Keuntungan Letak Geologis Indonesia di Berbagai Sektor

keuntungan letak geologis Indonesia

Keuntungan letak geologis indonesia - Letak geologis sebuah negara sangat menentukan kualitas sebuah dataran. Letak geologis ini menggambarkan mengenai bagaimana kondisi dari sebuah wilayah. Dalam letak geologis, hampir semua negara memiliki letak yang berbeda - beda meskipun terdapat beberapa kesamaan. Letak geologis dari sebuah negara dapat berdampak menguntungkan atau pun merugikan.

Indonesia sendiri memiliki letak geologis yang bisa dikatakan cukup menguntungkan. Keuntungan ini mengamati dari letak wilayah Indonesia berdasarkan dari kondisi geologis yang ada. Indonesia terletak di 3 lempeng bumi yang aktif bergerak setiap tahunnya. Lempeng bumi tersebut antara lain adalah lempeng eurasia, lempeng pasifik dan lempeng australia. Ketiga lempeng ini akan terus bergerak dan bisa mengakibatkan gempa sewaktu - waktu.


Keuntungan Letak Geologis Indonesia di berbagai Sektor


Selain lempeng bumi, Indonesia dilingkari dengan berbagai gunung dan disebut sebagai lingkaran cincin api. Kondisi geografi Indonesia yang kepulauan sehingga memiliki luas laut yang sangat besar. Melihat dari letak geologis yang di miliki oleh Indonesia ini, sebenarnya bisa berdampak menguntungkan. Bagaimana tidak, selain menyimpan bencana, gunung api juga mampu membuat tanah menjadi subur. Sehingga tanaman dapat dengan mudah tumbuh dan menjadi lahan hijau.

Keuntungan sekilas lainnya yang di dapat Indonesia dari letak geologis adalah memiliki daratan yang cukup tinggi. Ini disebabkan oleh wilayah Indonesia yang dilewati rangkaian pegunungan mediterania dan sirkum pasifik. Nah itu baru beberapa keuntungan letak geologis Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa keuntungan letak negara Indonesia secara geologis.

1. Memiliki Tanah yang Subur

Keuntungan letak geologis Indonesia yang pertama adalah memiliki tanah yang begitu subur. Suburnya tanah ini dikarenakan adanya gunung api yang aktif di Indonesia. Gunung api ini selain memberi dampak negatif, terdapat pengaruh positif di dalamnya. Abu vulkanik yang dihasilkan oleh gunung berapi ketika meletus mampu mempengaruhi kualitas kesuburan dari sebuah tanah.

Abu vulkanik yang dikeluarkan gunung api bisa menyuburkan tanah karena terdapat unsur hara di dalam abu. Hal ini terbukti dengan banyaknya tanaman hijau disekitar area gunung api. Dengan suburnya tanah, para petani bisa dengan mudah menanam dan menumbuhkan tanaman. Sehingga roda ekonomi di dalam masyarakat bisa bergerak dari mulai tingkat nasional maupun internasional.

2. Flora dan Fauna yang Beragam

Letak geologis dari Indonesia selain mempengaruhi dataran tapi juga mempengaruhi flora dan fauna di dalamnya. Indonesia sendiri memiliki flora dan fauna yang sangat beragam, ini terbukti dengan ada banyak jenis tumbuhan yang hidup di hutan. Sedangkan hewan memiliki beragam spesies dan beberapa belum diketahui jenisnya. Keanekaragaman ini terjadi karena letak Indonesia yang berada di 3 lempeng bumi sekaligus.

3 lempeng ini sangat mempengaruhi flora dan fauna. Wilayah Indonesia bagian timur dilalui oleh lempeng australia, dan ini menyebabkan flora dan fauna di wilayah tersebut memiliki kesamaan pada Australia. Untuk wilayah yang dilalui oleh lempeng eurasia, mengakibatkan flora dan fauna sangat identik dengan yang ada di wilayah Asia. Sedangkan pada wilayah bagian tengah Indonesia memiliki flora dan fauna yang endemik yang hanya ada di Indonesia saja.

