Cara Reset Printer Epson L120 secara Manual dan Dengan Software


Cara reset printer epson L120 - Printer menjadi salah satu alat elektronik yang sering digunakan dalam bidang perkantoran atau administrasi. Printer sendiri merupakan perangkat yang difungsikan sebagai alat untuk mencetak berkas - berkas sesuai keinginan. Printer tak hanya digunakan untuk perkantoran saja melainkan untuk urusan pribadi bahkan pelajar. Semua itu tak menutup kemungkinan untuk menggunakan printer.

Salah satu jenis printer yang sering digunakan adalah printer epson. Walaupun banyak juga seri yang dikeluarkan printer epson tak jarang printer tersebut mengalami masalah. Masalah yang ditimbulkan pada printer tak jarang memiliki tingkat yang cukup tinggi sehingga harus dilakukan penanganan sesegera mungkin. Salah satu seri printer epson adalah epson L120, di mana seri ini juga tidak luput dari berbagai masalah.


Cara Reset Printer Epson L120 secara Manual dan Dengan Software


Printer epson L120 kadang akan mengalami masalah di mana lampu printer berkedip. Lampu yang berkedip ini sering kali menandakan bahwa terjadi sesuatu hal pada printer. Lampu berkedip sering disebut juga blinking biasa disebabkan minta reset ink atau pun disebabkan waste ink yang sudah mencapai batas maksimal. Untuk permasalahan seperti ini, titik fokus untuk mengatasinya terletak pada softwarenya.

Untuk penanganan permasalahan ini bisa diselesaikan dengan dua cara antara menggunakan software atau pun tidak. Bagi anda yang tengah mengalami masalah terhadap printer epson L120, anda tidak perlu panik. Sebab berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menangani masalah ini. Berikut ini cara reset printer epson tanpa software dan dengan software.

1. Cara Reset Printer Epson L120 Tanpa Software

Cara yang pertama untuk mereset printer epson L120 adalah dengan cara tanpa software apapun. Bagi anda yang enggan untuk repot - repot download software resseter printer, cara ini bisa menjadi solusinya. Pada tahap yang pertama ini, untuk menyelesaikan masalah reset printer epson terletak pada perangkat printer itu sendiri. Lalu bagaimana cara menyelesaikan permasalahan ini? berikut beberapa tahapannya.

  • Silakan anda nyala kan printer epson L120
  • Kemudian tekan tombol resume (logo tinta) pada printer selama 5 detik
  • Setelah tahap di atas, kemungkinan besar lampu tinta tidak menyala (sudah siap digunakan)
  • Apabila belum, coba ulangi tekan tombol resume 5 detik, dilanjutkan 3 detik dan terakhir 1 detik
  • Lakukan secara cepat, biasanya proses ini akan mereset ulang printer
  • Selesai, sekarang anda bisa menggunakan kembali printer epson anda

2. Cara Reset Printer Epson L120 dengan Software Resetter

Sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara mereset ulang printer secara manual. Dan kali ini anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan bantuan software. Cara kedua ini terbilang sangat mudah, anda hanya perlu mengatur sedikit pada software supaya printer bekerja kembali seperti semula. Software yang bisa anda gunakan adalah software adjugment program, dan berikut ini cara menggunakan software tersebut untuk reset printer epson L120.
  • Pertama silakan download software adjugment program di sini
  • Setelah berhasil di download, ekstrak hasil unduhan tersebut
  • Silakan anda klik 2x pada adjprog.exe dan akan terbuka windows baru. Software akan menyesuaikan printer yang terhubung secara otomatis
  • Setelah terbuka pilih menu Particular Adjusment Mode
  • Kemudian silakan anda klik menu maintenance dilanjut memilih waste ink pad counter dan akhirnya klik ok
cara reset printer epson L120

  • Pada windows baru di sini anda akan melakukan reset, caranya pada bagian Main pad counter dan ceklist. Setelah itu klik check tunggu beberapa saat dan lanjut klik Initialize
  • Pada tahap ini, silakan tunggu proses software melakukan pengosongan pada waste ink full printer. Setelah proses selesai silakan klik finish
cara reset printer epson L120

  • Sampai di sini anda sudah berhasil, setelah klik finish silakan anda matikan printer baru kemudian hidupkan kembali
Nah, itulah sedikit cara reset printer epson L120 dengan mudah yaitu dengan software atau pun tanpa software. Cukup mudah bukan untuk memperbaiki masalah printer tersebut dengan hanya melakukan beberapa tahap saja. Apabila anda tidak mau repot dengan cara manual, cobalah menggunakan software sebagai alat bantunya. Untuk software silakan anda unduh dari link yang kami sediakan di atas. Sekianlah artikel ini, semoga bisa menambah wawasan anda mengenai teknologi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Reset Printer Epson L120 secara Manual dan Dengan Software"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel