Penyebab Betis Pegal dan Sakit Serta Cara Mengatasi Betis Sakit


Penyebab betis pegal dan sakit - Memiliki betis yang terasa pegal atau sakit? Rasa pegal yang terjadi di beberapa bagian tubuh manusia bisa terjadi oleh karena beberapa faktor. Sebelumnya, pegal bisa terjadi di hampir semua bagian tubuh seperti tangan, bahu, kaki, paha, betis dan bagian lainnya. Namun, ada kalanya masalah pegal dan rasa sakit terjadi pada bagian betis kaki.

Ini semua buka tanpa sebab, kaki yang sering digunakan untuk berjalan kaki, lari atau aktivitas lainnya bisa membuat kaki terasa pegal. Oh ya, berbicara masalah aktivitas ada banyak sekali kegiatan yang memaksa kaki bekerja dengan keras. Alhasil, ya kaki akan merasakan beberapa masalah. Salah satu contoh dari aktivitas berat tersebut seperti berolahraga dari mulai sepak bola, basket, lari maraton dan lainnya.


Penyebab Betis Pegal dan Sakit serta Cara Mengatasinya


Masalah betis pegal atau terasa sakit sepertinya tidak ada habisnya. Pasalnya, hampir semua orang pernah mengalami gangguan seperti ini entah itu anak - anak atau pun orang tua. Untuk permasalahan ini orang tua adalah usia yang sering mengalami masalah betis pegal maupun sakit. Selain faktor usia, masalah kegiatan yang dilakukan menjadi salah satunya faktornya.

Ketika anda mengalami masalah betis yang pegal dan sakit, biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Dan faktor tersebut sering anda jumpai dalam berbagai kegiatan sehari - hari. Apabila anda pernah mengalami masalah seperti ini, coba anda ketahui penyebab betis pegal dan sakit yang pernah anda derita. Kalau pun anda belum mengetahui berikut ini kami berikan ulasannya buat anda.

Penyebab Betis Pegal dan Sakit


Tak perlu berlama - lama, langsung saja kami sampaikan beberapa faktor dari timbulnya rasa pegal dan sakit pada betis. Nah, bila anda sedang mencari info dari penyebab masalah ini. Berikut ini ulasannya,

1. Varises

Pembesaran pembuluh darah di area kaki atau disebut juga varises menjadi salah satu penyebab betis pegal dan sakit. Nah, pembesaran pembuluh darah (varises) ini, akan terlihat dengan adanya tonjolan - tonjolan yang menyerupai tali. Keadaan seerti ni menjadikan kaki tidak dalam kondisi yang baik, sebab pembuluh yang berada di kaki sudah mulai rusak.

Masalah varises akan berkembang ketika katub pada pembuluh mengalami kerusakan, alhasil darah akan mengalir kembali. Dengan terjadinya hal ini, bisa menyebabkan tidak teratur-nya aliran darah. Kembalinya aliran darah, mengakibatkan otot di sekitar mengalami kram. Kejadian ini, akan berbarengan dengan kaki berdenyut dan rasa sakit yang timbul karena adanya masalah di area pembuluh darah.

2. Neuropati diabetik

Sesuai dengan namanya, penyakit ini sangat berhubungan erat dengan masalah diabetes. Diabetes sendiri adalah sebuah kondisi di mana kadar gula dalam darah memiliki tingkat yang melebihi batas maksimum. Kondisi ini sangat berbahaya, dan saking bahayanya penyakit ini bisa menimbulkan berbagai penyakit atau masalah lainnya. Dan salah satu penyakit yang diakibatkan karena diabetes adalah pegal pada betis.

Diabetes menjadi penyebab betis pegal dan sakit karena adanya kerusakan saraf di sekitar kaki. Kerusakan saraf ini terjadi karena kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi, sehingga membuat saraf - saraf tidak bisa bekerja dengan baik. Apabila sudah begini, masalah yang akan timbul di area kaki diantaranya adalah otot mengalami kram, rasa nyeri pada saraf yang mengalami kerusakan serta masalah otot lainnya.

3. Otot tegang

Kelihatannya masalah otot tegang menjadi penyebab betis pegal dan sakit yang sering di alami oleh sebagian orang. Otot yang tegang pada betis seseorang bisa menyebabkan betis tiba - tiba sakit dan pegal. Oh ya, perlu anda ketahui di area otot betis terdapat bagian yang sering mengalami robek atau terluka. Bagian tersebut adalah Gastronecmius medial yaitu daerah yang sering mengalami luka.

Area ini juga yang sering menyebabkan anda merasa pegal dan sakit di area betis. Bukannya tanpa sebab, luka yang biasa terjadi pada gastronecmius biasa disebabkan oleh adanya tekanan yang berlebih. Dengan adanya tekanan, otot akan berubah menjadi tegang dan jika diteruskan akan menyebabkan robek pada otot. Latihan fisiklah yang sering menyebabkan hal tersebut terjadi seperti lari, sepak bola dan lainnya.

4. Kram Otot

Pernahkah anda mengalami kram otot? Apabila anda pernah mengalaminya pasti anda akan mengetahui bagaimana rasa sakit dan pegal bercampur aduk. Ya, kram otot menjadi penyebab betis sakit dan bekal yang sering di alami oleh hampir semua orang. Kram otot sering terjadi ketika melakukan aktivitas olah raga. Yang mana, sebelum melakukan aktivitas utama tidak melakukan pemanasan atau tidak benar melakukan pemanasan.

Kram otot sendiri adalah kondisi di mana otot terjadi kontraksi berupa penegangan otot yang di alami secara tiba - tiba. Selain aktivitas, kekurangan zat dalam tubuh seperti dehidrasi, kurangnya zat elektrolit dalam tubuh bisa menyebabkan betis berubah menjadi pegal. Namun yang paling sering terjadinya masalah ini akibat dari pemanasan yang kurang baik, sehingga tidak menutup kemungkinan otot menjadi tidak siap menerima kegiatan yang berat.

5. Kurangnya Mineral dalam Tubuh

Asupan makanan memang perlu diperhatikan, selain bisa membantu mencegah penyakit tapi juga menyembuhkan. Namun, apabila anda tidak melakukannya maka bisa - bisa daya tahan tubuh yang anda menjadi berkurang. Sehingga, tubuh anda akan mudah terserang penyakit. Salah satu asupan makanan yang sangat perlu diperhatikan adalah asupan mineral untuk tubuh.

Kandungan mineral dalam makanan dapat berupa kalsium, potassium, kalium, fosfor, natrium, klorida, sulfur dan mineral lainnya. Asupan mineral ini sangat dibutuhkan tubuh terutama pada jaringan yang ada di dalam tubuh seperti otot, tendon, syaraf serta pembuluh darah. Kurangnya mineral dalam tubuh, bisa membuat tubuh mudah terserang berbagai gangguan. Salah satu penyebab betis pegal dan sakit adalah kurangnya asupan mineral disertai olah raga yang tidak teratur.

6. Skiatika

Skiatka, seperti belum banyak orang mengetahui dengan masalah ini. Skiatika sendiri adalah sebuah kondisi medis di mana terjadi linu di area pinggul. Linu panggul ini timbul rasa nyeri pada bagian jalur syaraf panggul yang terletak pada tulang belakang dan memanjang hingga ke daerah kaki. Jadi, ketika anda mengalami skiatika ini, bisa jadi anda juga akan mengalami gangguan pada betis anda.

Karena memiliki hubungan syaraf antara pinggul dan kaki, menjadikan skiatika sebagai salah satu penyebab betis pegal dan sakit. Ketika anda duduk, berdiri terlalu lama dapat membuat masalah ini timbul. Apabila masalah ini menyerang betis, anda akan merasakan berbagai rasa nyeri, kebas, sakit dan rasa tidak enak lainnya. Rasa nyeri ini tidak hanya dirasakan pada area kaki saja tapi juga pada aea paha yang masih ada hubungan syaraf dengan pinggul.

7. Kontusio

Nama gangguan kontusio sangat jarang didengar di kalangan masyarakat umum. Kontusio adalah kondisi di mana jaringan lunak yang ada di bagian tubuh manusia mengalami cedera yang disebabkan oleh banyak faktor. Nah, faktor yang sering terjadi dikarenakan kecelakaan seperti terkena pukulan dan tendangan, jatuh, tertimpa benda berat dan lainnya. Tentunya ini akan menimbulkan masalah pada bagian tubuh yang mengalami kecelakaan.

Salah satu bagian tubuh yang sering mengalami kontusio adalah kaki. Bahkan masalah ini menjadi penyebab betis pegal dan sakit. Beberapa faktor penyebab kontusio di atas akan mengakibatkan pembuluh darah kecil putus. Yang pada akhirnya akan membuat pendarahan di area tersebut. Masalah ini sering disebut dengan luka memar, dan gejala yang ditimbulkan seperti nyeri, bengkak serta warna bagian tubuh yang berubah menjadi biru kehitaman.

Itulah beberapa penyebab yang menimbulkan betis anda terasa pegal bahkan sakit. Kalau dilihat - lihat dari beberapa faktor di atas, diantaranya merupakan akibat dari kebiasaan yang buruk seperti melakukan kegiatan yang terlalu berat atau pun berlebihan. Jadi, biasakan untuk melakukan kegiatan secara teratur dan sesuai kadar kemampuan. Apalagi terhadap orang tua yang bisa dibilang kemampuan tubuh sudah mulai berkurang.

Nah, setelah anda mengetahui beberapa penyebab betis pegal dan sakit di atas. Tentunya, anda harus mengatasi masalah tersebut dengan segera supaya tidak menimbulkan masalah lainnya. Ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mengatasi betis yang pegal dan terasa sakit. Bahkan di beberapa cara, bisa anda lakukan dengan cara yang alami. Jika anda belum mengetahui caranya, berikut ini ulasan cara mengatasi betis pegal dan sakit.


Mengatasi Betis Pegal dan Sakit


Betis yang pegal akibat aktivitas olahraga, bisa anda sembuhkan dengan bahan alami. Namun, penyebab betis pegal dan sakit dikarenakan robek pada jaringan otot maka perlu dilakukan tindakan yang cukup serius. Hal ini untuk menetrallisir terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. Ok, langsung saja berikut ini cara mengatasi betis pegal dan sakit.

1. Kompres Betis dengan ES

Cara yang sering dilakukan untuk mengobati masalah ini yaitu menggunakan es batu. Es batu memiliki sifat dingin yang tinggi, dengan sifatnya tersebut bisa membantu menurunkan ketegangan yang terjadi pada otot. Oh iya, cara ini sudah banyak dilakukan oleh banyak praktisi olahraga untuk menyembuhkan berbagai masalah betis yang pegal dan sakit. Jadi tunggu apalagi, ketika anda sakit pada betis coba kompres dengan es batu selam 10 menit.

2. Angkat Kaki ke Atas saat Tidur

Pada tips yang kedua ini bisa anda lakukan ketika ingin tidur, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menaikkan kaki anda melebihi badan ketika berbaring. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan sirkulasi darah di area betis. Sebab, masalah betis pegal bisa disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Anda bisa melakukan cara ni setiap malam atau ketika betis terasa pegal. Diamkan kaki di atas selama 15 - 20 menit.

3. Lakukan Aktivitas Secara Bertahap

Jika anda mengalami betis pegal akibat terlalu sering olahraga dengan intensitas yang cukup tinggi, cobalah untuk melakukan peningkatan secara bertahap. Olahraga dengan intensitas yang cukup tinggi secara tiba - tiba bisa membuat otot yang ada di dalam tubuh tidak siap menerima tekanan tersebut. Jadi usahakan untuk meningkatkan olahraga secara bertahap untuk menekan terjadinya betis pegal dan sakit.

4. Beristirahat

Beristirahat, merupakan pilihan tepat buat anda untuk mengatasi betis yang pegal dan sakit. Dengan beristirahat, secara tidak langsung anda memberikan waktu untuk betis anda beristirahat atau melepas ketegangan. Anda telah ketahui sebelumnya, penyebab betis pegal dan sakit bisa disebabkan oleh adanya ketegangan otot. Istirahat, membantu menurunkan risiko bertambahnya rasa sakit pada betis.

5. Gosok dengan Halusan Jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai obat tradisional yang paling ampuh dalam menangani hampir berbagai masalah, salah satunya ya gangguan seperti ini. Jahe bisa menimbulkan rasa panas, yang sangat baik untuk membantu merilekskan ketengan yang terjadi pada otot kaki. Panas jahe bisa anda dapatkan dengan memarutnya atau memblendernya, setelah halus anda bisa memijat betis dengan jahe halus. Diamkan selama 1 jam, hingga terasa hangat.


Nah, itulah beberapa cara mengatasi pegal pada betis yang bisa anda coba. Menurut kami, cara - cara di atas terbilang sangat mudah diaplikasikan, dengan hanya menggunakan bahan alami anda sudah bisa menyembuhkan gangguan. Melakukan salah satu cara sudah dapat menyembuhkan masalah anda, namun tetap harus dibarengi dengan pelaksanaan yang dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

Kelihatannya cukup sekian artikel mengenai penyebab betis pegal dan sakit yang bisa kami ulas. Dengan mengetahui penyebab dari masalah anda, diharapkan dapat mencegah anda terserang kembali masalah seperti ini lagi. Ya, meskipun anda mengalaminya kembali anda sudah mengetahui beberapa cara yang dapat membantu mengatasi masalah yang tengah anda alami. Sekian artikel tersebut, semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...