Cara Mengatasi Anak Susah Tidur dan Rewel Di Malam dan Siang Hari

Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Cara mengatasi anak susah tidur - Anak memerlukan waktu tidur yang lebih banyak dari pada orang dewasa. Namun, kewajiban untuk tidur biasanya mereka tolak hanya untuk bermain - main. Alhasil, tubuh si kecil belum bisa menerima kegiatan yang terlalu banyak dan membuat tubuhnya lemas. Waktu yang seharusnya untuk tidur malah terbuang, dan berdampak buruk bagi kesehatannya. Beberapa anak memang ada yang memiliki keinginan tidur, namun yang terjadi malah kesulitan untuk tidur.

Apabila seorang anak mulai kesulitan dalam tidur, biasanya akan berdampak pada kepribadiannya. Sering rewel, menjadi emosi yang sering terluapkan oleh si kecil ketika susah tidur. Ketika, waktu tidur digunakan untuk bermain mengakibatkan si kecil berubah menjadi sering menangis, mudah tersinggung dan lainnya. Hal ini biasanya diakibatkan kondisi tubuh yang mulai lelah dan lemas. Waktu yang sering terjadi hal seperti ini adalah waktu sore dan malam hari.

Cara Mengatasi Anak Susah Tidur dan Rewel Di Malam dan Siang Hari


Susah tidur tak hanya pada siang hari saja, sering kali kondisi susah tidur bisa terjadi pada tidur malam hari. Tentunya hal ini diakibatkan oleh faktor - faktor tertentu yang menjadikan si kecil susah tidur. Memang, ketika si kecil dalam kondisi seperti ini akan sangat merepotkan dan melelahkan. Sebab, anda akan diharuskan untuk mengawasi dan menjaga, kerap kali si kecil akan disertai menangis. Dengan hal ini, waktu tidur anda juga akan juga berkurang akibat hal ini.

Karena hal tersebut, anda perlu melakukan sebuah solusi untuk mengatasi anak susah tidur malam atau pun siang hari. Mengatasi masalah tidur diperlukan untuk memberikan pengertian kepada si kecil terhadap waktu tidur. Sehingga, ketika waktu tidur datang mereka bisa dengan mudah tidur tanpa perlu susah - susah disertai menangis dan hal lainnya. Ada banyak cara yang bisa anda terapkan, apabila anda belum mengetahuinya berikut ini penjelasan cara mengatasi anak susah tidur di malam hari.

1. Memberikan Jadwal Tidur bagi Anak

Anak sering kali tidak mengetahui jadwal untuk bermain dan beristirahat. Alhasil mereka yang seharusnya tiba waktu tidur malah tetap bermain, sehingga pada akhirnya membuatnya kelelahan dan rewel. Cara mengatasi anak susah tidur yang bisa anda lakukan adalah memberikan pengertian terhadap jadwal tidur. Dengan melakukan langkah ini, bisa membantu meningkatkan pemahaman terhadap waktu tidur, dan bisa membuatnya terbiasa.

Pertama, anda bisa memberikan pengertian mengenai jadwal tidur entah tidur siang atau malam. Untuk tidur siang, berikan jam berapa dia harus tidur dan bangun dengan hal ini dilakukan terus menerus akan bisa membuatnya terbiasa. Dalam melakukan sosialisasi ini, lakukan dengan cara yang lembut dan santai. Hal ini bisa meluluhkan hati mereka sehingga menuruti perintah yang anda suruh.

2. Perkenalkan Waktu antara Pagi, Siang, Sore dan Malam

Setelah anda memperkenalkan jadwal tidur, baiknya anda juga memberikannya waktu hari - hari entah pagi, siang dan lainnya. Kenal hari, dari mulai pagi hari di mana si kecil harus bangun dari tidur dan melakukan aktivitas. Sedangkan siang hari, ajak si kecil tidur dengan durasi yang pendek seperti 1 sampai 2 jam. Dan ketika sore, kenalkan adalah sebagai waktu untuk bermain. Untuk malamnya ajak si kecil untuk tidur, dan bangun di waktu pagi hari seperti awal.

Baca juga : Penyebab Mimisan pada Anak saat Tidur secara Tiba Tiba

Penting, usahakan ketika tidur siang hari hanya dilakukan dengan durasi pendek. Apabila terlalu berlebihan, bisa membuat anak susah untuk tidur ketika malam harinya. Nah, untuk malah harinya. Suruh si kecil untuk menghentikan berbagai aktivitas entah itu bermain atau hal lainnya. Beritahu, kalau malam hari adalah waktu untuk seseorang melakukan istirahat atau tidur dari aktivitas sebelumnya.

3. Berikan Aktivitas Sebelum Tidur

Ketika anak susah tidur, anda bisa memberikan sebuah kegiatan yang dapat memicu dia mengantuk dan mudah untuk tidur. Cara yang biasanya efektif adalah memberikannya dongeng mengenai sebuah cerita. Selain itu, anda bisa berbicara dengan anak mengenai hal yang santai. Pada akhirnya suasana akan lebih nyaman dan santai. Sedikit - demi sedikit anak akan mulai mengantuk dan tidur. Anda bisa melakukan cara yang ini, 1 jam sebelum anak ingin tidur.

4. Jadikan Suasana yang Lebih Hening

Suara - suara yang mengganggu, menjadi pemicu dari anak mengalami susah tidur entah malam atau siang hari. Ada banyak sumber kebisingan, bahkan pembicaraan orang - orang juga menjadi salah satunya. Jadi dalam hal ini anda bisa sedikit memberikan suasana yang lebih tenang dan jauh dari kebisingan. Pilih ruangan yang jauh dari benda - benda bersuara, serta dari keramaian orang. Degan begitu, suasana hati si kecil akan lebih tenang. Pada akhirnya, anak akan sedikit mudah dalam tidur.

5. Perhatikan Suhu Ruangan

Suhu yang terlalu panas atau dingin memang akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Alhasil, untuk tidur saja akan susah dilakukan. Dari hal tersebut, pastikan untuk memperhatikan suhu yang tepat sehingga bisa membuat aktivitas tidur menjadi menyenangkan. Ketika suhu terlalu panas, anda bisa memberikan sedikit angin segar dang mengipasinya. Kalau pun terlalu dingin, berikan selimut kecil yang bisa membantu menghangatkan tubuh dari suhu dingin.

6. Buat Tempat Senyaman Mungkin

Tempat tidur yang terlalu kotor dan tidak beraturan sering kali membuat tidak nyaman entah si kecil atau pun anda sebagai orang tua. Akibatnya aktivitas tidur, sering kali sangat susah dilakukan. Fakta tersebut, bisa anda selesaikan dengan mengatur dan merapikan tempat tidur menjadi lebih nyaman. Atur bantal, guling atau hal lainnya hingga sedemikian rupa. Dengan begitu anak anda akan mudah tidur, karena kondisi tempat tidur yang tertata rapi. Anda bisa melakukan cara ini sebelum tidur bagi si kecil.

Ketika melihat anak susah tidur, sering kali membuat hati anda akan menjadi khawatir, sebab takut terjadi apa - apa nantinya. Apabila si kecil mengalami masalah tidur, cobalah untuk melakukan cara mengatasi anak susah tidur dan rewel di atas. Lakukan semuanya dari cara pertama hingga terakhir, supaya anak tidak mengalami masalah seperti ini lagi. Dengan begitu, anak akan mulai mudah tidur karena sudah memahami arti istirahat dan waktu - waktu untuk melakukan aktivitas.

Bagaimana sangat mudahkan untuk mengatasi masalah ini? Dengan sedikit melakukan beberapa tips saja, anda sudah bisa mengobati susah tidur. Dampak yang biasa ditimbulkan pada anak, akan bertahap dari waktu ke waktu. Anda hanya tinggal melakukan cara diatas dengan rutin mungkin supaya anak lebih paham. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan kepada anda, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semuannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel