Cara Memperbaiki Speaker Hp yang Terkena Air dengan Mudah

Cara Memperbaiki Speaker Hp yang Terkena Air

Cara memperbaiki speaker hp yang terkena air - Speaker yaitu sebuah alat yang memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah aliran listrik menjadi suara. Fitur speaker seperti ini banyak sekali terdapat di berbagai perangat elektronik seperti laptop, ponsel, televisi dan banyak lainnya. Dalam beberapa perangkat, speaker tersusun atas berbagai komponen sehingga menghasilkan suara yang bagus. Aliran listrik tang berasal dari perangkat akan menuju speaker dan diubahnya menjadi suara.

Bagi anda yang suka mendengarkan musik, video pasti akan menggunakan namanya speaker. Speaker ini bisa membantu anda mendengar suara yang ada, sehingga dapat anda dengar secara jelas. Untuk mencontohkannya, bisa dilihat pada perangkat hp yang sering anda gunakan. Dengan perangkat smartphone ini, anda bisa melakukan berbagai hal dari berkomunikasi, mencari hiburan dengan musik, nonton video dan lainnya. Karena speaker juga termasuk perangkat elektronik sering kali juga mengalami kerusakan.


Cara Memperbaiki Speaker Hp yang Terkena Air dengan Mudah


Kerusakan yang biasa menyerang pada fitur speaker adalah hal yang berkaitan dengan suara seperti suara tidak keluar, terlalu besar dan lainnya. Masalah seperti ini seringkali terjadi karena penggunaan yang tidak tepat, komponen yang sudah usang atau lainnya. Namun, yang mendominasi disebabkan oleh perilaku pengguna yang tidak wajar. Penggunaan speaker dengan volume yang tinggi akan membuat suara yang dihasilkan speaker menjadi pecah bahkan mati.

Semua ini bisa terjadi kepada hampir semua perangkat entah itu laptop, televisi, hp dan perangkat yang memiliki speaker. Salah satu speaker yang sering mengalami kerusakan adalah pada perangkat hp. Di mana hp ini selalu digunakan entah di rumah, jalan, atau tempat lainnya. Penggunaannya speaker juga tidak menentu entah telpon, mendengarkan musik atau lainnya. Apabila speaker pada perangkat hp anda tengah rusak karena terkena air, berikut ini cara memperbaiki speaker hp yang terkena air.

1. Rendam Di Dalam Beras

Jika speaker anda rusak akibat terkena air, cobalah untuk merendamnya di dalam tumpukan beras. Cara ini terbilang sangat efektif, bahkan bisa juga digunakan untuk mengatasi hp yang terkena air. Beras di sini akan berfungsi untuk menyerah air - air yang ada di dalam komponen. Sehingga air tidak akan mengakibatkan konslet pada komponen speaker yang ada. Nah, untuk mengaplikasikan cara yang pertama ini sangatlah mudah, berikut langkah - langkahnya.

  • Pertama, copot semua komponen yang ada dari mulai casing belakang dan baterai
  • Setelah terlepas, masukkan semua bagian ke dalam beras hingga tertutup
  • Diamkan selama 12 - 24 jam, hingga benar - benar kering dari air
  • Kalau sudah kering, pasang kembali komponen dan uji speaker hp tersebut

2. Anginkan dengan Kipas Angin

Pada dasarnya kunci dari cara memperbaiki speaker yang terkena air adalah mengeringkan komponen akibat air masuk ke dalamnya. Setelah sebelumnya mencoba merendamnya ke dalam beras, sekarang cobalah untuk mengeringkannya dengan kipas angin. Dengan angin yang dihasilkan kipas angin cukup kencang, bisa membantu mempercepat pengeringan pada rangkaian speaker. Jika anda punya kipas angin di rumah cobalah cara ini untuk mengeringkan speaker dengan cara berikut ini.


