Cara Membersihkan Sampah Di Laptop Semua Windows

Cara Membersihkan Sampah Di Laptop Semua Windows
Share
cara membersihkan sampah di laptop

Cara membersihkan sampah di laptop - File - file yang tidak berguna atau sampah memang sangat mengganggu untuk berbagai perangkat seperti laptop. File - file sampah ini sangat mengganggu sebab bisa menurunkan performa laptop menjadi lebih buruk. Selain itu, file ini malahan hanya akan memenuhi memori pada laptop anda. Alhasil ketika hendak menyimpan dokumen penting, tiba - tiba muncul peringatan bahwa memori anda telah penuh. Dan hal itu bisa disebabkan oleh file sampah tersebut.

Laptop kalau dilihat - lihat menjadi salah satu perangkat yang banyak menyimpan berbagai file sampah, sebab laptop sering digunakan untuk berbagai keperluan. Mengunduh dokumen yang tidak diketahui isinya sering kali terdownload secara otomatis tanpa anda sadari. Hal inilah yang membuat laptop menjadi sarang para file - file sampah. Apabila file - file seperti ini didiamkan selama beberapa waktu tanpa ada tindakan untuk membersihkan, maka kemungkinan besar laptop anda akan dipenuhi dengan file yang tidak berguna.


Cara Membersihkan Sampah Di Laptop Biar Performa Tetap Terjaga


Permasalahan dengan file sampah memang tidak boleh dibiarkan, apabila dibiarkan sedikit - demi sedikit laptop anda akan mengalami penurunan performa. Meskipun penurunan yang terjadi tidak terlalu signifikan. Oleh karena itu, anda perlu melakukan sebuah tindakan cara membersihkan sampah di laptop supaya tidak membebani laptop anda. Tindakan seperti ini diperlukan untuk menjaga performa di berbagai sistem operasi laptop entah itu windows 7, 8, 10, XP, atau sistem operasi lainnya.

Baca Juga : Penyebab Baterai Bocor pada Smartphone, yang Peru Kamu Tahu

Untuk melakukan tips cara membersihkan sampah di laptop bisa dilakukan oleh semua orang, sebab caranya sangat mudah. Cara - caranya ada beberapa dari mulai menggunakan peralatan pihak ke tiga atau software atau pun secara manual tanpa software apapun. Kedua cara tersebut sama - sama mudah dilakukan, apabila anda kebingungan cara membersihkan file sampah dar laptop anda, berikut ini beberapa penjelasan yang bisa mengatasi masalah anda.

1. Memanfaatkan Fitur Run

Langkah pertama yang bisa anda gunakan untuk menghapus sampah - sampah pada laptop adalah dengan memanfaatkan fitur Run pada laptop. Dengan perintah Run ini anda bisa menghapus file sampah dengan cepat, alhasil laptop anda akan terbebas dari beban sampah yang ada. Untuk caranya, berikut ini beberapa tahap - tahapnya.

  • Pertama, pastikan laptop anda pada mode dekstop atau home
  • Sudah mode dekstop, kemudian anda perlu menekan kombinasi antara tombol windows + R secara bersamaan
  • Maka akan muncul pop up baru berisi perintah Run, silakan anda isi kolom dengan ini %temp% lalu tekan enter
  • Di sini anda akan dialihkan ke dalam sebuah rile - file temporari, silakan anda hapus semuanya.
  • Akan ada beberapa file yang tidak terhapus, karena masih berjalan di layar belekang
  • Maka silakan anda pilih skip, dan menghapusnya kembali
  • Di atas berfungsi untuk menghapus file - file temporari aplikasi, selanjutnya adalah file temporari windows
  • Buka kembali perintah Run, dengan menekan tombol windows + R
  • Untuk pada kolom yang kosong silakan isi dengan temp lalu tekan enter
  • Anda akan segera dialihkan ke file - file direktori windows, silakan anda hapus semua file yang ada
  • Silakan anda kelur dan menuju ke recycle bin untuk menghapus file - file sebelumnya
  • Di recycle bin, silakan anda menghapus semua file dengan menekan empty recycle bin
2. Menggunakan Disk Cleanup

Di dalam laptop pada dasarnya ada sebuah fitur yang bisa membantu anda untuk membersihkan file - file sampah yang bersarang di laptop anda. Selain fitur perintah Run ada juga disk cleanup. Fitur ini akan membantu anda membersihkan dari berbagai file sampah entah itu cache, temporari, recycle bin dan lainnya. Untuk caranya bisa anda baca di bawah ini.
  • Untuk menggunakan fitur tersebut, silakan anda tekan windows lanjut all program lanjut accesories lanjut system tools dan terakhir pilih disk cleanup
  • Setelah memilih disk cleanup akan ada pop up, silakan anda pilih drive C dan tekan ok
  • Proses scanning akan berlangsung, silakan anda tunggu hingga selesai
  • Setelah selesai, silakan tekan centang pada file yang hendak dihapus
  • Setelah terpilih, tekan ok untuk melanjutkan pembersihan
  • Ketika hendak menghapus file ada sebuah peringatan silakan anda tekan delete files
  • Selesai, sampai tahap ini anda telah menghapus file sampah pada laptop anda
3. Aplikasi CCleaner

Cara yang ketiga untuk cara membersihkan sampah di laptop adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu aplikasi CCleaner. Aplikasi ini memang diperuntukkan untuk menghapus file - file yang di rasa sudah tidak berguna. Dengan begitu laptop anda bisa terbebas dari file sampah. Untuk cara bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.
  • Sebelum melakukannya, silakan anda mengunduh dan menginstal aplikasi CCleaner
  • Setelah itu silakan jalankan aplikasi tersebut
  • Setelah terbuka pilih file - file yang hendak dihapus nantinya
  • Sebelum menghapus klik analyze supaya sistem menganalisis terlebih dahulu
  • Selesai menganalisis, silakan anda tekan tombol Run Cleaner untuk menghapus file - file tersebut
  • Pada tahap ini anda sudah selesai menghapus file sampah
Nah itulah beberapa cara membersihkan sampah di laptop yang bisa anda lakukan pada laptop anda. Cukup mudah bukan, untuk menghapus dan membersihkan laptop dari file tidak berguna, dengan hanya beberapa langkah anda sudah bisa membersihkannya. Anda bisa memilih mau menggunakan cara manual dari dekstop itu sendiri atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dari kedua cara memang memiliki kemudahan yang hampir sama.

Cara membersihkan laptop agat tidak lemot


Penggunaan laptop biasa diperlukan ketika sedang terburu - buru atau pun ketika waktu sempit. Dibandingkan komputer, laptop lebih cepat dalam menghidupkannya serta lebih fleksibel ketika digunakan. Karena sering digunakan ketika terburu -  buru maka, spesifikasi laptop juga harus cepat. Namun sayang, semakin lama usia penggunaan laptop sering kali semakin lambat performanya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa laptop yang kita gunakan berubah menjadi lambat. Salah satunya adalah banyak-nya file - file yang sudah tidak berguna alias sampah. Ketika itu dibiarkan terus menerus, kemungkinan besar performa dari laptop akan semakin menurun. Penyebab lainnya juga banyak, dan dibawah dijelaskan beberapa cara membersihkan laptop agar tidak lemot.

1. Pembersihan dekstop

Kebanyakan orang yang mungkin benar - benar sibuk sering kali menaruh file atau aplikasi di dekstop. Padahal, semakin banyak file atau aplikasi yang berada di dekstop akan mempengaruhi laptop. Apabila kita mendapati laptop kita memiliki performa yang lemot disertai banyaknya file di dekstop. Maka, solusinya adalah membersihkan file atau aplikasi di layar depan tersebut. Bersihkan dari file yang tidak terlalu berguna dan biarkan tersimpan di dokumen.

2. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan

Dulu kita pernah mengunduh dan memasang sebuah aplikasi atau pun file di dalam laptop kita. Namun, sekarang sudah tidak dipakai dan kita biarkan begitu saja di dalam laptop. Perlu anda ketahui, semakin banyak file yang tersimpan akan berdampak buruk. Salah satunya adalah lemot, untuk solusinya adalah menghapus semua aplikasi yang terpasang khususnya yang sudah tidak diperlukan.

3. Menghapus file temp atau temporary

Pasti disebagian kita belumbanyak yang tahu soal file temp atau temporary file. File temp adalah sebuah file yang terbentuk dari proses pembuatan sebuah file yang sedang dibuat. Setelah selesai, biasanya file ini akan terhapus dengan sendirinya. Namun, sering kali ada file - file sementara tersebut yang tidak ikut terhapus. Solusinya, kita bisa menghapus file tersebut dengan bantuan aplikasi CCleaner. Petunjuk bisa ikuti langkah di atas.

4. Memperhatikan ruang penyimpanan laptop

Kita sebaga pengguna tentu akan selalu menyimpan seuatu yang mungkin kita minati. Tanpa sadar, disk space atau ruang penyimpanan sering kali terisi penuh hingga tidak bisa diisi kembali. Padahal dengan memberikan ruang yang cukup bisa menjaga performa tetap baik. Jadi, ketika ruang sudah penuh sesak dan laptop lemot. Segera hapus beberapa file yang tidak berguna untuk memberikan ruang kosong.

Jadi tunggu apalagi, bersihkan file - file sampah d laptop anda sesegera mungkin. Supaya laptop anda tidak dibebani dengan adanya file tidak berguna. Silakan anda menggunakan salah satu cara di atas, sebab dengan 1 cara saja sudah efektif membersihkan laptop anda. Sekianlah artikel mengenai cara membersihkan sampah di laptop, semoga bisa menambah wawasan anda dan mengatasi masalah yang tengah anda miliki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel