Komponen Penyusun Ekosistem Beserta Peranannya

- Wednesday, January 23, 2019
advertise here
advertise here
Komponen Penyusun Ekosistem

Komponen penyusun ekosistem - Makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan selama ini hidup dalam ruang lingkup yang pasti. Ruang lingkup kehidupan tersebut adalah sebuah ekosistem. Di dalam sebuah ekosistem ini semua makhluk hidup melakukan segala aktivitas dan ketergantungan sama lainnya. Mereka hanya bisa hidup dengan saling memerlukan antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya.

Ekosistem memang sebuah hal yang cukup luas. Dalam ruang lingkup ini merangkul hampir segala perkumpulan dari populasi, jenis dan lainnya. Sehingga akan banyak sekali ditemukan berbagai jenis makhluk hidup entah itu bernyawa atau tidak. Keduanya memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup. Benda tak bernyawa sekalipun akan sangat dibutuhkan seperti batu, air dan lainnya.

Komponen Penyusun Ekosistem Beserta Peranannya

Membahas mengenai ekosistem memang sangat luas, sebelumnya apa itu ekosistem. Pengertian secara umum, ekosistem adalah susunan yang terdiri dari makhluk hidup dan lingkungannya di mana di dalamnya terdapat hubungan timbal balik. Hubungan timbal balik dari keduanya tidak dapat terpisahkan. Sebab, memang keduanya akan memberikan dampak yang bisa mempertahankan kehidupannya.

Baca juga : Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Laut, Hutan dan Lainnya

Makhluk hidup dan lingkungan, keduanya merupakan komponen penyusun ekosistem itu sendiri. Keberadaan kedua komponen tersebut membuat ekosistem menjadi ada. Lalu, seperti apakah makhluk hidup dan lingkungannya yang memang menjadi komponen penyusun ekosistem. Tenang aja, berikut ini kita akan mencoba membahas mengenai masalah tersebut dengan perlahan.

1. Komponen Biotik


Salah satu komponen dari ekosistem adalah biotik. Biotik merupakan komponen yang berupa benda bernyawa atau disebut juga sebagai makhluk hidup. contoh dari komponen ini seperti manusia, hewan, tumbuhan dan lainnya. Namun, itu merupakan pengertian secara umum. Biasanya, komponen tersebut dibagi menjadi kelompok produsen, konsumen dan satu lagi pengurai atau detritivor.

Produsen

Komponen biotik pertama adalah produsen. Komponen ini bisanya sudah mampu menghasilkan makanan sendiri tanpa bergantung pada makhluk hidup lainnya. Untuk produsen ditempati oleh tumbuhan, sebab mereka bisa melakukan fotosintesis dan menghasilkan makanannya sendiri. Selain untuk dirinya, tumbuhan biasanya akan digunakan oleh makhluk hidup lainnya sebagai bahan untuk memenuhi energi.

Konsumen

Setelah produsen, komponen selanjutnya dipijak oleh konsumen. Dalam hal ini, konsumen bisa berupa hewan atau manusia yang memang mereka tidak bisa menghasilkan makanan sendiri. Dalam biologi, konsumen dibagi menjadi 3 yaitu herbivora (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging) dan herbivora (pemakan segala kedua jenis makanan). Selanjutnya, konsumen tidak hanya terdiri dari satu tingkat saja bisa mencapai tingkat tingkat sehingga akan ada konsumen I, II, hingga berjumlah tertentu.

Pengurai

Komponen biotik lainnya adalah pengurai. Dari namanya, komponen ini berfungsi untuk menguraikan sisa - sia makhluk hidup yang telah mati. Tumbuhan, hewan hingga manusia yang telah mati maka akan melalui proses penguraian. Pengurai disebut juga sebagai detritivor, bisanya terdiri dari makhluk hidup kecil seperti jamur, bakteri dan lainnya. Dalam proses penguraian dilakukan dengan 3 tipe yaitu aerobik, anaerobik dan fermentasi.

2. Komponen Abiotik


Setelah kita membahas mengenai komponen penyusun ekosistem berupa biotik, selanjutnya membahas mengenai abiotik. Abiotik merupakan komponen yang terdiri dari makhluk tak hidup atau benda - benda mati. Di lingkungan sekitar kita ada banyak sekali sumber daya alam yang termasuk ke dalam komponen ini. Apa sajakah komponen abiotik tersebut, berikut ini penjelasannya.

Air

Air merupakan sumber daya alam yang sangat diperlukan bagi hampir seluruh makhluk hidup entah manusia, hewan atau pun tumbuhan. Air termasuk ke dalam komponen ekosistem abiotik yang berfungsi sebagai pengatur ketersediaan cairan dalam makhluk hidup yang ada.

Tanah

Tanah memberikan berbagai manfaat seperti sebagai media tumbuh tumbuhan yang mana ini akan dimanfaatkan sebagai sumber makanan untuk makhluk hidup lain. Tanah mengandung berbagai unsur hara yang berfungsi untuk mengendalikan pertumbuhan tanaman.

Suhu

Panas dan dingin suatu keadaan ekosistem sangat berpengaruh pada kelayakan tinggal ditempat tersebut. Suhu menjadi komponen ekosistem yang cukup berpengaruh, dengan adanya suhu hewan, tumbuhan dan manusia akan melakukan penyesuaian terhadap hal tersebut.

Iklim

Selain suhu, iklan menjadi salah satu komponen penyusun ekosistem yang cukup berpengaruh. Dalam hal ini iklim memiliki beberapa jenis dari iklim global, regional yang masuk dalam iklim makro. Sedangkan, iklim mikro berupa iklim yang terjadi di dalam komunitas tertentu saja.

Nah, itu saja beberapa komponen penyusun ekosistem yang ada di dunia ini. Dalam hal ini, ada dua komponen penting yang sebagai penyusun ekosistem yaitu antara biotik dan abiotik. Untuk biotik merupakan komponen yang terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan tumbuhan. Sedangkan satunya, abiotik yang merupakan makhluk tak hidup yang terdiri dari air, suhu, iklim, cahaya matahari dan lainnya.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk dipahami, semoga kalian bisa cepat paham dengan pembahasan di atas. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan mengenai komponen penyusun ekosistem. Semoga bisa menambah wawasan dan menyelesaikan permasalahan anda semuanya.
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search