3. Pegunungan dan Dataran Tinggi

Di beberapa wilayah Indonesia terkenal memiliki dataran yang tinggi dan pegunungan yang sangat panjang. Letak geologis ini disebabkan oleh faktor geografis Indonesia, yang mana Indonesia dilalui oleh pegunungan sirkum mediterania dan pasifik. Kedua pegunungan tersebut merupakan jenis pegunungan tertinggi di Indonesia, dan jalur pegunungan tidak hanya di Indonesia saja namun beberapa negara lainnya.

Letak geologis Indonesia yang pegunungan tinggi menyimpan banyak kekayaan alam dan mampu bermanfaat bagi kehidupan. Selain itu rangkaian pegunungan yang melintas menyebabkan adanya perbedaan suhu, cuaca meskipun dalam satu wilayah Indonesia. Semakin tinggi, suhu yang ada semakin dingin dan sejuk meskipun Indonesia adalah negara tropis yang dilalui garis khatulistiwa.

4. Sumber Mineral yang Tinggi

Keberadaan 3 lempeng yang sangat aktif mengakibatkan aktivitas tektonik sering terjadi. Kejadian tektonik mengakibatkan bencana berupa gempa, keuntungan lainnya adalah menghasilkan sumber daya mineral yang cukup tinggi. Dengan begitu Indonesia memiliki keuntungan di bidang pertambangan akibat letak geologis Indonesia. Pertambangan yang bisa dilakukan hampir semua jenis tambang bisa di dapatkan.

Penambangan di Indonesia bisa berupa batuan, gas alam, minyak bumi, dan sumber daya alam lainnya. Seharusnya keberadaan keanekaragaman jenis tambang bisa meningkatkan ekonomi dari Indonesia. Jadi keuntungan letak geologis Indonesia begitu banyak dan bisa berupa pertambangan yang kaya. adanya sumber daya tambang seperti ini sangat menguntungkan para Industri yang bergerak pada pertambangan.

5. Sumber Daya Laut yang Berlimpah Ruah

Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan memiliki luas wilayah laut yang sangat besar. Pergerakan tektonik dan 3 lempeng yang ada di bawahnya, mengakibatkan keberagaman ekosistem yang ada di laut. Lautan Indonesia memiliki kedalaman yang sangat beragama ada yang tidak terlalu dalam (dangkal) dan ada pula yang begitu dalam. Dan di sana menyimpan berbagai sumber daya yang bisa menguntungkan.

Keuntungan letak geologis Indonesia pada daerah laut adalah memberikan sumber daya laut yang sangat kaya dari mulai bahan pangan hingga objek wisata. Sumber pangan laut bisa berupa ikan yang sangat beragam jenis. Selain sumber pangan, keindahan laut di Indonesia bisa digunakan sebagai objek wisata. Dengan begitu Indonesia tidak akan pernah kekurangan bahan pangan dari laut.

Letak geologis Indonesia tidak melulu merugikan, terdapat kelebihan di dalamnya. Hal itu dibuktikan dengan beberapa keuntungan di atas. Telah dijelaskan beragam manfaat dari geologis negara Indonesia dari mulai flora dan fauna, dataran, tanah yang subur, sumber daya alam dan laut dan banyak lagi lainnya. Letak Indonesia yang sangat bervariasi dari mulai 3 lempeng bumi, pegunungan mediterania dan cincin api.

Sebelumnya letak geologis memiliki pengertian sebagai sebuah letak suatu wilayah yang dilihat dari susunan batuan di dalam wilayah tersebut. Telah dijelaskan bahwa letak geologis Indonesia dilalui beragam susunan antara lain pegunungan mediterania dan pasifik, 3 lempeng bumi eurasia, pasifik dan australia. Nah itulah penjelasan mengenai keuntungan letak geologis Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel