Cara Mengatasi Baterai Kembung pada Perangkat Smartphone

Cara Mengatasi Baterai Kembung

Cara mengatasi baterai kembung - Baterai kembung menjadi salah satu masalah yang sering di alami oleh perangkat mobile. Perangkat mobile memiliki sumber daya dari sebuah baterai yang di simpan di dalam perangkat. Baterai di sini biasanya telah memiliki batasan jumlah daya yang tersimpan. Ketika daya baterai yang ada pada mobile telah habis, maka anda bisa mengisi ulang kembali daya yang ada. Dengan begitu anda bisa mengoperasikan kembali perangkat mobile yang anda miliki.

Perangkat mobile atau smartphone untuk era modern saat ini memang sudah banyak digunakan, bahkan menjadi pilihan pertama untuk perangkat komunikasi. Di dalam perangkat mobile ini banyak fitur - fitur yang bisa digunakan sehingga bisa membantu penyelesaian pekerjaan. Pada dasarnya perangkat mobile merupakan gabungan dari berbagai perangkat elektronik dan kegiatan lainnya. Contohnya telepon yang mana dulunya hanya bisa dilakukan dengan telepon rumah atau telepon umum namun sekarang sudah berganti.


Cara Mengatasi Baterai Kembung pada Perangkat Smartphone


Berbicara soal masalah yang sering terjadi pada perangkat mobile, kerusakan pada baterai menjadi salah satu masalah yang sering terjadi. Ada berbagai masalah sebenarnya yang bisa terjadi pada baterai seperti cepat habis atau boros, baterai kembung, bocor dan lainnya. Permasalahan ini diakibatkan oleh berbagai faktor diantaranya yaitu perilaku penggunaan yang salah terhadap perangkat mobile tersebut. Pada pembahasan kali ini akan berlanjut mengenai masalah baterai kembung pada smartphone.

Baterai kembung merupakan sebuah kondisi di mana baterai yang pada dasarnya rata tidak menonjol tiba - tiba terjadi tonjolan seperti hamil. Apabila sudah begini maka baterai tersebut sudah dipastikan tidak baik lagi. Bahkan jika ini sudah terjadi kemungkinan besar casing belakang atau penutup tidak bisa digunakan karena terganjal oleh baterai yang kembung tadi. Apabila anda tengah mengalami peristiwa tersebut pada perangkat mobie anda, berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi baterai kembung pada smartphone.

1. Tidak Menchargernya Kembali

Baterai yang sudah mengalami kondisi kembung, jangan dipaksakan untuk dilakukan pengisian daya. Apabila tetap dipaksa untuk dilakukan pengisian, bisa - bisa baterai akan lebih besar dan bisa mengalami ledakan. Ada banyak kasus terjadi ledakan yang disebabkan oleh baterai smartphone, dan dampaknya pun tidak main - main bisa melukai seseorang. Bahkan ledakan yang terjadi bisa sangat besar. Ketika anda melakukan pengisian daya pada baterai ada reaksi kimia yang menghasilkan gas, dan membuat baterai menjadi kembung.

Baca Juga : Penyebab Baterai Bocor pada Smartphone, Kamu Harus Tahu

Baterai yang terus menerus di isi dayanya akan mengakibatkan gas akibat reaksi kimia dalam baterai bertambah. Setelah menggembung akibat gas terlalu banyak, lama - kelamaan akan meledak. Oleh karena itu ketika baterai perangkat smartphone anda dikira dalam kondisi kembung segera untuk melepas charger yang menempel. Hal ini untuk mencegah terjadi hal - hal yang tidak diinginkan lainnya. Setelah itu semua dilakukan lanjut ke langkah berikutnya ya.

2. Copot Baterai dari Perangkat Smartphone

Setelah anda tidak mencharger atau mengisi daya pada baterai perangkat mobile anda, langkah selanjutnya adalah melepasnya. Mengapa ini dilakukan, sebab ketika baterai pada posisi panas, bisa merusak komponen atau hardware yang ada di bawahnya baterai. Atau tidak, ketika anda memaksa untuk memasang penutup baterai bagian belakang smartphone, malahan bisa menekan komponen dan alhasil bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada komponen lainnya.

Baterai yang mengembung biasanya memiliki besar yang tidak menentu, mungkin pada awalnya memiliki ukuran yang cukup kecil. Namun, apabila ini dibiarkan dan dilakukan pengisian daya setiap hari. Maka, ukuran tersebut akan berubah. Bahkan perubahan itu sangat mencolok, dan bisa berakibat kerusakan yang lebih parah. Jadi ketika sudah tahu baterai kembung sangat besar, cara mengatasinya adalah melepas dari perangkat dan meletakkan baterai di tempat yang baik. Jangan buang baterai sembarangan ya.

3. Mengganti Baterai untuk Perangkat

Dari mulai membiarkan untuk tidak menchargernya dan melepaskannya dari perangkat mobile langkah terakhir adalah menggantinya dengan baterai yang baru. Pada dasarnya baterai yang sudah menggembung tidak bisa diperbaiki kembali. Apabila anda memaksa dengan menusuk daerah yang kembung malahan itu tidak baik. Sebab reaksi kimia pada baterai akan terus menghasilkan secara terus menerus ketika dilakukan pengisian daya. Bahkan dengan melakukan berbagai cara maka, hasilnya akan dipastikan nihil.

Jadi langkah terbaik sebagai cara mengatasi baterai kembung adalah dengan menggantinya ke baterai yang baru. Namun, jangan asal membeli baterai ya pastikan untuk membeli yang asli supaya kualitasnya terjamin. Dengan begitu baterai anda akan lebih awet dan lebih tahan terhadap berbagai masalah. Jika anda tetap memaksa membeli yang murah dan tidak original kemungkinan besar akan berisiko terkena banyak masalah. Setelah membeli pasang kembali pada perangkat secara benar ya.

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi baterai kembung yang bisa anda lakukan di rumah atau di mana pun anda berada. Cara di atas merupakan cara paling tepat dan rekomendasi buat anda sebagai mengatasi masalah baterai kembung yang tengah anda alami saat ini. Tidak cara untuk memperbaiki baterai yang kondisinya kembung, yang ada hanyalah menggantinya dengan yang baru. Cara ini merupakan langkah terbaik, jika memaksa menggunakan baterai kembung bisa - bisa baterai nya nanti meledak.


Penyebab Baterai Kembung pada Perangkat Smartphone


Setelan anda mengetahui beberapa cara mengatasi baterai kembung di atas, sepatutnya anda mengetahui juga beberapa penyebabnya. Apabila anda tidak mengetahui sebab - sebab terjadinya baterai kembung, kemungkinan besar masalah ini akan terulang kembali. Nah, apabila anda tidak mengetahui penyebab dari masalah ini. Berikut beberapa penyebab baterai menjadi kembung pada perangkat smartpone.

Pada dasarnya penyebab baterai berubah menjadi kembung adalah perilaku - perilaku yang sering anda kerjakan. Apa sajakah perilaku itu, yaitu melakukan pengisian daya yang dibiarkan terlalu lama hingga berjam - jam. mengoperasikan perangkat smartphone ketika dilakukan pengisian daya, meletakkan perangkat di tempat yang memiliki suhu yang tidak wajar atau terlalu ekstrim seperti terlalu panas atau dingin. Itu semua akan menimbulkan reaksi kimia yang berlebihan pada dalam baterai.

Nah itu saja beberapa penjelasan yang bisa kami berikan dari mulai cara mengatasi masalah baterai kembung dan beberapa faktor yang menyebabkan masalah ini terjadi. Coba rawat dengan baik - baik baterai pada perangkat smartphone milik anda, sehingga masalah seperti ini tidak akan terjadi kembali di lain waktu. Sekianlah artikel ini, semoga bisa menambah wawasan anda mengenai teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...