

Apabila anda penderita sakit kepala bagian belakang, perlu berhati - hati. Mengapa ? sebab bagian belakang berhubungan langsung dengan otak kecil. Otak kecil sangat berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh, apabila mengalami kerusakan maka anda tidak bisa berdiri dengan baik. Oleh karena itu, anda perlu menjauhi penyebab sakit kepala belakang yang berkepanjangan berikut ini.

1. Otot pada kepala belakang tegang

Yang menjadi pemicu timbulnya sakit belakang yang berlangsung lama adalah terjadi penegangan otot pada bagian kepala belakang. Tegangnya otot kepala bisa terjadi oleh beberapa sebab, dari mulai kelelahan, stress, asupan oksigen yang kurang, cairan pada tubuh yang terlalu sedikit. Apabila semua itu terjadi pada kepala anda, maka kemungkinan besar anda akan mengalami sakit kepala yang menyengkram dan cukup mengganggu anda.

2. Tubuh mengalami dehidrasi

Sebagian tubuh manusia terdiri dari cairan yang membantu menjaga kelembaban serta cairan dalam tubuh. Air yang dikonsumsi bisa berfungsi menghantarkan oksigen ke otak dan ke seluruh tubuh. Namun, ketika tubuh sudah mulai kekurangan cairan alias dehidrasi maka asupan oksigen akan berkurang. Dampaknya, kepala akan terasa pusing entah itu di bagian belakang kepala. Nah, inilah yang bisa menjadi penyebab kenapa kepala belakang anda sakit.

3. Anemia, atau kekurangan darah

Anemia merupakan masalah yang disebabkan oleh tubuh kekurangan darah. Gejala yang ditimbulkan biasanya berupa pusing kepala, lemas, bahkan pucat di daerah wajah. Masalah anemia mungkin akan lebih sering di alami oleh kaum hawa sebab, ada siklus di mana wanita mengeluarkan darah dari tubuhnya. Peristiwa ini bisa memicu seseorang mengalami kekurangan darah dan berakibat pada anemia. Keberadaan anemia bisa memicu atau salah satu penyebab sakit kepala.

4. Anda tengah mengalami migrain

Bagi anda yang pernah mengalami sakit migrain, bisa jadi itulah penyebab mengapa anda merasakan sakit kepala belakang yang berkepanjangan. Pada dasarnya migrain ini tidak menyerang pada bagian belakang, melainkan area lainnya. Namun, ini tidak menutup kemungkinan perubahan atau gangguan saraf bisa menjadi pemicunya. Migrain, pada umumnya di picu oleh kurangnya kadar oksigen dalam darah yang mengarah ke otak. Alhasil sel - sel di dalam otak menjadi lemah dan menyebabkan sakit kepala. Stres, terlalu banyak tidur, kurang tidur dan lainnya menjadi datangnya sakit seperti ini.

5. Menderita sakit kepala cervicogenic

Memang cukup jarang di telinga namun sering kali di alami oleh masyarakat umum. Sakit kepala ini awal mulanya timbul di sisi tertentu. Namun, seiring berjalan waktu, sakit kepala yang di alami berpindah dari satu sisi ke sisi lain. Dan ini bisa saja terjadi di bagian kepala belakang. Sakit kepala belakang yang terjadi akibat cervicogenic biasanya di alami oleh orang - orang lanjut usia. Selain itu, orang yang memiliki cedera di area leher entah itu berat atau ringan memiliki kemungkinan besar untuk mengalami masalah tersebut.

6. Tengah mengalami infeksi gigi

Seseorang yang pernah mengalami infeksi gigi biasanya akan disertai dengan sakit kepala yang luar biasa. Sakit kepala yang timbul disebabkan saraf yang menuju ke otak mengalami sedikit gangguan seperti terlalu tegang. Alhasil, saraf gigi membuat kepala bagian belakang menjadi ikut sakit. Dari sakit gigi inilah yang sering menjadi penyebab mengapa seseorang mengalami sakit kepala belakang. Oh ya, perlu anda ketahui bahwa infeksi gigi menjadi sakit sekunder yang menyebabkan sakit kepala. Jadi anda tidak perlu bingung mengapa anda mengalami sakit kepala, bisa jadi anda tengah sakit gigi pula.

Bahaya Sering Sakit Kepala Bagian Belakang


Ketika anda mengalami masalah seperti ini sebaiknya anda tidak membiarkan begitu saja. Bisa jadi, masalah sakit kepala ini dapat menimbulkan masalah - masalah serius lainnya pada tubuh anda. Ternyata anda beberapa bahaya ketika seseorang mengalami sakit kepala yang berkepanjangan disertai kejadian yang berturut - turut. Nah, bahaya sakit kepala belakang apa saja, berikut ini beberapa bahaya yang sangat perlu anda ketahui untuk mengantisipasi hal tersebut.

1. Mengalami kelainan bagian leher

Sakit kepala yang satu ini memang sangat erat hubungannya dengan bagian leher belakang. Ketika seseorang mengalami masalah ini, pasti akan merasakan rasa tidak nyaman pada bagian leher. Hal ini karena saraf yang menuju ke otak mengalami kerusakan yang terletak di leher. Otot tegang, kaku dan tidak elastis akan membuat leher terasa pegal dan tidak enak. Apabila hal ini terus - menerus dibiarkan, suatu saat bisa mengakibatkan kelainan pada struktur atau bagian leher.

2. Kanker otak, bisa datang kapan saja

Selama anda mengalami sakit kepala bagian belakang, sebaiknya anda perlu mewaspadai dengan serius. Sakit yang berkepanjangan dan memiliki intensitas yang sering bisa jadi menandakan adanya penyakit lainnya. Salah satu penyakitnya adalah kanker otak yang dapat menyerang kapan saja. Ya, pada umumnya kanker otak ini tidak akan menimbulkan gejala yang teramat jelas dan serius. Selain itu, kanker tidak ditandai dengan sakit kepala belakang saja, namun hampir semua jenis sakit kepala. Jadi di sini anda harus berhati - hati.

3. Dapat memicu tumor otak bersarang

Selain bisa menimbulkan kanker otak, sakit kepala yang terlalu sering dan berkepanjangan bisa memicu datangnya tumor otak. Datangnya penyakit tumor pada dasarnya gejala yang ditimbulkan memiliki kesamaan dengan penyakit kanker otak. Sebelumnya, ada 2 jenis tumor yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Di sini yang perlu diwaspadai adalah tumor ganas sebab bisa bersifat seperti kanker. Namun, tetap saja kedua jenis tumor memiliki tingkat bahaya yang luar biasa. Rasa pusing setelah bangun tidur disertai dengan mual bisa jadi gejala yang ditimbulkannya.

4. Mengidap temporal arteritis

Masalah temporal arteritis ini merupakan gangguan yang terjadi pada saluran peredaran darah. Di mana terjadi peradangan pada saluran arteri, sehingga membuat darah yang penuh oksigen tidak tersuplai ke otak. Hasil akhirnya, kepala akan menjadi lebih sering mengalami masalah. Apalagi pada bagian kepala belakang yang akan sering mengalami hal tersebut. Dampaknya, tubuh akan cepat lelah, nyeri otot, mengalami penurunan nafsu makan dan lainnya. Apabila mengalami sakit kepala terus - menerus ada baiknya merujuknya ke rumah sakit.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang yang berkepanjangan. Dengan anda mengetahui beberapa penyebabnya di atas, anda bisa mencoba cara untuk menghindarinya. Selain itu, ketika anda mengalami permasalahan seperti ini sebaiknya segera diperiksa ke dokter. Sebab, bahaya yang ditimbulkan sangat berbahaya bagi tubuh dan bisa mengakibatkan kematian. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan, semoga bisa bermanfaat dan semoga tetap sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel