Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui Beserta Gambarnya

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui Beserta Gambarnya

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui beserta gambarnya - Sumber daya alam merupakan bahan yang berasal dari alam dan sering dimanfaatkan oleh semua makhluk hidup seperti manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada, bisanya menggunakan cara yang berbeda antara sumber daya satu dengan yang lainnya. Secara pengertian sumber daya alam secara umum disingkat dengan kata SDA.

Dari sumber daya yang ada, umumnya SDA yang tersedia memiliki dua tipe yaitu tipe sumber daya yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Sesuai dengan tipe keduanya, perbedaan kedua jenis sumber daya ini terletak pada jumlah yang ada di alam. Karena cukup berbeda, maka dalam memanfaatkannya juga memiliki cara yang berbeda. Walaupun berbeda, kedua jenis sumber daya alam yang ada memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan manusia.


Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui Beserta Gambarnya


Pengertian dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan dapat diperbaharui akan coba kita pahami bersama. Dari namanya, anda akan mengetahuinya kalau kedua tipe sumber daya ini memiliki sifat yang berbeda. SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya yang bila digunakan secara terus menerus akan mengalami stok yang sedikit dan habis. Dan ketika sudah habis, maka tidak ada pembaruan terhadap sumber daya tersebut dan ini disebut tidak dapat diperbaharui

Baca juga : Keuntungan Letak Geologis Indonesia di Berbagai Sektor

Sedangkan sumber daya alam dapat diperbaharui adalah SDA yang bila digunakan tidak akan mengalami krisis. Walaupun secara umum digunakan terus menerus bahan masih tersedia dan akan tetap bisa diperbaharui. Jadi yang membedakan kedua jenis sumber daya alam ini adalah letak dapatkah SDA tersebut diperbaharui. Dari pengertian - pengertian tersebut, pastinya anda ingin mengetahui contoh dari SDA tersebut dan kalau bisa ada gambarnya. Ok, berikut ini beberapa contohnya.


Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui


Hal pertama, sumber daya alam yang dikatakan tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya yang ketersediaanya terbatas dan sewaktu - waktu akan habis. Walaupun bisa habis, jika dimanfaatkan dengan betul manfaat yang bisa didapatkan sangat besar. Ada beberapa produk dari SDA jenis ini. Apabila anda ingin mengetahuinya berikut ini beberapa sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui beserta contohnya.

1. Tembaga

Tembaga merupakan bahan yang sering digunakan sebagai konduktor listrik. Dan memang sifat konduktor yang dimilikinya sangat baik. Tembaga menjadi salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Ciri fisik dari tembaga adalah bila murni memiliki permukaan halus dan lunak, selain itu tembaga berwarna jingga kemerahan. Secara umum, tembaga akan dicampurkan dengan unsur lainnya seperti timah dan menghasilkan perunggu.

2. Besi

Sumber daya selanjutnya adalah besi yang keberadaannya sudah tidak asing di telinga kita. Sering kali, besi digunakan untuk berbagai keperluan entah membuat kerangka mobil, sepeda dan lainnya. Besi banyak ditemukan di kerak bumi dan jumlahnya memang sangat melimpah. Dalam memanfaatkan besi, ternyata sudah dilakukan sejak zaman purba. Besi memiliki sifat yang cukup halus, keras dan sangat kuat. Namun, kelemahannya adalah bisa mengalami korosi.

3. Perunggu

Sebelumnya terdapat sumber daya tembaga, apabila tembaga ini ditambahkan beberapa bahan lainnya, maka bisa dihasilkan perunggu. Pada umumnya, tembaga yang bisa menghasilkan perunggu ditambahkan dengan timah. Walaupun begitu, perunggu bisa dihasilkan dengan menambahkan bahan lainnya seperti fosfor, mangan, alumunium, silikon dan lainnya. Sifat perunggu juga sangat keras dan kuat dan sering dimanfaatkan di berbagai bidang industri.

4. Nikel

Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui lainnya adalah nikel. Sifat nikel sendiri adalah tahan karat dan bertekstur lembek. Nikel ini bila ingin digunakan biasanya akan dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya sehingga menghasilkan baja yang sangat kuat dan tahan akan karat. Campuran yang digunakan antara lain besi, krom dan logam lainnya. Produk campuran ini digunakan di berbagai bidang dari peralatan masak, komponen gedung dan lainnya.

5. Gas Bumi atau Gas Alam

Sumber daya lainnya adalah gas alam atau disebut juga gas bumi. Sumber energi ini merupakan bahan bakar fosil yang sangat sering digunakan sebagai bahan bakar. Untuk menemukan gas bumi, anda bisa di area penambangan minyak, gas bumi atau pun ladang pertambangan batu bara. Gas bumi sendiri terdiri dari unsur metana. Dalam prosesnya, gas metana dibentuk oleh bakteri anaerobik yang melakukan penguraian terhadap fosil - fosil yang ada.

6. Marmer

Marmer merupakan logam yang dihasilkan dari pengkristalan dari batu kapur atau dolomit. Dalam prosesnya, batuan kristalin kasar lah yang menjadikan batu marmer ini. Marmer memiliki beragam jenis, dan yang asli adalah berwarna putih yang tersusun atas mineral kalsit. Untuk logam jenis ini dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat berbagai perabotan seperti bahan dasar lantai, membuat patung atau piala dan lainnya.

7. Minyak Bumi

Selain gas bumi, ada juga sumber daya alam yang ada di dalam bumi yaitu minyak bumi. Minyak bumi ini juga merupakan sumber bahan bakar yang paling sering dimanfaatkan. Karakteristik dari minyak bumi adalah berwarna gelap, kental dan sangat mudah terbakar. Di dunia perminyakan, minyak bumi ini akan dihasilkan berbagai produk antara lain minyak tanah, solar, avtur, dan bahan bakar lainnya.

8. Logam Mulia

Logam mulia adalah logam - logam yang memiliki harga yang cukup mahal ketika dijual. Ada banyak logam mulia yang ada diantaranya emas, perak, diamond dan lainnya. Logam mulia bisa memiliki harga yang cukup tinggi dikarenakan ketersediannya yang cukup langka dan tahan akan korosi. Sifat dari beberapa logam mulia ini adalah sukar larut di dalam larutan asam, tapi logam mulia emas tetap bisa dilarutkan dengan akua regia.

9. Intan

Intan merupakan logam yang masih dalam kelompok logam mulia. Jadi, logam jenis ini memiliki harga yang cukup mahal bila dijual belikan. Dalam dunia kimia, intan ini memiliki bentuk kristal. Karakteristik logam intan ini terletak pada tingkat kekerasannya. Di mana intan memiliki tekstur yang sangat keras dan kuat. Untuk menemukan logam intan ini, bisa ditemukan di daerah Afrika, Indonesia dan lainnya.

10. Batu Bara

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui lainnya adalah batu bara. Batu bara juga merupakan sumber daya yang digunakan sebagai bahan bakar. Seperti halnya dengan minyak bumi, batu bara juga berasal dari fosil - fosil yang terkubur jutaan tahun. Unsur yang membentuk batu bara diantaranya hidrogen, karbon dan oksigen. Batu bara sering dimanfaatkan sebagai sumber bahan bakar entah itu kereta, industri, rumah tangga atau keperluan lainnya.

Nah, itulah beberapa sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui beserta gambarnya. Dari penjelasan di atas, kita tahu bahwa sumber daya alam jenis ini tidak akan bertambah yang ada adalah akan habis. Pemanfaatan yang baik terhadap sumber daya yang ada, kemungkinan besar beberapa bahan di atas bisa tetap awet. Namun, banyak sekali manusia yang menggunakannya terlalu berlebihan atau mengeksploitasi.

Pada dasarnya masih banyak sekali bahan - bahan yang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Bahan - bahan di atas lah yang sering dimanfaatkan oleh manusia. Sekianlah artikel mengenai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui beserta gambarnya. Semoga bisa membantu menyelesaikan tugas anda dan menambah wawasan anda mengenai geologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel