Penyebab Layar Laptop Bergaris yang Sering Terjadi

penyebab layar laptop bergaris

Penyebab layar laptop bergaris - Layar menjadi komponen yang digunakan untuk mentransmusi kinerja komponen. Dengan begitu kerja komponen berubah menjadi sebuah tampilan yang sekarang bisa anda gunakan. Layar laptop atau disebut juga LCD laptop memiliki banyak kelemahan dibanding komponen laptop lainnya. Layar sendiri bisa sangat mudah mengalami kerusakan, bahkan bisa diakibatkan adanya tekanan pada layar. Selain tekanan dari luar, penggunaan juga bisa mempengaruhi kesehatan laptop.

Kerusakan yang timbul pada layar laptop bisa berbagai macam entah itu, tidak mau merespon, tidak menyala, dan lainnya. Salah satu yang sering di alami oleh layar laptop adalah adanya garis putih hitam ketika menampilkan atau dihidupkan. Laptop yang sudah mengalami perubahan seperti ini, sudah bisa dikatakan mengalami sedikit kerusakan pada area LCD. Nah, apabila hal ini dibiarkan berlarut - larut, kemungkinan besar akan mengalami hal lebih buruk.

Penyebab Layar Laptop Bergaris yang Sering Terjadi


Garis - garis pada layar laptop yang dibiarkan kemungkinan besar akan berubah menjadi lebih banyak. Sehingga bisa mengganggu anda ketika menggunakannya, bahkan bisa berakibat fatal kalau dibiarkan. Apabila anda pernah mengalami hal ini, atau ingin mengetahui penyebab layar laptop bergaris berikut ini kami akan memberikan penjelasan sedikit. Untuk orang awam, kesalahan ini sering dianggap sepele namun bisa berakibat fatal, berikut ini penyebab layar laptop bergaris.

Baca Juga : Cara Reset Printer Epson L120 secara Manual dan Dengan Software

1. Kesalahan pada Kabel Fleksibel

Kabel fleksibel merupakan sebuah kabel yang berfungsi untuk menghubungkan antara layar laptop dengan mothrboard. Kabel ini memiliki fungsi yang sangat penting, apabila mengalami sedikit saja kesalahan maka tampilan pada layar juga akan berubah. Kabel fleksibel yang renggang atau rusak bisa mempengaruhi layar. Nah, kemungkinan besar penyebab layar laptop bergaris bisa jadi karena faktor kabel fleksibel yang rusak atau renggang. Sebelum memastikan hal ini, coba uji dengan menampilkan di monitor lainnya. Apabila tidak ada garis berarti tidak terdapat kesalahan pada kabel fleksibel yang ada.

2. Kerusakan Akibat RAM

Tahukah kamu, bahwa kerusakan pada layar laptop yang bergaris bisa disebabkan oleh RAM yang ada di dalamnya. Ini bukan berarti RAM yang salah, melainkan pada ketidakcocokan antara RAM dengan laptop itu sendiri. Untuk menguji anda bisa membersihkan RAM yang ada, setelah bersih pasang kembali. Jika masih tetap bergaris, coba gunakan RAM lainnya. Jika hasil yang ditujukan setelah mengganti RAM pada laptop, layar menjadi lebih baik kemungkinan besar masalah terletak pada RAM laptop tersebut. Jika masih mengalami garis pada layar setelah mengganti RAM, lanjut pembahasan selanjutnya.

3. Terjadi Kesalahan pada VGA

Komponen selanjutnya yang menjadi penyebab layar laptop bergaris adalah VGA yang mengalami kesalahan seperti halnya RAM. Kemungkinan masalah ini bisa terjadi diakibatkan adanya kotoran pada pin - pin yang tersedia pada VGA itu sendiri. Untuk memastikan apakah layar laptop bergaris disebabkan oleh adanya kesalahan pada VGA, coba lakukan pengujian. Lepas VGA pada laptop dan bersihkan pada pin - pin yang ada. Setelah bersih, pasang kembali seperti semula dengan baik. Pengujian seperti ini tidak berlaku jika VGA laptop berada di boardnya.

4. Karena Benturan Keras

Layar laptop menjadi salah satu komponen yang memiliki tingkat kerusakan yang cukup tinggi. Sebab, sedikit saja benturan yang di alami oleh layar laptop bisa mengubah tampilan, salah satunya adalah layar laptop bergaris. Benturan pada laptop seperti terinjak, jatuh atau hal berkaitan dengan benturan pada layar bisa berakibat fatal. Kemungkinan besar penyebab yang sering terjadi pada layar laptop bergaris adalah karena adanya benturan yang cukup keras.Jadi, coba ingat ketika sebelum mengalami kerusakan apakah laptop anda menerima benturan keras?.

5. Jalur IC Rusak

IC merupakan sebuah komponen elektronik yang berfungsi mengatur kinerja dari komponen lainnya. Sehingga apabila ada IC yang rusak, maka kemungkinan besar adalah akan ada kerusakan pada laptop itu sendiri. Kerusakan IC bisa menyebabkan berbagai masalah salah satunya ini mengakibatkan layar menjadi garis - garis putih atau hitam. Untuk mengenali kerusakan diakibatkan oleh kerusakan IC, harus dilakukan oleh para teknisi yang ahli dalam bidang elektro. Apabila benar terjadi kerusakan, maka perlu ada penggantian perangkat IC pada laptop.

Nah itulah beberapa penyebab layar laptop bergaris yang biasa di alami oleh berbagai laptop di dunia ini. Pemakaian yang terlalu berlebihan serta perawatan terhadap laptop yang tidak baik bisa menjadi pemicu terbesar akan masalah ini. Setelah mengetahui berbagai penyebab dari masalah ini, diusahakan anda bisa mencegah terjadinya masalah seperti ini. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan semoga bisa menambah wawasan anda dan menyelesaikan permasalahan yang ada.

0 Response to "Penyebab Layar Laptop Bergaris yang Sering Terjadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel