Jelaskan Proses Perkecambahan pada Biji secara Fisika dan Kimia

Jelaskan Proses Perkecambahan pada Biji secara Fisika dan Kimia
Share
Proses Perkecambahan

Jelaskan proses perkecambahan - Perkecambahan merupakan awal dari kehidupan yang terjadi pada tanaman. Sebelum mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang lebih lanjut, di awali dengan perkecambahan. Proses ini biasanya terjadi dari sebuah biji yang dihasilkan oleh tanaman itu sendiri. Yang mana, dari biji tersebut akan tumbuh sebuah tanaman baru atau disebut dengan benih. Proses perkecambahan sangat penting apalagi pada tanaman berbiji.

Pada awalnya, biji yang akan melakukan perkecambahan masih dalam keadaan dorman atau beristirahat. Perlu diketahui juga, di dalam biji tersimpan berbagai enzim yang akan membantu perkecambahan yang akan berlangsung. Proses pertumbuhan dari biji hingga tumbuh benih tanaman memerlukan waktu yang cukup. Banyak faktor yang mempengaruhi dari perkecambahan sehingga dapat membantu berlangsungnya sebuah prosesnya. Pada proses awal, air lah yang akan mempengaruhi biji tersebut.

Jelaskan Proses Perkecambahan secara Fisika dan Kimia


Selain air, faktor yang mempengaruhi proses perkecambahan lainnya adalah cahaya matahari. suhu, kelembaban dan lainnya. Semua faktor ini, sangat mempengaruhi dari keberlangsungan proses perkecambahan. Dari beberapa faktor tersebut, akan membantu mengaktifkan enzim - enzim yang ada. Sehingga proses dari perkecambahan akan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. Ketika suatu biji tanaman mengalami perkecambahan akan mengalami beberapa tahapan proses pertumbuhan.

Perkecambahan yang terjadi pada tanaman, terjadi terbagi menjadi beberapa bagian. Pada umumnya, proses perkecambahan dibagi menjadi dua tipe yaitu proses fisika dan proses kimia. Pada proses fisika yang dituju sebenarnya pada perubahan fisik, sedangkan proses kimia target utamanya adalah zat - zat kimia. Untuk mengetahui tipe perkecambahan, berikut ini kami berikan penjelasan jenis - jenis tipe tersebut.

1. Proses Kimia

Di dalam proses perkecambahan kimia melibatkan hormon dan enzim yang ada di dalam biji tersebut. Setelah air masuk, akan membuat biji mengembang dan membuat kulit biji menjadi pecah. Embrio yang di dalam akan menjadi sering melepaskan hormon giberelin yang akan berfungsi untuk sintesis enzim. Enzim akan menghidrolisis cadangan makanan yang terletak di kotiledon dan endosperma. Hasil hidrolisis akan diserap kotiledon hingga pertumbuhan embrio berubah menjadi benih tanaman.

2. Proses Fisika

Pada awal proses perkecambahan proses fisika, biji akan menyerap air yang ada di dalam tanah. Dalam proses penyerapan air, biji akan mengisinya hingga terisi penuh dan membuat sel dan enzim yang ada di dalamnya menjadi bekerja. Secara umum proses fisika pada perkecambahan meliputi absorbsi air, metabolisme dan transport hasil pemecahan materi cadangan makanan dan pemecahan dari endosperma. Proses tersebut di awali dengan masuknya air ke dalam bagian tubuh biji.

Baca juga : Faktor yang Mempengaruhi Perkecambahan Biji dari Eksternal dan Internal

Setelah anda mengetahui sedikit proses dari kedua tipe, berikut ini kita akan mencoba memahami mengenai proses perkecambahan secara umum. Memang pada awalnya dari kedua tipe tidak ada perbedaan yaitu di awali dengan masuknya air ke dalam biji tanaman. Dengan begitu, proses perkecambahan akan di mulai dan pada akhirnya membentuk benih tanaman. Untuk mengetahui proses umumnya, berikut ini penjelasan yang bisa anda pahami dengan mudah.

Pertama, Biji akan mulai menyerap air sehingga membuat kulit biji menjadi lunak serta mengaktifkan beberapa enzim dan hormon di dalamnya.

Kedua, Setelah menyerap air, biji akan berukuran cukup besar akibat proses imbisisi. Selain air, sel - sel yang ada di dalamnya juga mulai bertambah.

Ketiga, Enzim seperti Fitohormon asam absitat akan mulai menurun jumlahnya, sedangkan enzim giberelin akan meningkat jumlahnya. Fitohormon asam absitat adalah enzim yang hanya akan menghambat pertumbuhan dari benih itu sendiri. Sedangkan giberelin akan meningkatkan pertumbuhan, hal ini berbanding terbalik.

Keempat, Terjadinya penguraian terhadap beberapa bahan seperti lemak, karbohidrat dan protein yang akan disalurkan pada titik tumbuh.

Kelima, Hasil dari penguraian akan mengalami proses lain yaitu asimilasi. Dan ini akan dibawa ke meristematik untuk proses pembentukan energi.

Keenam, Dari sini pertumbuhan benih akan terjadi, proses pembelahan, pembesaran dan pembagian sel akan berlangsung. Dengan begitu biji akan mulai tumbuh dengan benih tumbuhan baru.

Seperti itulah proses perkecambahan yang akan terjadi. Biji memerlukan beberapa tahap hingga benar - benar sempurna menjadi sebuah kecambah yang siap tanam. Proses perkecambahan yang ada, akan berlangsung cepat atau lambat hal ini bergantung pada faktor yang mempengaruhi. Selain faktor dari luar biji, enzim, hormon dan energi di dalam biji juga cukup mempengaruhi prosesnya.

Nah, seperti itulah penjelasan dari proses perkecambahan yang di alami oleh biji tanaman.  Ternyata dalam menumbuhkan sebuah tanaman memerlukan proses yang cukup panjang dengan tahap yang cukup rumit. Di atas, merupakan sedikit gambaran dari perkecambahan yang terjadi. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan semoga bisa menambah wawasan dan menyelesaikan permasalahan yang ada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel