Cara Mengatasi Printer Bergaris Dengan Mudah dan Benar

Cara Mengatasi Printer Bergaris Dengan Mudah dan Benar
Share
cara mengatasi printer bergaris

Cara mengatasi printer bergaris - Mesin printer merupakan salah satu perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk mencetak sebuah tulisan atau pun gambar. Dalam dunia administrasi perangkat ini begitu pening, sebab biasanya digunakan untuk mencetak berbagai surat. Dalam urusan cetak mencetak, fungsi printer tak jarang digunakan para pelajar atau mahasiswa untuk mengerjakan sebuah tugas. Sehingga mereka dimudahkan dengan kehadiran printer ini.

Dalam dunia ini ada banyak sekali jenis - jenis printer dan tentunya memiliki keunggulan masing - masing. Walaupun begitu, hal terpenting yang digunakan untuk printer adalah mencetak. Kadang ketika melakukan pencetakan terdapat sebuah masalah yang terjadi pada mesin printer. Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada mesin printer adalah hasil cetakan yang terdapat garis. Biasanya hal ini ditandai dengan ada garis - garis pada hasil cetakan, sehingga merusak hasilnya.


Cara Mengatasi Printer Bergaris


Berbagai masalah bisa terjadi pada mesin printer yang anda miliki salah satunya ada printer dengan hasil yang bergaris. Dengan adanya garis pada hasil cetakan tentunya membuat anda kecewa dan tidak bisa menggunakan hasil cetakan untuk dikumpulkan. Masalah ini bisa terjadi ketika di mana printer sedang memproses pencetakan, dan waktu tersebutlah adanya garis pada hasilnya. Bagian - bagian penting seperti cartridge, tinta dan lainnya bisa menjadi salah satu pemicunya.

Baca : Cara Reset Printer Epson L120 secara Manual dan Dengan Software

Apabila anda saat ini tengah mengalami permasalahan seperti ini anda harus tetap tenang. Sebab sesaat lagi kita akan mencoba membahas cara mengatasi printer bergaris. Sebelum melakukan semua itu, anda perlu memperhatikan beberapa penyebab dari permasalahan ini. Dengan begitu, anda bisa menentukan bagian apa yang salah sehingga menimbulkan garis pada hasil cetakan. Bila anda tidak mengetahui penyebabnya berikut ini beberapa penyebab printer bergaris.

  • Tinta printer yang sudah mau habis atau menggumpal
  • Terjadi kesalahan pada selang infus tinta dan cartridge
  • Adanya kotoran pada head cartridge
  • Terjadi kealahan pada software printer pada pc
Nah, itu penyebab yang sering terjadi sehingga membuat hasil printer menjadi bergaris - garis. Setelah anda cukup mengetahui apa saja penyebab permasalahan ini, berikutnya pada titik solusi yaitu cara mengatasi printer bergaris. Apabila kalian sudah tidak sabar, langsung saja ke beberapa solusinya.

1. Membersihkan Bagian Encouder

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk cara mengatasi printer bergaris yaitu dengan membersihkan pada bagian encouder printer. Encouder sendiri merupakan sebuah bagian berupa mika yang berada di belakang cartridge yang mana bagian ini berfungsi sebagai sensor. Karena bagian ini berfungsi sebagai sensor maka sedikit saja terdapat kotoran dapat berpengaruh pada hasil printer nantinya.

Jadi langkah pertama, silakan anda membersihkan bagian sensor printer atau encouder. Anda bisa membersihkan sensor menggunakan selembar tisu, lakukan pembersihan secara perlahan. Namun, jika anda punya kemampuan untuk melepasnya, anda bisa merendamnya dengan air dan membersihkannya. Setelah sudah pasti bersih anda bisa mengeringkannya sebelum di pasang kembali.

2. Meredam Cartridge pada Air Hangat

Salah satu penyebab hasil print bergaris yaitu terjadi pengumpalan pada tinta printer sehingga berpengaruh pada hasil printer. Menggumpalnya tinta pada cartridge biasanya disebabkan terlalu lama tidak digunakan sehingga akan mengendap dan menjadi kental, alhasil tinta sulit keluar. Masalah tinta yang menggumpal tidak hanya menyebabkan hasil print yang bergaris, melainkan juga membuat hasil print buram, tidak begitu jelas bahkan tidak mencetak apapun.

Apabila titik permasalahanya pada hal ini anda hanya perlu merendam cartridge pada air hangat. Caranya cukup sederhana yaitu anda hanya perlu melepasnya dan merendam bagian head cartridge pada air hangat. Ada cukup merendam bagian head, lakukan selama beberapa menit hingga tinta benar - benar mencair kembali. Apabila sudah pasang kembali, sebelum itu keringkan terlebih dahulu. Untuk mencegah masalah ini terjadi kembali, usahakan menggunakan printer 1 kali sehari meskipun hanya beberapa lembar saja.

3. Membersihkan Tinta dari Cartridge

Sebelumnya masalah yang ada adalah tinta yang mengumpal. Setelah anda merendam cartridge ke dalam air hangat kemungkinan besar tinta akan kembali cair kembali. Namun, apabila masih menimbulkan kesalahan. Bersihkan tinta yang ada di dalam cartridge hingga benar - benar habis. Tinta yang mengumpal pada cartridge sangat tidak baik, jadi usahakan untuk menyedot tinta hingga kosong. Apabila tidak dibersihkan secara menyeluruh, bisa menimbulkan kerusakan kembali pada hasil print sebab masih ada tinta yang mengumpal.