  • Silakan anda lepaskan baterai dan casing belakang dari ponsel anda
  • Taruh hp dan posisi speaker menghadap kipas angin, lalu nyalakan
  • Diamkan selama 2 - 3 jam, supaya benar - benar kering
  • Jika di rasa kering, pasang kembali dan cek apakah speaker sudah berhasil diperbaiki

3. Keringkan dengan Hair dryer

Selain menggunakan kipas angin untuk mengeringkan komponen pada speaker, anda bisa menggunakan hari dryer untuk melakukannya. Dengan suhu dan angin yang bersifat panas, kelihatannya sangat efektif untuk menyelesaikan masalah ini. Namun, sebelum melakukannya pastikan tidak mengarahkan hair dryer ke komponen terlalu lama. Dikhawatirkan bisa membuat timah menjadi mencair. Langsung saja berikut ini langkah memperbaiki speaker hp yang terkena air.

  • Hal utama, lepaskan casing belakang dan baterai
  • Nyalakan hair dryer dan arahkan pada komponen speaker
  • Lakukan cara ini hingga benar - benar kering (jangan terlalu lama)
  • Setelah dipastikan kering, pasang kembali baterai dan casing silakan uji speaker

4. Menjemur Hp

Langkah pertama yang sering kita lakukan ketika hp terkena air adalah dengan menjemurnya. Ternyata cara ini bisa efektif juga untuk menangani speaker yang terkena air sehingga mengalami masalah. Cara kerja, tips yang satu ini sama dengan cara sebelumnya yaitu memanfaatkan sinar matahari yang cukup panas untuk menguapkan air pada perangkat. Bagi anda yang memilih cara ini bisa mengikuti langkah - langkah berikut ini.

  • Hal pertama, pastikan untuk melepas casing belakang dan baterai
  • Setelah dilepaskan, jemur hp dengan mengarahkan speaker ke arah sinar matahari
  • Diamkan selama 15 menit, beri jeda sebentar, dan lakukan kembali penjemuran selama 15 menit
  • Jika, sudah dipastikan kering pasang kembali komponen yang dilepas dan uji speaker

5. Membersihkan Debu dari Speaker

Speaker yang terkena air akan mengakibatkan debu dan kotoran yang menempel menjadi basah. Alhasil kotoran melekat kuat pada speaker dan sulit untuk terlepas sendiri. Diperlukan penanganan khusus untuk masalah ini. Debu yang menempel, bisa merusak suara yang dihasilkan. Sehingga suara tidak lagi jernih dari sebelumnya. Untuk membersihkannya anda bisa memanfaatkan penjepit kertas dengan cara bisa mengikuti langkah - langkah berikut.

  • Lepaskan casing belakang, baterai dan kerangka untuk menjangkau bagian speaker
  • Bersihkan bagian speaker secara perlahan dengan klik kertas
  • Setelah bersih dari debu, pasang kembali semuannya
  • Terakhir ujilah speaker hp

6. Bawa ke Service

Apabila anda enggak mau repot untuk melakukan berbagai cara di atas, maka anda bisa membawanya ke tukang service. Di sana anda hanya perlu menunggu dan tidak perlu khawatir sebab ditangani oleh ahlinya. Namun, anda perlu membayar sekian rupiah untuk mengganti jasanya. Cara terakhir ini tergolong sangat praktis dan tidak akan merepotkan anda untuk menyelesaikan cara memperbaiki speaker hp yang terkena air sendirian.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Air menjadi sangat berbahaya bagi perangkat elektronik sebab bisa menyebabkan kerusakan yang sangat berbahaya. Di sini, sebenarnya untuk menyelesaikan masalah ini sangat mudah dan sederhana. Kuncinya, anda harus mengeringkan semua air yang masuk dari perangkat hp yang ada miliki. Setelah benar - benar kering anda bisa menguji speaker apakah sudah benar atau tidak. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan semoga bisa menambah wawasan anda semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...