Cara Merubah File Pdf Ke Word Secara Manual Tanpa Bantuan Sotware

Cara Merubah File Pdf Ke Word Secara Manual

Cara merubah file pdf ke word secara manual - Jenis file pada sebuah perangkat elektronik seperti ponsel dan laptop memang sangat bermacam - macam. Dari banyaknya file - file tersebut, memiliki fungsi yang berbeda - beda. File yang sering kita jumpai diantaranya, pdf, word, ppt, png, jpeg dan banyak lainnya. Dari beberapa file yang disebutkan tersebut, selain memiliki fungsi yang berbeda tetapi juga kelebihan dan kekurangan yang berbeda - beda.

Sebelum mengetahui lebih jauh, pernahkah anda mendengar melakukan perubahan terhadap satu menjadi bentuk file lainnya. Ternyata, hal ini benar - benar bisa anda lakukan bahkan sangat mudah untuk dipraktekkan. Salah satu file yang sering dilakukan perubahan adalah file jenis pdf. File pdf merupakan jenis file yang sering digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan entah itu soal pekerjaan, pelajaran atau lainnya. Banyak orang memilih file pdf, karena memang pdf memiliki banyak kelebihan.


Cara Merubah File Pdf Ke Word Secara Manual


File jenis pdf sangat sering digunakan sebab memiliki sifat yang portabel, lebih ringan dan mudah sekali untuk digunakan. Dibalik kelebihannya tersebut , terdapat sebuah kekurangan di dalamnya. Salah satu kekurangannya yaitu, di mana anda tidak bisa melakukan perubahan atau mengedit terhadap isi dokumen. Yang bisa anda lakukan terhadap dokumen pdf tersebut hanyalah mengcopy paste. Nah, di sinilah kelemahan dari file pdf, padahal file yang anda miliki bisa sewaktu - waktu memerlukan pengeditan.

Maka dari itu, diperlukan sebuah tindakan untuk mengubah isi dokumen file pdf. Tindakan yang perlu anda lakukan adalah mengubah bentuk file pdf menjadi file word (doc / docs). Kalau sudah berubah menjadi word, maka anda bisa melakukan pengeditan seska hati kalian. Masalahnya, apa anda mengetahui bagaimana cara merubah file pdf ke word secara manual? Apabila tidak bagaimana cara anda merubahnya. Tapi tenang berikut ini akan ada penjelasannya cara merubah file pdf.

Pada kesempatan kali ini, secara khusus kami memberikan beberapa tips cara merubah file pdf ke word secara manual tanpa bantuan software apapun. Memang banyak cara yang bisa anda tempuh, salah satunya adalah dengan cara manual. Ya, memang kalau menggunakan bantuan software akan lebih mudah. Tapi kalau sedang malas, mendingan ikutin cara berikut ini aja.

1. Menggunakan Microsoft Word

Pada cara pertama ini, anda bisa memanfaatkan microsoft word yang ada di laptop anda. Namun, pastikan dulu kalau versi microsoft word pada laptop anda memiliki versi 2010 ke atas. Apabila tidak sesuai versi tersebut, fitur merubah pdf ke word belum tersedia. Dengan adanya update fitur seperti ini anda bisa dengan mudah melakukan perubahan terhadap sebuah file. Ok, langsung aka cara merubah file pdf ke word secara manual dengan microsoft word.

  • Pertama, silakan anda jalankan microsoft word versi 2010 ke atas
  • Setelah terbuka, pilih menu open other document pada halaman depan
  • Maka akan muncul windows baru, di sini silakan anda memilih salah satu file pdf yang hendak diubah
  • Sudah memilih, klik open, nanti akan muncul peringatan langsung klik ok aja
  • Di sini anda tinggal tunggu perubahannya saja
  • Selesai, kini anda bisa mengedit dokumen sesuka kalian

Kelebihan dari penggunaan microsoft word sendiri anda bisa langsung melakukan pengeditan di tempat. Sehingga anda tidak perlu melakukan dua langkah antara melakukan pengubahan dan pengeditan. Selain itu, ketika anda sudah selesai dalam hal pengeditan anda bisa langsung menyimpan dokumen menjadi salah satu file yaitu pdf atau pun word (doc / docs). Mudah sekali bukan, apabila anda tidak memiliki microsoft word versi 2010 ke atas, lanjut cara kedua saja.

2. Melalui Google Docs

Dari berbagai jenis layanan yang dimiliki google, ada salah satu yang bisa anda manfaatkan untuk cara merubah file pdf ke word secara manual. Layanan tersebut adalah google docs, di mana layanan ini memang diperuntukkan untuk mengatur hal - hal yang berkaitan dengan dokumen. Di sini anda bisa menyimpan berbagai file dokumen, yang perlu anda lakukan hanyalah mengupload file tersebut ke sistem. Lalu, bagaimana cara merubah file pdf tersebut, berikut penjelasannya.


  • Pertama, anda buka situs google docs di sini melalui browser yang anda miliki
  • Silakan anda login menggunakan akun gmail yang anda miliki
  • Pada halaman ini anda akan dihadapkan tampilan yang cukup membingungkan
  • Silakan anda memilih dokumen baru dengan mengklik dokumen tanda plus
  • Setelah dialihkan, pilih menu file bagian atas di lanjut memilih menu buka...
  • Ada tampilan pop up, silakan anda klik upload dan klik pilih file dari komputer
  • Nah, sekarang silakan anda pilih file pdf yang akan dirubah menjadi word
  • Setelah terpilih silakan anda upload, tunggu hingga selesai
  • Anda bisa langsung melakukan editing, atau mengubahnya menjadi word
  • Pada menu atas pilih menu file lanjut dengan menu download sebagai dan yang terakhir microsoft word (.doct)
  • Tunggu proses download selesai, dan kini file sudah berubah

Dengan menggunakan layanan dari google ini, anda juga bisa langsung melakukan pengeditan tanpa perlu proses perubahan format file. Apabila anda sudah selesai mengedit, anda bisa mendownloadnya kembali menjadi format word (.docs). Apabila anda cukup kesulitan dalam mengaplikasikan cara di atas mungkin beberapa cara berikut ini akan memudahkan anda. Langsung saja, selanjutnya cara merubah file pdf ke word secara manual.

3. Melalui Situs pdf2doc.com

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan situs - situs penyedia layanan konversi file menjadi sesuai yang anda inginkan. Salah satu situs yang berguna untuk merubah file adalah situs pdf2doc.com. Di mana situs ini memang dikhususkan terhadap file - file yang berhubungan dengan pdf. Ada banyak fitur yang bisa anda dapatkan dengan situs ini, salah satunya adalah mengubah file pdf menjadi word. Berikut ini tahapan cara merubah file pdf ke word secara manual via pdf2doc.com.

  • Buka situs pdf2doc.com di browser yang anda miliki
  • Setelah halaman situs terbuka, silakan anda klik unggah file
  • Dan sekarang anda bisa memilih file yang akan dirubah
  • Sudah memilih klik open, tunggu proses upload selesai
  • Setelah proses upload selesai, selanjutnya tunggu proses konversi selesai
  • Selesai, silakan anda download kembali file dan mengedit isi dokumen tersebut

4. Via Situs Smallpdf.com

Selanjutnya juga masih menggunakan layanan dari sebuah situs, di mana situs ini beralamat smallpdf.com. Hampir sama halnya dengan pdf2doc.com, yang membedakan pada situs ini memiliki layanan yang lebih banyak. Bahkan tidak hanya fitur merubah file saja, melainkan beberapa fitur lainnya. Karena anda di sini tengah butuh alat konvert, berikut beberapa tahap dapat anda coba dengan smallpdf.com.

  • Buka situs smallpdf.com di browser milik anda
  • Di halaman homepage silakan pilih menu pdf to word (prd ke word)
  • Setelah dialihkan, klik pilih file dan selanjutnya anda untuk pilih file pdf
  • Klik open setelah terpilih, tunggu proses upload selesai
  • Jika upload selesai, tunggu proses konvert selesai
  • Sudah, kini file anda sudah berubah menjadi word

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk merubah file pdf yang anda miliki menjadi word. Dari penjelasan di atas, memang kalau diperhatikan sangat mudah dilakukan, dengan hanya beberapa tahap saja anda sudah bisa mengubah file pdf. Dari sekian cara yang ada, mungkin cara pertama adalah cara yang paling rekomendasi banget. Namun, ingat itu hanya berlaku bila anda sudah memiliki versi tahun 2010 atau versi di atasnya. Kalau tidak, maka cara tersebut tidak berlaku.

Sedangkan cara yang lebih universal adalah cara 3 dan 4 melalui layanan berbagai situs entah itu pdf2doc.com atau smallpdf.com. Kedua situs ini memang terdapat fitur pengubah file, maka bisa anda manfaatkan. Untuk melakukan pengubahan, anda hanya perlu melakukan beberapa klik saja sisanya anda tunggu proses saja. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan kepada anda mengenai cara merubah file pdf ke word secara manual. Semoga ini bisa menambah wawasan anda dan menyelesaikan masalah yang anda miliki

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...