Penyebab Baterai Bocor pada Smartphone, Kamu Harus Tahu

Penyebab Baterai Bocor

Penyebab baterai bocor - Smartphone telah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat dunia. Keberadaan smartphone ini telah mengubah kehidupan dari yang sulit menjadi lebih mudah. Smartphone dibuat dengan melakukan berbagai pembaruan sehingga hal ini membuat banyak produsen yang berlomba - lomba membuat hp yang lebih canggih. Tak ada titik puncak yang menamakan hp salah satu produsen disebut sebagai yang terbaik. Sebab masih banyak perubahan yang sangat signifikan.

Perubahan pada hp salah satunya terdapat pada komponen baterai, di mana mereka menambah kapasitas yang ada dari sebelumnya. Baterai merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan daya listrik, sehingga bisa membuat hp hidup dan digunakan. Meskipun di dalam perangkat smartphone terdapat berbagai komponen penting, tak terkecuali baterai. Baterai di sini bukannya sekali pakai melainkan baterai yang dapat di isi dayanya, sehingga bisa digunakan berulang kali.


Penyebab Baterai Bocor yang Sering di alami Smartphone


Karena cukup penting, baterai juga bisa bahkan sering mengalami masalah. Ada banyak sekali permasalahan yang timbul pada komponen yang satu ini. Masalah tersebut diantaranya baterai kembung, sangat mudah habis atau boros dan satu lagi yaitu bocor. Apa benar baterai bisa bocor kaya ban? jawabannya bisa. Baterai bocor bukan seperti ban bocor, melainkan sangat mudah habis, dan ketika di isi ulang dayanya cepat sekali penuh. Hal ini terjadi karena beberapa faktor.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android Dengan dan Tidak Pakai Aplikasi

Masalah baterai bocor bisa di alami oleh hampir semua jenis hp, sebab pada dasarnya baterai yang digunakan memiliki unsur yang hampir sama. Yang membedakan cepat lambatnya kerusakan adalah penggunaan, usia atau faktor lainnya. Nah, apabila anda kini mengalami baterai yang bocor pada smartphone anda, ketahuilah asal usul atau penyebab bocornya baterai tersebut. Apabila anda tidak mengetahui penyebab baterai bocor, berikut ini ulasannya.

1. Digunakan Ketika Charger

Penyebab pertama yang sering menyebabkan baterai pada smartphone menjadi bocor adalah menggunakan smartphone ketika di charger. Tindakan seperti memang sangat dianjurkan, sebab sangat berisiko menimbulkan kerusakan pada baterai salah satunya adalah kebocoran. Apabila tindakan ini terus menerus dilakukan maka dampak buruk akan lebih besar lagi. Jadi jangan bingung ketika anda merasa baterai anda bocor namun perilaku anda seperti ini.

2. Menggunakan Charger Palsu

Ketika anda tidak memiliki charger original untuk hp anda, maka alternatifnya adalah menggunakannya yang palsu atau tidak original. Ternyata tindakan seperti ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan baterai. Malahan, jika ini dilakukan dengan jangka yang cukup lama bisa mengakibatkan kebocoran pada baterai itu sendiri. Memang menggunakan hal - hal yang tidak sesuai atau asli bisa berdampak buruk. Jadi apabila anda tidak ingin baterai hp bocor, usahakan memakai yang asli.

3. Charger Hp Terlalu Lama

Ketika daya baterai sudah menunjukan angka 10% maka anda akan bergegas untuk menchargernya. Setelah charger, anda akan meninggalkan untuk jangka waktu yang lama. Alhasil membiarkan baterai ter isi daya hingga penuh bahkan berlebihan. Padahal mengisi daya dengan charger yang terlalu lama bisa mengakibatkan baterai menjadi bocor. Bukannya tanpa alasan, daya yang berlebih membuat baterai tidak mampu menahan daya yang ada sehingga bocor. Jadi, ketika anda mengisi daya baterai usahakan untuk diperhatikan.

4. Hp dalam Kondisi Panas

Mengoperasikan hp memang tidak ada salahnya, yang membuatnya salah adalah penggunaan yang terlalu berlebih. Menggunakan hp secara berlebihan bahkan hingga membuat hp dalam kondisi panas memang tidak baik. Dalam kondisi panas, bisa memperburuk keadaan komponen yang ada di dalamnya, salah satunya baterai. Belum banyak diketahui bahwa, hp yang dalam kondisi panas, secara terus menerus digunakan kemungkinan besar bisa membuat baterai menjadi bocor.

5. Baterai tidak Original

Selain pemakaian charger yang tidak original, penyebab baterai bocor bisa disebabkan oleh baterai yang digunakan bukan aslinya. Apabila hp anda sebelumnya memiliki baterai yang rusak dan menggantinya dengan yang tidak original, maka segera ganti baterai tersebut dengan yang asli. Kenapa? sebab penggunaan baterai yang tidak sepantasnya bisa berdampak buruk. Ketika baterai di charger bisa sangat mudah rusak bahkan mengalami kebocoran. Jadi gantilah dengan baterai yang asli ya!

6. Usia Baterai

Sebuah perangkat juga bisa mengalami penurunan performa salah satunya pada baterai smartphone. Pada awal pembelian, baterai memiliki performa yang cukup bagus bahkan bisa dikatakan sangat luar biasa. Namun, seiring degan waktu dan usia yang bertambah bisa membuat baterai turun performa. Baterai yang sudah berusi bisa sangat mudah atau rentan mengalami kerusakan salah satunya kebocoran. Kebocoran ini bisa terjadi beberapa penyebab di atas. Jadi perhatikan usia baterai anda, jika sudah cukup tua segera ganti dengan yang baru.

7. Penggunaan Smartphone yang Berlebihan

Penggunaan smartphone yang berlebihan ternyata sangat tidak baik, bahkan untuk perangkat itu sendiri. Penggunaan yang tidak teratur bisa membuat beban terhadap komponen - komponen yang ada di perangkat tersebut. Hal ini tak terkecuali pada komponen yang berfungsi menyimpan daya yaitu baterai. Dalam hal ini baterai yang terbebani dengan perilaku seperti ini. Terlalu sering digunakan maka akan cepat habis daya baterai yang ada, akhirnya harus di isi daya. Nah, di sinilah letak permasalahannya, terlalu mengisi daya maka bisa membuat kebocoran pada baterai.

Nah itulah beberapa penyebab baterai bocor yang sering terjadi atau dialami oleh beberapa perangkat seperti smartphone. Bagi anda yang pernah mengalami masalah ini dan bingung apa penyebabnya, sekarang sudah tahu. Jadi perhatikan kesehatan baterai, meskipun tidak melepas kemungkinan untuk memperhatikan komponen lainnya. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan semoga bisa menambah wawasan anda semua sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Baterai Bocor pada Smartphone, Kamu Harus Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel