Faktor Penyebab Pencemaran Tanah dan Penjelasannya

Faktor Penyebab Pencemaran Tanah

Faktor penyebab pencemaran tanah - Tanah merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat. Bahkan, tanah ini menjadi media tempat berbagai makhluk hidup tumbuh dan berkembang biak. Oleh karena itu, perlu ada tindakan untuk menjaga kelestarian dari tanah tersebut. Apabila tidak, maka tanah bisa saja mengalami kerusakan yang berupa pencemaran tanah. Pencemaran ini disebabkan oleh banyaknya polutan yang bisa merusak tanah dan memperburuk kondisi.

Pencemaran merupakan sebuah kondisi lingkungan alam yang mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh adanya polutan di dalamnya. Nah, untuk tanah, biasanya disebabkan oleh sampah - sampah anorganik yang memang secara sengaja dibuang ke tanah. Alhasil zat - zat kimia yang ada atau berasal dari sampah tersebut terurai dan masuk ke dalam tanah. Dengan adanya fakta tersebut, tentunya kondisi tanah tersebut akan berbahaya untuk kelangsungan makhluk hidup terutama tumbuhan.


Faktor Penyebab Pencemaran Tanah dan Dampaknya


Datangnya sebuah masalah pencemaran bukannya tanpa sendirinya. Melainkan disebabkan oleh perilaku - perilaku tidak bertanggung jawab yang sering dilakukan oleh manusia. Pada dasarnya, pencemaran yang terjadi bisa dibagi menjadi 2 oleh manusia atau alam itu sendiri. Namun, kebanyakan masalah pencemaran dilakukan oleh manusia yang mana perilaku merekalah menjadi faktor utamanya. Kesadaran akan kelestarian dari masyarakat dunia terbilang masih kurang.

Baca juga : Dampak Pencemaran Tanah bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Perilaku membuat berbagai limbah secara sembarangan juga memperparah keadaan lingkungan sekitar. Biasanya, bila sudah mengalami kondisi seperti ini tanah tersebut sudah tidak baik untuk digunakan. Entah itu diambil airnya atau pun untuk bertani tanaman. Lalu, apa saja faktor penyebab pencemaran tanah ini terjadi? Berikut ini kita akan coba memahami beberapa penyebab timbulnya masalah seperti ini dilingkungan hidup.

1. Limbah Cair

Dalam hal ini, faktor penyebab pencemaran tanah yang sering terjadi adalah karena limbah cair. Limbah cair yang mengandung zat - zat berbahaya akan sangat mudah terserap di dalam tanah dan membuat tanah tersebut tercemar. Limbah cair ini bisa bersumber dari berbagai tempat seperti industri, rumah tangga atau laboratorium sekalipun. Limbah cair bisa dicontohkan seperti air bekas cucian, limbah hasil produksi suatu produk, limbah kimia hasil lab dan lainnya. Limbah cair ini tergolong sangat mudah merusak struktur yang ada di dalam tanah.

2. Limbah Anorganik

Limbah yang satu ini atau limbah anorganik menjadi faktor penyebab pencemaran tanah paling utama. Limbah anorganik banyak dijumpai di sekeliling kita seperti botol plastik, kaleng bekas, komponen elektronik dan lainnya. Limbah anorganik sendiri merupakan limbah yang sulit atau lama dalam proses penguraian oleh mikroorganisme. Sampah - sampah ini akan mengendap dan begini untuk waktu yang cukup lama. Dengan begini banyak sekali mikroorganisme yang mati akibat ini semua. Pada umumnya limbah anorganik berbentuk padat.

3. Limbah Pertanian

Kita semua tahu kalau, pemakaian pestisida untuk memberantas serangga bisa mempengaruhi kualitas dari tanah dan tanaman. Dari segi tanah, pestisida bisa membuat tanah menjadi keras dan senyawa baik di dalamnya juga bisa mati dan berkurang. Selain pestisida, penggunaan pupuk juga bisa mencemari tanah. Hal ini dikarenakan kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya. Bahan - bahan kimia yang terkandung bisa merusak kualitas dari tanah itu sendiri. Dampak yang sering terjadi adalah tanah menjadi tidak subur dan membuat tanaman tidak tumbuh dengan baik.

4. Limbah Padat

Sebelumnya kalau faktor penyebab pencemaran tanah bisa berasal dari limbah cair. Selanjutnya datang dari limbah padat yang juga cukup berpengaruh dalam masalah ini. Limbah padat bisa berupa plastik, komponen elektronik, dan lainnya. Limbah - limbah padat seperti itu, diantaranya ada yang sulit untuk terurai. Hasilnya tentu saja bisa memperburuk dari kualitas si tanah. Tanah, tidak bisa menyerap senyawa baik yang ada karena terhalang oleh limbah. Tumbuhan akan sulit menerima asupan makanan, dan membuat tumbuhan sulit untuk berkembang.

5. Limbah dari Industri

faktor penyebab pencemaran tanah yang satu memang tidak perlu diragukan lagi. Sebab, limbah industri merupakan salah satu penyumbang kerusakan paling besar. Limbah yang dihasilkan tidak hanya sedikit melainkan dengan jumlah yang begitu banyak. Hal ini tentu saja berkaitan dengan aktivitas produksi yang dilakukan. Pada umumnya, limbah yang dihasilkan terkandung bahan dan zat kimia yang cukup berbahaya. Tanah  yang sebelumnya berwarna coklat dan tidak berbau, bila sudah tercemar hal itu akan berubah. Bau menyengat dan warna tanah yang tidak baik akan terlihat.

6. Limbah berasal Rumah Tangga

Limbah - limbah penyebab pencemaran tanah tidak hanya datang dari industri atau pertanian saja. Beberapa limbah bisa berasal dari hasil aktivitas rumah tangga dan memang memiliki jumlah yang cukup banyak. Limbah ini bisa seperti air hasil cucian (detergen), sampah kertas, kain dan lainnya. Limbah - limbah ini akan berubah menjadi racun bila sudah berada di dalam tanah. Hasilnya banyak sekali mikroba yang akan mati akibat kelaparan. Bila sudah begini, maka tanah akan dalam kondisi buruk dan tidak cocok untuk hidup tanaman atau makhluk lainnya.

7. Hasil dari Pertambangan

Pertambangan memang banyak menghasilkan limbah - limbah yang cukup berbahaya bagi ekosistem. Tak jarang, pertambangan menggunakan bahan kimia untuk menunjang aktivitas yang dilakukan. Bahan kimia inilah yang mampu merusak tanah dan mengakibatkan kerusakan pada struktur yang ada. Mikroba yang hidup di dalam tanah bisa mati akibat bahan kimia yang dipergunakan. Selain bahan kimia, sisa - sisa hasil pertambangan juga turut menyumbang pencemaran tanah yang ada. Bila ini terus menerus terjadi, maka tumbuhan tidak akan berkembang dengan baik.

Itulah beberapa faktor penyebab pencemaran tanah yang pada umumnya terjadi. Dari semua penyebab di atas, perilaku manusialah yang menentukan ini semua. Bila manusia memperhatikan kelestarian lingkungan hidup dengan baik, maka tingkat pencemaran pada suatu ekosistem akan kecil. Pencemaran bila sudah terjadi, maka diperlukan sebuah tindakan untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini supaya tidak berdampak lebih buruk bagi ekosistem yang ada.

Cukup banyak memang faktor penyebab pencemaran tanah yang sering terjadi. Memang dari segi limbah, industrilah yang menjadi penyumbang paling banyak. Selain itu, penggunaan bahan dan zat kimia menjadi perusak ekosistem paling berpengaruh. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan mengenai pencemaran tanah, semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...