Cara mengatasi printer bergaris yaitu dengan menyedotnya. Caranya yaitu silakan anda ambil sebuah suntikan yang biasa digunakan untuk mengisi tinta pada cartridge. untuk melakukannya, silakan anda masukan suntikan seperti anda mengisi tinta. Namun, anda harus melakukannya secara terbalik ketika mengisi. Sedot tinta hingga benar - benar habis atau kosong. Setelah habis anda bisa mengisi kembali tinta yang baru, dan pakai print paling tidak sehari sekali entah itu 1 lembar sekalipun.

4. Melakukan Peningkatan pada Kualitas Print

Sering kali ketika anda ingin melakukan printer terhadap sebuah dokumen anda lebih memilih untuk menurunkan kualitas print. Tingkat sedang atau rendah menjadi pilihan, sebab bisa menghemat penggunaan tinta printer sehingga lebih awet. Memang iya akan lebih awet, namun hasil print akan tidak bagus atau bisa dibilang cukup buruk. Parahnya, pemilihan tingkat sedang atau rendah bisa menyebabkan hasil print menjadi bergaris, sehingga hasil print tidak bisa digunakan.

Solusi dari hasil print bergaris ini yaitu cobalah anda untuk meningkatkan kualitas dari hasil print ketika ingin melakukan print pada sebuah dokumen. Ketika mau melakukan print cobalah cek kualitas hasil print, untuk mendapatkan hasil yang baik, cobalah untuk meningkatkan sedikit kualitas print. Dengan begitu hasilnya pun akan lebih baik, dan garis - garis yang menghalangi tidak ada lagi. Menerapkan tips ini kemungkinan besar akan mengakibatkan proses print lama dan boros tinta.

5. Melakukan Pembersihan Head Cartridge

Printer - printer yang saat ini telah beredar di tengah masyarakat memang sudah memiliki mesin yang cukup canggih. Hal ini terbukti ketika ada sebuah permasalahan sedikit maka di situlah ada titik solusi. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi printer yaitu hasil print yang bergaris. Sering kali ini disebabkan oleh bagian cartridge, di mana bagian ini merupakan wadah dari tinta yang akan mencetak dokumen milik anda. Salah satu solusi cara mengatasi printer bergaris yaitu melakukan head cleaning.

  • Pertama, silakan anda pilih menu windows pada hompage laptop anda
  • Setelah itu, pilih menu control panel dan di lanjut memilih menu hardware and sound
  • Setelah menuju hardware and sound silakan anda memilih menu devices and printer
  • Di sini untuk melakukan head cleaning, silakan anda pilih cleaning atau deep cleaning
  • Nanti, pc atau laptop akan secara otomatis melakukan cleaning pada head
Nah, itulah beberapa tahap melakukan head cleaning untuk mengatasi hasil print yang bergaris. Cukup mudah untuk melakukan cara ini, bahkan tips ini bisa dilakukan di semua perangkat windows apapun, jadi ketika anda mendapatkan masalah hasil print bergaris bisa melakukan tips ini.

6. Mengganti Cartridge pada Printer

Berbagai masalah yang ada di printer kebanyakan berasal dari bagian cartridge. Bagian ini memiliki fungsi untuk menampung tinta yang akan digunakan untuk mencetak sebuah dokumen nantinya. Apabila ada kesalahan sedikit pada cartridge bisa menyebabkan hasil print yang buruk salah satunya bergaris. Apabila anda tengah mengalami hal ini tentunya perlu melakukan pembenahan terhadap printer yang anda miliki dengan tips - tips sebelumnya.

Apabila semua tips di atas tidak bisa mengatasi masalah anda, maka solusi yang bisa anda ambil anda dengan membeli cartridge baru. Cartridge rentang terhadap kerusakan entah itu terlalu sering memakai bahkan jarang sekalipun. Pada dasarnya masalah yang terjadi tidak sepenuhnya terletak pada cartridge itu sendiri melainkan pada bagian lainnya, salah satunya tinta. Jadi sebelum memastikan untuk membeli, coba cek kualitas tinta milik anda. Kemungkinan ada tinta yang menggumpal sehingga merusak hasil print.

7. Lakukan Pengecekan Infus

Cara yang ini di khususkan terhadap printer yang menggunakan botol infus untuk menyimpan tinta warna yang akan digunakan. Botol infus ini nantinya akan mengirimkan tinta ke cartridge yang mendistribusikan menjadi sebuah cetakan. Karena bukan cartridge yang berfungsi menyimpan tinta, jadi ketika ada masalah hasil print yang kurang baik yang harus diperhatikan adalah botol infus. Jadi sebagai cara mengatasi printer bergaris yaitu dengan mengecek infus.

Di sini yang perlu anda perhatikan untuk mengecek botol infus terletak pada saluran atau aliran yang ada. Saluran inilah yang nantinya akan menuju ke cartridge, apabila ada kesalahan sedikit pada saluran atau aliran maka hasil print bisa kacau. Jadi coba cek pada selang yang mengalir, apakah baik atau tidak. Anda juga bisa melakukan pembersihan terhadap selang sehingga proses aliran dapat berjalan lancar. Apabila sudah benar - benar bersih pasang kembali dengan benar.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi printer bergaris yang bisa anda lakukan di rumah sebelum membawa printer ke tepat service. Cukup mudah bukan, memang pada dasarnya kesalahan yang terjadi sangat sering pada cartridge. Selain itu tinta yang menggumpal menjadi faktor terjadinya garis pada hasil print. Lakukan cara - cara di atas dengan baik kemungkinan besar hasil print anda kembali normal. Sekian artikel yang bisa kami berikan semoga bisa menambah wawasan buat anda semuannya.

0 Response

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel