Cara Agar Anak Mau Makan Nasi dan Minum Susu, Supaya Badan Tetap Sehat

Cara Agar Anak Mau Makan Nasi dan Minum Susu, Supaya Badan Tetap Sehat
Share
Cara Agar Anak Mau Makan

Cara agar anak mau makan - Asupan makanan yang cukup memang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Apalagi untuk seusia anak - anak, mereka sangat membutuhkan asupan makanan yang cukup supaya pertumbuhannya tetap terjaga. Memang ketika usia anak entah itu anak usia di bawah 7 - 10 tahun, tengah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Seluruh bagian tubuh seorang anak akan berkembang pesat, terutama pada anak perempuan dari pada anak laki - laki.

Asupan makanan yang berkualitas, maksudnya makanan yang mengandung berbagai jenis gizi yang memang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Jadi tak khayal bila semua orang tua memaksa supaya anak tetap mau makan. Nah, di sinilah tantangan menjadi orang tua, harus siap berbagai cara untuk membuat anaknya tetap mau makan. Ada beberapa anak yang memang tidak suka atau enggan makan. Padahal asupan makanan sangat dibutuhkan, jadi apa yang akan terjadi bila anak tidak mau makan?


Cara Agar Anak Mau Makan Nasi dan Minum Susu, Supaya Badan Tetap Sehat


Jika anak tidak mau makan, bisa - bisa anak mengalami gangguan pertumbuhan akibat tidak terpenuhinya asupan gizi bagi tubuh si anak. Anak yang sudah benar - benar tidak mau makan, diharuskan untuk tetap diajak untuk makan hal ini supaya ia tetap bisa tumbuh dengan baik. Memang akan agak sulit ketika mengajak si kecil untuk makan entah itu nasi, sayur, buah atau makanan lainnya. Diperlukan kemampuan yang baik, serta strategi yang bagus supaya anak mau makan.

Apabila anak tengah mengalami masalah enggan makan, sebaiknya anda segera melakukan beberapa cara yang bisa membuat anak tergugah selera untuk makan. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan sebagai orang tua, apabila anda bingung bagaimana cara agar anak mau makan. Berikut ini kami akan berikan beberapa tips yang bisa anda terapkan terhadap si kecil. Sehingga anak anda akan kembali lahap ketika di ajak untuk makan.

1. Membuat Jadwal Makan untuk Si Kecil

Menjadwal semua kegiatan makan, bisa menjadi salah satu solusi cara agar anak mau makan. Menerapkan jadwal makan bagi si kecil sejak dini, akan membantu ia untuk mengerti waktu - waktu untuk makan. Jadi, seumpama anak mulai merasa lapar maka si kecil akan dengan kesadaran diri akan mengetahui jadwal makan. Sehingga ketika anak susah di ajak untuk makan, mereka bisa tahu sendiri jadwal - jadwal di mana ia harus makan. Memang awal mulanya akan sedikit sulit, sebab mereka belum terbiasa.

Namun, jika susah dilakukan secara rutin setiap harinya. Maka masalah anak susah makan akan segera teratasi. Menerapkan pola penjadwalan makan kepada si kecil, secara tidak langsung juga akan berdampak hingga dewasa nantinya. Jadi, ketika sudah tiba waktunya makan maka mereka tahu apa yang harus dilakukan. Hal pertama yang bisa anda lakukan sekarang adalah menerapkan pola makan yang terjadwal, dengan begitu anak akan mudah mengingat waktu makan yang tepat.

2. Jangan Terlalu Memaksa ketika Mengajak Makan

Cara - cara tradisional seperti memaksa untuk saat ini sudah mulai tidak efektif. Bagaimana tidak? banyak anak - anak yang sudah cerdas untuk menolak ajakan tersebut. Bahkan, mereka bisa memberikan alasan - alasan yang membuat mereka enggan untuk makan. Apalagi ketika era modern seperti ini, anak malah lebih memilih gadget dari pada makan. Jadi sekarang tinggalkan cara memaksa, untuk menyuruh anak makan. Sebab cara ini sudah mulai tidak efektif. Lalu, apa solusinya?

Membujuk lebih lembut, menjadi solusi yang lebih baik. Ketika anda menawarkan makanan kepada si kecil namun ia menolak, cobalah untuk tidak langsung memaksa. Di sini anda bisa bertanya kepada anak, mengapa anak tidak mau makan. Selain itu, anda bisa membuat makanan lainnya yang lebih disukai si kecil. Dengan begitu si kecil akan lebih mudah makan dan tidak sulit untuk di ajak maka. Jadi cara agar anak mau makan yaitu dengan membujuk anak lebih lembut dan tetap tenang.

3. Membuat Variasi Menu Makanan, Biar tidak Bosan

Anak, sekarang ini sangat mudah sekali untuk memilih - milih makanan yang ada. Sehingga anda sebagai orang tua harus pintar - pintar membuat variasi menu makanan untuk si kecil. Jika anda memberikan menu makanan yang itu - itu saja, bisa jadi malah membuat anak menjadi cepat bosan. Yang pada akhirnya, anak malah enggan makan karena bosan dengan menu yang itu - itu terus. Jadi cobalah untuk membuat kreasi dari bahan - bahan yang ada dari mulai sayur, buah dan lainnya.

Baca juga : Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak Supaya Cepat Sembuh

Ada banyak hal yang bisa anda kreasikan dari mulai rasa, menu makanan, tampilan dan lainnya. Hal ini, supaya menggugah rasa penasaran anak terhadap menu makanan yang anda siapkan bagi si kecil. Dengan begitu secara tidak langsung anak akan mecobanya, dan lama - lama menghabiskan makanannya. Memang terlihat cukup sederhana, tapi cara ini sangat efektif loh.Oleh karena itu, cara agar anak mau makan adalah dengan membuat variasi makan yang banyak dan bisa membuat rasa penasaran anak.

4. Porsi besar? Coba Buatkan Porsi Kecil Saja

Jumlah porsi makanan bisa juga mempengaruhi selera makan si kecil loh. Memberikan porsi yang terlalu besar, malahan bisa membuat anak enggan untuk memakannya. Sebab, mereka merasa akan terlalu lama untuk menghabiskannya alhasil ditengah - tengah makan mereka merasa bosan. Maka dari itu, cobalah untuk memberikan porsi yang lebih kecil kepada anak. Jangan terpaku langsung memberikan menu makanan yang lengkap seperti nasi, lauk pauk, sayur, buah dan lainnya.

Di sini anda bisa membuat variasi menu yang lebih kecil dari pada sebelumnya. Bagaimana caranya? Coba deh membuat menu makan dari satu macam bahan seperti jam segini makan buah, berikutnya makan nasi dan lauk, berikutnya sayur dan seterusnya. Dengan begini nantinya anak akan lebih bersemangat karena disajikan dengan porsi yang kecil. Bahkan cara ini akan lebih disukai oleh anak - anak, dibandingkan harus mengkonsumsi makanan yang banyak sekaligus.

5. Menyajikan dengan Peralatan Kesukaan Anak

Setelah anda membuat menu yang bervariasi untuk si kecil, namun masih saja enggan untuk makan. Coba berikan dia peralatan makan yang khusus atau yang mereka sukai. Menyajikan makanan dengan peralatan yang anak sukai, bisa menumbuhkan nafsu makan sehingga membuat si kecil lahap untuk makan. Selain bisa menambah nafsu makan, memakai peralatan kesukaannya bisa membuat suasana hati si kecil bisa menjadi lebih menyenangkan dari pada sebelumnya.

Anda bisa mengajak si buah hati anda untuk memilih sendiri peralatan yang hendak digunakan. Anda bisa memberikan peralatan yang penuh warna entah itu karakter, sehingga bisa membuat semangat anak terpacu. Jangan pakai sendok biasa, mungkin hal itu bisa membuat dia bosan karena tidak terlalu menari buatnya. Jadi di sini berikanlah hal - hal yang menarik, entah itu tempat makannya, sendoknya, mejanya, kainnya dan masih banyak lainnya. Buat yang semenarik mungkin ya!

6. Memberikan Suasana Makan yang Menyenangkan

Pada umumnya ketika menyuapi si kecil hanya dilakukan secara tenang, diam dan cenderung membosankan. Cobalah untuk merubah hal tersebut, bila anak sedang tidak mau di ajak makan. Anda sebagai orang tua harus bisa membuat suasana makan yang lebih menyenangkan. Lakukan berbagai cara supaya menjadi lebih tertarik untuk makan. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan dari mulai bercerita, mengajak main sambil makan, memberikan imajinasi kreatif dan lainnya.

Melakukan hal - hal seperti ini bisa membuat mereka tidak sadar kalu sedang makan, dan tiba - tiba makanan akan segera habis. Ketika anak tidak mau makan, janganlah untuk langsung memarahinya. Sebab, kondisi seperti ini malah akan memperburuk suasana hati si kecil. Alhasil anak malah tambah enggan untuk makan. Jadi, awal berikan ia suasana yang baik tanpa memberikan tekanan yang berarti pada anak. Suasana menjadi kunci kesuksesan dalam mengajak buah hati untuk makan.

7. Ajarkan Kebiasaan Makan Bersama

 Salah satu yang menjadi penyebab anak enggan untuk makan adalah tidak ada teman yang sama - sama sedang makan. Dari sini, anda bisa mulai mengajarkan untuk melakukan prosesi makan dengan bersama - sama keluarga. Biasanya, buah hati akan lebih bersemangat untuk melahap semua makanan. Sebab si kecil tahu bahwa ada orang - orang yang sama tengah makan bersamanya. Suasana ceria yang timbul akibat makan bersama, juga menjadi kunci dari anak lebih semangat makan.

Lagi - lagi di sini membicarakan suasana, memang suasana menjadi kunci sukses dalam hal mengajak anak untuk makan. Suasana yang menyenangkan dan ceria bisa membuat mood anak menjadi lebih baik. Berbeda halnya bisa suasananya dipenuhi dengan marah - marah, emosi malahan bisa membuat hati anak menjadi malas. Jadi ketika anda sedang enggan mau makan, maka cara agar anak mau makan yang bisa anda lakukan adalah menciptakan suasana hati yang baik.

Nah itulah beberapa cara agar anak mau makan yang bisa anda coba di rumah. Dengan menerapkan cara - cara yang telah dijelaskan di atas, diusahakan bisa membuat anak menjadi lebih nafsu makan. Ketika si kecil mulai tidak mau makan atau susah makan, coba tanya penyebab mengapa ia tidak mau makan. Dengan begitu anda bisa mengetahui alasan dan tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut. dari cara di atas, hal yang paling mempengaruhi adalah suasana yang ada ketika makan.

Di sini berikanlah suasana yang lebih menyenangkan dan ceria. Ketika mengajak makan anak namun ditolak, cobalah untuk langsung marah melainkan dengan sikap yang lebih ramah. Dengan begitu anak tidak terbebani atau tertekan akan perintah yang anda berikan. Selain itu, coba berikan menu - menu makanan yang lebih bervariasi. Hal ini, untuk mencegah timbulnya rasa bosan pada anak terhadap makanan. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan semoga bisa menambah wawasan anda semuanya.

0 Response

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel