Cara Mengolah Daun Binahong untuk Berbagai Penyakit Luar dan Dalam


Cara mengolah daun binahong - Daun binahong yang mungkin di yakini tidak memiliki khasiat ternyata pandangan tersebut salah. Ada sebuah cara mengolah daun binahong sehingga bisa bermanfaat baik bagi tubuh. Dan tak jarang, khasiat tersebut bisa menyembuhkan luka dalam, asam lambung, kolesterol, asam urat, saking pinggang dan masih banyak lainnya. Kali ini kita akan membahas cara mengolah daun binahong yang baik.

Daun binahong memang lebih akrab di daerah negara korea sana, namun di indonesia juga sudah cukup terkenal. Binahong memang terkenal sebagai tanaman obat yang sangat berkhasiat dan memiliki kelebihan. Kelebihannya yaitu mampu bertahan hidup dengan baik entah di dataran tinggi atau rendah. Menurut perkiraan, tanaman obat binahong berasal dari daerah korea dan terkenal di Indonesia belum lama.

Cara Mengolah Daun Binahong untuk Berbagai Penyakit Luar dan Dalam


Karena daun binahong terkenal sebagai tanaman obat, maka kita bisa memanfaatkannya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk di Indonesia, baru mengetahui tanaman binahong beberapa tahun lalu. Sedangkan negara - negara lain telah lama mengkonsumsi tanaman binahong entah di manfaatkan sebagai tanaman obat atau hal lainnya. Sekarang ini, anda juga bisa menemukan tanaman ini entah di pasar atau taman bunga.

Baca juga : Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada dan Tenggorokan

Untuk mendapatkan khasiatnya, kita memerlukan teknik mengolah daun binahong dengan benar. Umumnya, perbedaan penyakit juga mempengaruhi teknik mengolahnya. Namun tenang saja, bagi anda yang bingung bagaimana cara mengolah daun binahong untuk berbagai penyakit kita akan mencoba membahasnya. Langsung saja, berikut ini cara - caranya.

Cara mengolah daun binahong untuk luka dalam


Binahong hampir bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit entah itu luka luar atau dalam. Apabila anda tengah mengalami luka dalam, bisa disembuhkan melalui obat alternatif daun binahong. Penyakit dalam contohnya batuk, pilek, demam, dan lainnya. Tentu saja, dengan ini diperlukan perawatan dari dalam tubuh. Kalau anda ingin menerapkan pengobatan dengan daun binahong, berikut pengolahannya.

  • Siapkan beberapa helai daun binahong, kemudian bersihkan
  • Setelah bersih, rebus daun hingga mendidih sekitar 2 gelas air
  • Tuangkan ekstrak rebusan daun binahong ke gelas
  • Tunggu hingga cukup hangat, baru kemudian anda minum
  • Lakukan meminum ekstrak daun 1 kali sehari namun rutin

Perlu anda ketahui juga, dalam merebus daun binahong usahakan untuk merebus secukupnya sesuai dengan tingkat penyakit. Apabila sangat parah, anda bisa mengambil cukup banyak daun dalam rebusan. Jadi, usahakan untuk menimbang antara jumlah daun dengan parahnya penyakit yang tengah di derita apabila luka dalam.


Cara mengolah daun binahong untuk luka luar


Mengalami luka luar seperti terkena pisau, terjatuh dan lainnya, sebaiknya cepat - cepat dilakukan perawatan. Kalau tidak, maka luka tersebut bisa mengalami infeksi dan menyebabkan masalah yang lebih fatal. Ada banyak cara merawat luka luar tersebut seperti obat merah, dan tanaman herbal. Salah satu tanaman herbal adalah binahong yang bisa membantu menyembuhkan penyakit luar.

  • Ambil beberapa lembar daun 4 - 5 daun
  • Kemudian, cuci hingga benar - benar bersih
  • Halus kan daun hingga lembut
  • Baru, oleskan halusan ke area luka sampai benar - benar tertutup
  • Diamkan selama beberapa menit, dan lakukan penggantian secara berkala

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa penggunaan daun binahong bisa mempercepat penutupan luka. Hal ini terjadi karena binahong bereaksi dengan sel - sel tubuh dan membantu mempercepat pembentukan sel - sel baru. Alhasil luka akan cepat sembuh ketimbang dengan cara lainnya.

Cara mengolah daun binahong untuk kolesterol


Mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi seperti makan - makanan laut memang cukup berisiko. Kolesterol jahat, menjadi momok terbesar yang memicu terjadinya serangan jantung mendadak. Apabila kadar kolesterol terindikasi mulai melebihi batas normal harus berhati - hati. Namun, dengan daun binahong anda juga bisa melakukan pengobatan atas hal ini.

  •  Ambil daun binahong secukupnya segenggam juga boleh
  • Cuci hingga bersih lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih
  • Tuangkan rebusan ke dalam gelas saji, tunggu hingga cukup dingin
  • Minum rebusan tersebut, lakukan 1 kali sehari secara rutin
  • Efeknya akan terlihat seiring berjalannya waktu

Selain melakukan pengobatan melalui meminum rebusan daun binahong, anda perlu melakukan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat. Hindari makanan memiliki kadar kolesterol tinggi. Jangan lupa untuk selalu berolahraga setiap hari supaya tubuh menjadi lebih dan tetap segar.

Cara mengolah daun binahong untuk asam lambung


Masalah asam lambung yang naik hingga ke dada dan tenggorokan memang sangat tidak menyenangkan. Rasa asam akibat cairan lambung naik, bisa membuat tenggorokan menjadi sakit. Sebab sifat asam yang membuat iritasi, membuat bagian yang di lewati bisa bermasalah. Namun, dengan daun binahong ternyata anda juga bsa mengatasi masalah tersebut. Berikut ini cara mengolahnya untuk mengatasi masalah asam lambung.

  • Ambil beberapa daun binahong dan cuci bersih
  • Peras daun binahong, kemudian rebus dengan 2 gelas air
  • Bila sudah mendidih, tuangkan ke dalam gelas saji
  • Biarkan terbuka hingga suhu air menjadi lebih hangat
  • Baru kemudian anda minum hingga habis
  • Lakukan cara ini 1 kali sehari secara rutin

Dengan mengkonsumsi daun binahong secara rutin dapat membantu menurunkan kadar HCL di dalam lambung. Sehingga risiko terkena peradangan akan menurun, sebab asam lambung tidak naik. Rasa mula juga bisa dapat teratasi serta melindungi lambung dari masalah komplikasi walau hanya mengkonsumsi rebusan daun binahong.

Cara mengolah daun binahong untuk asam urat


Gangguan asam urat yang sering di derita oleh orang - orang lanjut usia di sebabkan oleh kadar asam urat yang terlalu tinggi. Alhasil, terjadi pengkristalan dan membuat saraf dan sendi mengalami rasa nyeri yang cukup lama.Seseorang mengalami masalah asam urat ketika ia mulai mengalami kesakitan dan nyeri di beberapa bagian sendi. Namun, tenang saja dengan daun binahong anda bisa menyembuhkannya.

  • Ambil daun binahong sebanyak 20 lembar daun
  • Cuci bersih daun dan rabus bersama air 8 gelas air hingga berkurang menjadi setengahnya
  • Tuangkan ke dalam gelas, tunggu hingga sedikit dingin
  • Minum hingga habis, lakukan cara ini 3 kali sehari
  • Terapkan secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya

Senyawa alkoloid yang ada di dalam daun binahong dapat membantu mencegah terjadinya pembengkakan pada sistem persendian. Sebab, pengkristalan yang diakibatkan kandungan asam urat yang tinggi tidak terjadi. Jadi, cobalah secara rutin mengkonsumsi rebusan daun binahong secara rutin supaya asam urat teratasi.

Cara mengolah daun binahong untuk sakit pinggang


Salah dalam persendian di area pinggang bisa membuat anda mengalami sakit pinggang. Sakit pinggang juga cukup membuat seseorang cukup menderita, bagaimana tidak. Ketika sakit pinggang menyerang seseorang sulit untuk bergerak, sebab sedikit saja maka sakit pinggang akan mulai kambuh dan sangat menyiksa. Di sini cobalah untuk mengkonsumsi ramuan dari daun binahong berikut.

  • Ambil beberapa daun binahong dan cuci bersih
  • Peras daun binahong, kemudian rebus dengan 2 gelas air
  • Bila sudah mendidih, tuangkan ke dalam gelas saji
  • Biarkan terbuka hingga suhu air menjadi lebih hangat
  • Baru kemudian anda minum hingga habis anda bisa menambahkan madu di dalamnya
  • Lakukan cara ini 1 kali sehari secara rutin

Dalam mendapatkan manfaat dari rebusan daun binahong, anda perlu mengkonsumsinya secara rutin. Dengan begitu, sakit pinggang yang anda derita sedikit demi sedikit mulai berkurang bahkan sembuh. Selain baik dalam penyembuhan, daun binahong juga cukup efektif untuk menjaga stabilitas kesehatan.

Efek samping konsumsi daun binahong


Dalam mengkonsumsi sebuah obat - obatan entah kimia atau obat herbal sebenarnya memiliki dampak atau efek samping. Memang benar pepatah pada jaman dulu, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Sebab, dampak mengobati malah bisa lebih berbahaya ketimbang penyakit yang di alami. Contohnya aja, ketika anda menggunakan daun binahong sebagai metode pengobatan ada eek samping di dalamnya, berikut dampaknya.

1. Memiliki kandungan efedrin

Apa itu zat efedrin?. Zat efedrin merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan pernafasan. Hampir semua tanaman herbal seperti binahong memiliki kandungan zat ini. Pada umumnya,zat efedrin dapat menyebabkan mual, gelisah, insomnia, susah BAB, jantung berdebar dan lainnya. Jadi, ketika anda ingin melakukan pengobatan dengan cara ini, konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

2. Tidak baik untuk ibu hamil

Dalam beberapa situasi, mengkonsumsi daun binahong di larang sebab sangat tidak baik untuk kondisi tubuh. Ibu hamil dan menyusui adalah dua kondisi yang tidak cocok untuk mengkonsumsi daun binahong sebagai alternatif pengobatan. Sebab, kadang kala konsumsi daun binahong bisa menimbulkan rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh dan membuat badan terasa sakit.

3. Dapat berakibat fatal, bila berlebihan

Tidak hanya obat kimia saja yang berbahaya bila di konsumsi terlalu berlebihan. Obat tradisional dan herbal juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan bila berlebihan dalam mengkonsumsinya. Akan banyak masalah kronis yang menunggu ketika hal ini terjadi, mulai dari stroke, serangan jantung, hipertensi dan yang paling berbahaya adalah kematian. Jadi, cobalah berhati - hati dan menerapkan cara ii melihat dampaknya yang cukup banyak.

Nah, itulah pembahasan berbagai hal yang berkaitan dengan daun binahong yang memiliki banyak manfaat. Ketika mengalami masalah dengan penyakit yang kronis, cobalah untuk menerapkan obat herbal yang satu ini. Memang pada awal mula tidak terasa efeknya, namun bila dilakukan secara rutin kemungkinan besar penyakit anda sedikit berkurang dan lama - lama anda akan sehat kembali.

Cukup banyak pembahasan yang kami bawakan, jangan takut dengan efek samping yang ditimbulkan dengan pengobatan yang satu ini. Penerapan yang baik dan benar, efek seperti di atas tidak akan mengenai anda. Terus berhati - hati dalam menjaga pola hidup dengan begitu penyakit tidak akan menghampiri anda. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat buat anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel