Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak Supaya Cepat Sembuh

Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak

Cara mengobati sakit mata pada anak - Anak memang sering kali bermain di tempat - tempat yang yang tidak bersih seperti lapangan, pasir dan lainnya. Di daerah tersebut sering kali anak - anak menerima sebuah gangguan pada salah satu anggota tubuhnya entah kulit, mata atau bagian lainnya. Namun, yang sering menyerang adalah pada bagian mata, apalagi jika anak bermain di area yang memiliki debu yang cukup banyak. Jadi, wajar saja kalau nantinya mata pada anak akan mengalami perubahan.

Perubahan yang biasa terjadi adalah warna merah, dan menimbulkan rasa sakit yang cukup terasa. Bagi orang dewasa hal seperti ini adalah hal yang biasa, namun beda lagi bagi anak yang masih belum tahu apa - apa. Mereka akan merasakan hal yang tidak tertahankan sebab mereka tidak mampu menahan rasa sakit. Kejadian seperti ini, biasanya selain menimbulkan rasa sakit pada mata tetapi juga menimbulkan keluarnya air mata. Tapi tenang saja, hal ini merupakan sistem pertahanan terhadap mata.

Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak, Coba Lakukan Cara Mudah Berikut ini


Apabila seorang anak mengalami masalah mata merah akibat debu, atau hal lainnya tentunya diperlukan perawatan yang sesegera mungkin. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya gangguan yang lebih parah pada mata anak. Apabila gangguan yang terjadi disebabkan oleh faktor kecil seperti akibat debu, belekan, kecolok atau hal kecil lainnya. Anda sebagai orang tua tidak perlu terlalu panik. Sebab, dengan sedikit perawatan pada mata anak maka masalah yang ada akan segera teratasi.

Pada dasarnya sakit mata memiliki berbagai jenis nama yang disebabkan oleh berbagai faktor. Sakit mata yang diderita seorang anak antara lain, konjungtivitis, bintitan, selulitis, dan saluran air mata tersumbat (Blocked Tear Duct). untuk mengetahui beberapa masalah yang sering di alami mata pada anak, coba baca ulasan berikut untuk mengetahui penjelasannya. Langsung saja berikut ini beberapa masalah yang sering di alami mata si anak.

Masalah Sakit Mata yang Sering Di Alami Anak dan Cara Mengobatinya


Telah disebutkan beberapa masalah pada mata anak, dari beberapa hal tersebut memang sering diderita oleh mata entah itu orang dewasa atau pun anak kecil. Apabila anda belum mengetahui beberapa penyakit tersebut. Tenang saja, berikut kami sajikan penjelasan dari konjungtivitis, bintitan, selulitis, dan saluran air mata tersumbat (Blocked Tear Duct) yang menjadi pemicu sakit mata pada anak.

1. Blocked Tear Duct

Masalah pertama yang sering di alami adalah berupa gangguan terhadap saluran air pada daerah mata. Air di sini berfungsi untuk membasahi bola mata, sehingga mata terjaga kelembabannya. Dengan begitu, mata tidak akan mengalami masalah kekeringan dan mencegah terjadinya sakit mata. Namun, apa jadinya saluran air mata mengalami penyumbatan, sehingga air mata tidak mau keluar untuk menjaga kondisi bola mata tetap lembab dan tidak kering.

Apabila ini terjadi, berbagai masalah pada mata akan segera menanti di antaranya kondisi mata berair, mengalami iritasi, bahkan infeksi kronis sekalipun. Saluran air mata yang tersumbat biasa terjadi pada anak yang baru lahir, meskipun pada waktu ke waktu akan terbuka dengan sendirinya. Sehingga mata anak akan kembali normal, dan air mata kembali membasahi bola mata. Walaupun begitu, sebenarnya anda sebagai orang tua bisa mempercepat proses tersebut.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan pemijatan pada area mata anak. Pastikan tangan anda bersih dengan melakukan cuci tangan terlebih dahulu. Memijat area mata ini, bisa anda lakukan beberapa kali dalam sehari. Sangat direkomendasikan apabila anda memijat 2 - 3 kali sehari. Untuk memulai memijat, coba lakukan dari sudut mata (dekat hidung) menuju ke arah lingkar mata atau ke hidung. Apabila anda kesulitan melakukan cara ini, anda bisa meminta ke dokter untuk membantu anda.

2. Konjungtivitis

Masalah mata yang kedua ini mungkin masalah yang paling sering di alami pada hampir semua anak di dunia. Konjungtivitis ini merupakan kondisi di mana mata mengalami perubahan pada bagian sklera yang awalnya berwarna putih menjadi merah. Gangguan seperti ini akan mudah menyerang anak yang masih bayi, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa menyerang pada anak - anak yang lebih besar. Dari sebuah kejadian, konjungtivitis ini bisa menyebar dengan cepat tanpa anda sadari.

Oh ya, sebelumnya penyebab dari masalah yang satu ini antara lain seperti terkena paparan debu, zat - zat kimia (pada sabun), bakteri dan virus. Apabila beberapa benda asing tersebut terkena mata, maka mata akan bereaksi dengan cepat. Mata akan mulai meradang, dan mata akan tertutupi oleh membran yang tidak berwarna (bening). Gangguan mata konjungtivitis ini, jika sudah diderita oleh seorang anak, perlu dilakukan perawatan yang segera, hal ini tentu saja untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Cara Mengobati Mata Merah pada Anak secara Alami

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah melakukan kompres pada bagian mata anak entah itu air hangat atau air dingin. Namun, selama anda melakukan kompres tidak segera sembuh, coba rujuk anak ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Kemungkinan besar, anda akan diberikan sebuah obat tetes mata untuk mengurangi dampak dari masalah konjungtivitis. Caranya mudah, anda hanya tinggal melakukan sesuai perintah yang diberikan oleh dokter.

3. Bintitan

Bagi orang dewasa masalah bintitan memang sering terjadi, namun apa jadinya bila masalah ini di alami oleh seorang anak kecil?. Bintitan merupakan kondisi mata yang mengalami benjolan pada kelopak mata entah bagian luar atau dalam. Dalam bahasa jawa, bintitan bisa disebut juga sebagai timbilan. Nah, masalah bintititan atau timbilan ini sering kali disebabkan oleh adanya infeksi oleh bakteri pada area bulu mata. Jadi tak heran, bila penderita masalah mata yang satu ini mengalami bengkak pada area kelopak mata.

Pada sebuah kejadian, bintitan ini akan mengalami kesembuhan secara alami tanpa melakukan perawatan apapun. Biasanya waktu yang diperlukan hingga benar - benar sembuh sekitar 2 - 3 minggu. Dalam proses kesembuhan tersebut, anda sebagai orang tua bisa membantu melakukan kompres. Sehingga anak tidak terlalu terganggu dengan masalah benjolan pada mata ini. Kompres mata bisa dilakukan beberapa kali sehari dengan durasi waktu 5 - 10 menit dalam 1 kompres.

Ketika anda sebagai orang tua menunggu beberapa minggu untuk menyambut kesembuhan buah hati dari bintitan. Tetapi hasilnya tidak kunjung datang, bahkan setelah sembuh malah timbul masalah yang sama. Apabila hal ini terjadi pada si kecil, langsung saja anda bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Sebab, kejadian seperti ini bisa menjangkit mata anak untuk waktu yang cukup lama. Tidak inginkan kalau buah hati anda terkena masalah seperti ini terus menerus.

4. Selulitis

Pada masalah terakhir ini, bisa dibilang masalah yang cukup serius. Pasalnya dampak yang diberikan pada masalah ini cukup berbahaya seperti bola mata tidak bisa digerakkan, mata mengalami infeksi, bengkak pada area mata, bahkan daya penglihatan bisa berkurang. Apabila masalah ini menyerang buah hati, mendingan langsung dirujuk ke rumah sakit. Sebab bila tidak di tangani cukup serius bisa berdampak bahaya. Nantinya, si kecil akan diberikan perawatan yang cukup intens.

5. Akibat Alergi

tubuh bisa mengalami alergi terhadap suatu hal, dan organ mata juga bisa mengalami hal tersebut. Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, mata yang mengalami alergi akan menimbulkan gejala - gejala yang cukup serius. Untuk organ mata sendiri biasanya mengalami alergi terhadap benda - benda kecil seperti udara dingi akibat AC, paparan debu, serbuk bunga, zat - zat kimia (parfum, sabun dan lainnya), dan bulu binatang (kucing, kelinci, dan lainnya). Meskipun hampir sama dengan masalah mata konjungtivitis.

Namun keduanya cukup berbeda, di mana masalah konjungtivitis bisa menular terhadap orang lain, Sedangkan alergi ini tidak akan menular ke siapa pun. Apabila buah hati anda mengalami alergi cara mengobati sakit mata pada anak yang benar adalah sebagai berikut. Lakukan kompres air dingin pada area mata, dan berikan obat tetes mata (anti alergi) yang telah diberikan dokter. Untuk pencegahan, anda bisa menjauhkan anak dari hal yang menyebabkan ia alergi.

Nah itulah beberapa masalah sakit mata yang sering di alami oleh anak - anak sekaligus cara mengobatinya. Jika buah hati mengalami sedikit saja masalah pada tubuhnya, anda sebagai orang tua pasti akan mengalami keresahan pada hati. Tapi, tenang saja akan ada cara menyelesaikan masalah tersebut. Apabila anak anda mengalami sakit mata, coba cocokkan dengan beberapa masalah mata di atas. Apabila anak anda mengalami salah satu di atas, segera lakukan perawatan sesuai cara yang telah diberikan.

Namun, apabila masalah yang di alami masih diderita anak meskipun telah dilakukan perawatan. Silakan anda langsung membawa buah hati anda ke rumah sakit atau dokter terdekat. Supaya diberikan perawatan yang lebih baik dan cepat. Sebelum membawa semua masalah coba lakukan dengan cara alami, apabila sdah tidak bisa maka ana bisa membawanya ke dokter. Sekianlah artikel cara mengobati sakit mata pada anak yang dapat kami berikan, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak Supaya Cepat Sembuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel