Cara Mengatasi Bayi Rewel Menurut Islam pada Malam Hari

Cara Mengatasi Bayi Rewel Menurut Islam

Cara mengatasi bayi rewel menurut islam - Bayi rewel sering kali menandakan kalau dia sedang mengalami gangguan atau masalah di dalam tubuhnya. Menangis dan tidak mau diam, adalah cara mereka memberitahu kalau dia merasa kurang sehat. Hal ini merupakan sebagai ganti dari ucapan yang sering dilakukan oleh orang dewasa. Masalah rewel pada bayi bisa disebabkan oleh banyak faktor, dari mulai dalam diri si kecil atau faktor lingkungan yang membuatnya menjadi rewel.

Rewel pada seorang bayi memiliki durasi yang berbeda - beda hal ini berdasarkan masalah yang tengah mereka hadapi. Bahkan seorang bayi, bisa menangis sepanjang hari dari pagi hingga malam hari. Ketika si kecil mengalami rewel, membuat anda sebagai orang tua menjadi khawatir sebab tidak mengetahui keinginan dari si kecil. Kejadian rewel sangat sering terjadi ketika waktu malam hari atau beranjak mau tidur. Dan ini membuat anda semakin cemas akan hal tersebut.


Cara Mengatasi Bayi Rewel Menurut Islam


Dalam masalah rewel seperti ini, ternyata dalam islam terdapat solusi yang bisa membantu mengatasi permasalahan ini. Ketika bayi mengalami rewel atau suka menangis dan tidak tenang bisa disebabkan ada penyakit di dalam tubuhnya atau hal lainnya. Untuk penyakit biasanya hanya berupa masuk angin atau sakit perut. Sehingga membuat tubuhnya tidak nyaman karena situasi tersebut. Walaupun ada penyakit seperti itu yang menjadi penyebabnya, ada faktor lainnya.

Menurut islam, bisa jadi bayi rewel disebabkan oleh adanya gangguan setan terhadap si bayi tersebut. Untuk islam sendiri, hal ini digambarkan seorang bayi yang di takut - takuti oleh setan sehingga membuat si bayi menjadi menangis. Dari penyebab - penyebab tersebut, maka cara mengatasinya juga cukup berbeda. Kalau ada penyakit di dalam tubuhnya maka bisa menggunakan obat alami atau lainnya. Sedangkan islam, cara mengatasi bayi rewel menurut islam cukup berbeda. Berikut ini penjelasan cara mengatasinya.

1. Membacakan Ayat - Ayat Al Quran

Dari penyebab yang telah anda ketahui sebelumnya, bahwa bayi rewel bisa disebabkan oleh adanya gangguan setan yang menakut - nakuti bayi. Nah, untuk menghilangkan gangguan tersebut anda bisa membacakan ayat - ayat al quran supaya bayi terhindar dari gangguan setan. Al quran bisa menjadi obat atas segala penyakit yang manusia derita seperti halnya dengan bayi rewel. Selain menjadi obat, Al quran bisa membuat hati si kecil lebih tenang dan nyaman. Dengan hal ini dilakukan secara rutin setiap harinya, maka si kecil bisa terhindar dari segala godaan setan dan jin.

2. Membasuh dengan Air Doa

Selain melakukan pembacaan ayat - ayat al quran anda juga bisa memberikan basuhan air yang telah di doakan sebelumnya. Cara ini terbukti ampuh dalam mengusir jin dan iblis yang menghinggapi tubuh manusia termasuk bayi sekalipun. Biasanya doa yang di baca adalah doa - doa perlindungan, sehingga selain bisa mengusir jin dan iblis juga bisa membantu melindungi si kecil dari gangguan para iblis dan jin. Cara mendoakan air adalah membaca surat pendek seperti surat al fatihah, an nas, al falaq, al ikhlas, dan ayat kursi. Setelah membaca ayat - ayat tersebut anda bisa meniupkannya pada air dan digunakan untuk membasuhnya.

3. Berwudhu sebelum Memegang Bayi

Sebelum anda melakukan kegiatan yang berkaitan dengan bayi, sebaiknya anda melakukan wudhu terlebih dahulu. Ketika anda dalam keadaan suci, bisa menjauhkan bayi dari jin dan iblis yang bisa mengganggu ketenangan dan kedamaian si kecil. Hal ini bisa anda lakukan sebelum berkontak langsung dengan si kecil entah itu bermain, menggendong, menyusui dan hal lainnya. Bayi merupakan makhluk yang masih polos dan suci, sehingga usahakan untuk mensucikan diri terlebih dahulu. Dengan ini, anda tidak akan menyalurkan kejelekan dari dalam diri anda.

4. Beri Bayi ASI yang Cukup

Bayi yang sering rewel biasanya menandakan kalau dia sedang lapar atau hal lainnya. Sehingga cara mengatasi  bayi rewel menurut islam adalah memberikan ASI yang cukup ke pada si kecil. Berikan secukupnya jangan terlalu kenyang atau pun malah kurang. Hal ini juga diajarkan oleh Nabi kalau mengkonsumsi segala sesuatu jangan berlebihan atau kekurangan. Apabila masalah perut sudah di atasi, biasanya masalah rewel tidak akan menyerang si kecil lagi. Masalah rewel biasanya terjadi ketika waktu malam hari da ini memang sering terjadi di hampir semua bayi.

5. Memberikan Waktu Tidur yang Cukup

Mengantuk adalah hal biasa yang sering dialami manusia. Memang kelihatannya sepele, hal ini sering menjadi penyebab dari masalah rewel yang sering terjadi pada bayi. Oleh karena itu, cara mengatasi bayi rewel menurut islam adalah memberikan waktu tidur yang cukup dan efektif bagi si kecil. Anda bisa memberikan waktu tidur pada siang dan malam hari. Ketika siang, berikan durasi tidur yang cukup dan jangan terlalu lama. Sebab, siang bukanlah waktu tidur yang panjang. Sedangkan malam, usahakan bayi tidur dengan baik supaya ketika bangun tidak merasa mengantuk dan menjadi rewel.

6. Menemani Bayi Hingga Tertidur

Bayi rewel sering kali bisa disebabkan karena suasana yang terlalu sepi, lain itu mereka hanya sendirian. Di sini, ketika bayi mengalami rewel sebaiknya anda menemaninya hingga si buah hati tertidur pulas. Biasanya perasaan takut terhadap suatu ruangan dan belum lagi dia hanya sendirian di satu ruangan. Gangguan - gangguan dan iblis dan jin bisa saja datang sewaktu - waktu. Selain itu, ketika anda di dekatnya anda bisa memberika kebutuhannya yang sewaktu - waktu ia inginkan. Entah itu minum ASI atau hal lainnya, sehingga anda tidak perlu repot - repot berjalan ke sana sini.

7. Obati Bila Ada Masalah pada Tubuhnya

Hal yang sering menjadikan bayi menjadi rewel dan sangat mudah bergerak - gerak adalah akibat tubuhnya mengalami sedikit masalah. Masalah yang sering terjadi adalah masuk angin, sakit perut, demam dan lainnya. Apabila ini penyebabnya, anda bisa mengatasi masalah bayi rewel dengan memberikan sedikit obat pada diri si kecil. Berikan minyak kayu putih atau benda lainnya yang bisa membantu menghangatkan tubuhnya. Dengan ini, sedikit demi sedikit perasaan hati si kecil akan menjadi lebih tenang dan membaik. Lakukan cara ini sebelum masalah yang di alami si kecil menjadi lebih parah.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak Masuk Angin Tanpa Obat dan Ciri Cirinya

Nah itulah beberapa cara mengatasi bayi rewel menurut islam yang bisa anda lakukan di rumah. Ketika bayi mengalami masalah rewel seperti ini, sebenarnya anda tidak perlu terlalu panik. Sebab, dalam islam sendiri terdapat banyak solusi untuk mengatasi masalah seperti salah satunya bisa anda lihat di atas. Ada banyak pilihan cara yang bisa anda terapkan. Lakukan semua cara di atas maka akan membuat bayi lebih tenang dan terhindar dari masalah rewel.

Sangat mudah bukan untuk mengatasi permasalahan yang sering di alami bayi ini. Kunci dalam menyelesaikan permasalahan ini sebenarnya terletak pada suasana hati dari si kecil. Selain itu, kondisi lingkungan juga menentukan keberhasilan dari cara - cara di atas. Sekianlah artikel mengenai cara mengatasi bayi rewel menurut islam. Semoga cara di atas bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang tengah anda alami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...