Cara Mengobati Batuk Pilek pada Bayi 2 Bulan Tanpa Obat Apapun

Cara Mengobati Batuk Pilek pada Bayi 2 Bulan

Cara mengobati batuk pilek pada bayi 2 bulan -Menderita gangguan pada tubuh seperti penyakit memang tidak diharapkan oleh semua orang. Dengan adanya penyakit di dalam tubuh, bisa membuat aktivitas sehari - hari menjadi terganggu. Perasaan lemas dan kurang sehat, sering diderita oleh seseorang ketikan menderita masalah penyakit. Ada banyak sekali masalah yang sering timbul di dalam tubuh kita. Dar beberapa masalah tersebut penyakit batuk pilek menjadi penyakit paling populer.

Sebab, masalah ini tidak hanya menyerang pada orang dewasa saya melainkan pada anak - anak bahkan bayi. Padahal, usia - usia tersebut notabenenya sistem imun atau kekebalan tubuhnya belum kuat. Pada dasarnya, masalah batuk dan pilek yang sering kita alami bukanlah masalah yang serius. Sebab, hal ini merupakan hasil dari reaksi tubuh untuk melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Lendir, dan batuk menjadi hasil dari perlawanan tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Cara Mengobati Batuk Pilek pada Bayi 2 Bulan


Masalah seperti ini, kemungkinan besar akan lebih sering menyerang pada anak - anak atau bayi. Sebab, sistem kekebalan tubuh yang dimiliki masih belum sempurna. Alhasil, tubuh tidak siap menerima serangan bakteri, dan berakhir pada masalah batuk pilek. Ketika si kecil mengalami masalah tersebut, sebaiknya tidak langsung diberikan obat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sebenarnya, masalah seperti ini bisa diselesaikan dengan cara - cara sederhana, seperti memberikan waktu istirahat, dan lainnya.

Namun, sering kali sebagai orang tua tidak tega melihat si kecil mengalami batuk pilek. Dari kondisinya tersebut, si kecil terlihat kesusahan bernafas karena lendir yang menutup bagian pernafasan hidung. Nah, jika anda ingin mengatasi masalah tersebut, berikut ini cara mengobati batuk pilek pada bayi 2 bulan. Langsung saja, silakan baca ulasan di bawah ini.

1. Anda bisa memberikan asupan ASI secara rutin kepada si kecil ketika mengalami masalah batuk pilek. Pada kandungan ASI dipercaya terdapat zat yang mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Hal ini tentunya akan membantu mencegah terjadinya serangan infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau sejenis lainnya. Dengan begitu infeksi seperti infeksi pernafasan dapat terhindar dari tubuh si kecil.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak Masuk Angin Tanpa Obat dan Ciri Cirinya

2. Perlu diingat juga, ketika memberikan asupan ASI kepada si kecil pastikan langsung memberikannya dari payudara. Banyak ibu yang malah memilih memberikan ASI dari dot karena berbagai alasan. Padahal, pemberian ASI secara langsung dari payudara dapat membantu mencegah terjadinya infeksi di area telinga, hidung dan tenggorokan (THT). Sehingga masalah batuk dan pilek yang bisa menyerang organ pernafasan dan dicegah.

3. Berjemur di bawah terik sinar matahari, bisa membantu mengobati batuk pilek pada bayi 2 bulan. Ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari berjemur, namun pastikan cara ini dilakukan ketika pagi hari (sebelum jam 9 pagi). Ketika bayi dijemur dibawah matahari pagi, bisa mengencerkan lendir yang ada di organ pernafasan. Selain itu, berjemur dapat membunuh mikro organisme yang membuat terjadinya infeksi.

4. Pilek, sering kali membuat lubang hidung tersebut dan membuat si kecil susah bernafas. Ketika hal ini terjadi pada si kecil, cara mengatasinya adalah menepuk - tepuk punggung secara perlahan. Sebelumnya, posisikan terlebih dahulu si kecil pada posisi telungkup dan agak dekatkan pada uap yang dihasilkan oleh air hangat. Cara ini akan membantu meluruhkan lendir - lendir yang bersarang di hidung.

5. Cara mengatasi batuk pilek pada bayi usia 2 bulan, yaitu dengan memposisikan bayi dengan baik. Di sini anda bisa menerapkan letak kepala si kecil lebih tinggi dari pada dada. Untuk mendapatkan posisi tersebut, anda bisa menambahkan bantal kecil atau selimut dilipat pada bagian kepala si kecil. Posisi ini akan memberikan rangsangan terhadap lendir di hidung turun ke bawah dan tidak membuat hidung tersumbat.

6. Ketika anda terpaksa memakai obat untuk mengobati batuk pilek pada bayi usia 2 bulan. Pastikan terlebih, hal itu sesuai dengan resep dan perintah yang diberikan dokter. Sebab, bayi usia seperti itu belu sewajarnya diberikan obat. Sebab, dengan asupan ASI sebetulnya berbagai masalah di dalam tubuh bayi dapat teratasi.

Nah, itulah beberapa cara mengobati batuk pilek pada bayi 2 bulan dengan mudah dan cepat. Karena pada dasarnya bayi usia 2 bulan belum siap menerima obat - obatan, sebaiknya anda melakukan cara - cara tanpa menggunakan obat. Cara - cara tradisional ternyata juga terbukti ampuh untuk mengatasi batuk pilek. Sebelum memberikan obat, ada baiknya untuk melakukan 5 cara di atas.

Sebelum si kecil mengalami masalah batuk pilek seperti ini, mendingan anda melakukan pencegahan sedini mungkin. Pencegahan yang bisa anda lakukan seperti mencuci tangan sebelum menggendong, jauhkan terhadap orang yang terinfeksi flu, dan lainnya. Dengan melakukan pencegahan, maka kesehatan si kecil bisa terjaga. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan mengenai cara mengobati batuk pilek pada bayi 2 bulan, semoga dapat bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengobati Batuk Pilek pada Bayi 2 Bulan Tanpa Obat Apapun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel