10 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

- Saturday, January 19, 2019
advertise here
advertise here
10 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

10 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui - Sumber daya alam memang memiliki manfaat yang begitu besar untuk keberlangsungan hidup makhluk hidup. Ada beragam sumber daya alam yang tersedia di dunia ini. Dan ini membaginya menjadi 2 tipe yaitu tipe yang bisa diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Kedua tipe sumber daya alam ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Sumber daya yang ada biasanya terletak di dalam sebuah ekosistem kehidupan. Ya, ekosistem merupakan sebuah interaksi antara benda biotik (benda hidup) dengan abiotik (benda mati). Kedua unsur ini akan melakukan saling bergantungan (interaksi) entah biotik memanfaatkan abiotik atau sebaliknya. Apabila salah satu unsur tersebut tidak ada, maka ekosistem tersebut bisa dikatakan tidak seimbang.

10 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui


Alam semesta ini menyimpan berbagai sumber daya yang begitu besar jumlahnya, kalau dihitung dalam matematis makan tidak dapat dihitung jumlahnya. Bagaimana tidak, manusia di kesehariannya selalu saja memanfaatkan sumber daya alam entah itu dapat diperbaharui atau tidak. Sumber daya alam sendiri juga termasuk ke dalam sebuah ekosistem sebab terdapat SDA yang biotik dan abiotik.

Baca juga : Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui Beserta Gambarnya

Karena jumlahnya yang begitu banyak, kita sebagai manusia tidak boleh memanfaatkannya terlalu berlebihan. Kalau tidak, sumber daya yang dapat diperbaharui akan tetap habis bahkan pada sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Saking banyaknya, kita akan dengan mudah menemukan sumber daya jenis ini. Apabila anda tidak mengetahui contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, berikut contoh - contohnya.

1. Angin

SDA yang pertama adalah angin. Angin merupakan salah satu sumber daya yang dapat diperbaharui. Pada dasarnya, angin merupakan sebuah udara yang bergerak dengan kecepatan tertentu. Dalam kehidupan, angin mengandung udara sehingga bisa dimanfaatkan sebagai alat pernafasan makhluk hidup. Selain berguna untuk bernafas, angin juga sering digunakan sebagai energi alternatif. Menggerakkan baling - baling, mengubahnya menjadi listrik dan masih banyak lagi lainnya.

2. Air

Unsur air, menjadi unsur paling penting dalam kehidupan makhluk hidup. Sebab, sebagian besar dari tubuh makhluk hidup adalah air termasuk manusia. Air memiliki fungsi penting, seperti menjaga cairan tubuh tetap stabil, serta menjadi energi alternatif. Ada banyak energi alternatif yang bisa dihasilkan mulai bisa digunakan sebagai penggerak turbin, menghasilkan energi listrik dan lainnya. Namun, bila dimanfaatkan terlalu berlebihan maka mungkin saja air akan habis.

3. Tanah

Apa anda tidak percaya, tanah juga termasuk ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Tanah sendiri merupakan unsur yang berasal dari makhluk hidup lainnya yang sebelumnya telah mati. Dengan seiring waktu, makhluk hidup tersebut akan berubah menjadi unsur hara dan bersatu. Batu - batuan juga merupakan produk yang bisa berubah menjadi tanah. Ada banyak manfaat yang diberikan tanah, seperti sebagai lahan pertanian, pembuatan kompos dan lainnya.

4. Tumbuhan

Tumbuhan merupakan anggota ekosistem bertipe biotik atau makhluk hidup. Dengan begitu, maka tumbuhan bisa diperbaharui dengan melakukan perkawinan sebelumnya. Dalam berkembang biak, bisa dilakukan dengan sendirinya atau dengan bantuan tangan manusia. Dalam kehidupan, tanaman berfungsi sebagai produk penghasil oksigen. Oksigen inilah yang akan digunakan makhluk hidup seperti manusia, hewan tak terkecuali tanaman itu sendiri. Dalam berkembang biak, tumbuhan tergolong cukup lama jadi kita perlu melestarikannya.

5. Hewan

Dalam hal ini, hewan bisa dibagi menjadi dua tipe yaitu hewan darat dan hewan air. Kedua tipe ini memiliki fungsi yang tak kalah penting. Hewan - hewan ini bisa dijadikan manusia sebagai sumber makanan untuk memenuhi energi yang diperlukan. Selain manusia, alam juga memanfaatkan hewan sebagai unsur hara ketika mereka mati. Dengan begitu akan membuat tanah menjadi lebih subur. Hewan termasuk SDA yang dapat diperbaharui karena bisa berkembang biak sendiri atau bertambah jumlahnya.

6. Cahaya Matahari

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui lainnya adalah cahaya yang berasal dari matahari. Matahari sendiri tidak akan berhenti memberikan cahaya ke arah bumi, sehingga bisa dimanfaatkan secara terus menerus.  Jumlah cahaya yang diberikan tergolong tidak terbatas. Banyak masyarakat yang memanfaatkan cahaya ini sebagai salah satu energi alternatif. Salah satu cara memanfaatkannya adalah mengubahnya menjadi sebuah energi listrik.

7. Energi Nuklir

Sumber daya alam yang satu ini terbilang cukup berbahaya, sebab radiasi yang diberikan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Walaupun begitu, energi nuklir terbilang dapat diperbaharui. Dalam pemanfaatannya, energi nuklir diubah menjadi sebuah energi listrik, sehingga dapat membantu pasokan listrik di sebuah wilayah tertentu. Pada dasarnya, nuklir dihasilkan dari pemecahan terhadap sebuah atom. Salah satu negara yang telah memanfaatkan energi ini ialah Jepang.

8. Biomassa

Tak asing memang untuk energi yang satu ini. Biomassa merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui, sebab asalnya yang berasal dari sisa - sisa makhluk hidup. Berasal dari sampah alam, biomassa tak kalah bermanfaat. Sebab, dengan sumber daya yang satu ini bisa dihasilkan beragam produk seperti gas yang dapat digunakan untuk memasak. Cara ini juga bisa menekan eksploitasi terhadap gas alam yang terbatas jumlahnya. Biomassa bisa berasal dari tumbuhan, jasa hewan atau manusia, dan lainnya.

9. Panas Bumi

Energi panas yang dihasilkan dari dalam bumi memiliki jumlah yang begitu banyak. Hal ini juga berhubungan dengan adanya magma di dalam bumi yang bersuhu cukup panas. Karena ini berasal dari alam, maka tidak ada efek samping yang berbahaya. Langkah tepat untuk memanfaatkan energi yang satu ini adalah dengan membuat pembangkit listrik dari panas bumi. Panas bumi mampu menghasilkan energi yang cukup banyak, hal ini berkaitan dengan jumlahnya yang hampir tidak terbatas.

10. Ombak

Entah apa sebabnya, ombak juga masih tergolong sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Ombak dapat ditemukan di pantai atau laut dan jumlahnya hampir tidak terhitung. Bagaimana tidak, hampir setiap menit selalu datang ombak baru yang menerjang pantai. Cara yang paling mudah memanfaatkan ombak ini adalah sebagai sumber alternatif untuk menghasilkan energi listrik. Menggerakkan turbin bisa dilakukan ombak sehingga mengubah energi gerak menjadi listrik.

Nah, bagaimana cukup banyak bukan 10 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Untuk sumber daya yang satu ini, memang tidak akan cepat habis, sebab bisa terus menerus diperbaharui dan persediaannya tidak terbatas. Berbeda halnya dengan sumber daya yang satunya, yang hanya memiliki persediaan yang terbatas dan kemungkinan akan habis memiliki tingkat yang cukup tinggi.

Meskipun dapat diperbaharui, beberapa sumber daya di atas bisa juga mengalami kepunahan. Sumber daya tersebut seperti hewan, tumbuhan yang memerlukan waktu untuk berkembang biak. Apabila dimanfaatkan terlalu berlebihan bisa saja sumber daya tersebut akan habis. Sekianlah artikel mengenai 10 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, semoga bisa bermanfaat.
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search