Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada dan Tenggorokan

cara mengatasi asam lambung naik ke dada

Cara mengatasi asam lambung naik ke dada - Asam lambung pada sistem pencernaan digunakan untuk menguraikan makanan serta membunuh kuman yang ada di makanan. Asam lambung yang tidak terkontrol dengan baik, seperti asam lambung yang menuju ke atas tubuh. bisa menyebabkan sebuah gangguan. Gangguan ini dapat berdampak buruk pada daerah yang dilalui oleh asam lambung tersebut.

Mengapa ini bisa berbahaya bagi organ tubuh bagian dalam lainnya? Sebab sifatnya yang asam membuat asam lambung mengakibatkan rasa perih bercampur panas. Kenaikan asam lambung bisa terjadi hingga mencapai pada area dada, dan menimbulkan sebuah rasa panas. Bahkan, kenaikan asam ini bisa mencapai tenggorokan akibatnya anda akan merasakan sensasi yang tidak enak akibat kejadian seperti itu.


Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada dan Tenggorokan


Masalah asam lambung atau HCl yang naik hingga mencapai dada dan tenggorokan, dalam dunia kedokteran disebut GERD. GERD sendiri terjadi karena adanya jumlah cairan asam lambung yang terlalu berlebih, sehingga HCl ini akan naik dan mengiritasi organ yang dilewatinya. Nah, jika saat ini anda tengah mengalami masalah seperti ini tentunya diperlukan penanganan yang sesegera mungkin.

Ketahuilah bahwa kenaikan asam pada lambung ini bia terjadi karena aktivitas yang buruk serta kegagalan fungsi organ. Namun, walaupun begitu anda tetap bisa mengurangi bahkan mencegah timbulnya naiknya asam lambung dengan beraktivitas yang baik. Jika masalah ini tengah anda alami, anda bisa atasi dengan obat asam lambung naik. Anda tidak mengetahui cara atau obatnya, berikut ini ulasan cara mengatasi asam lambung naik ke dada dan tenggorokan.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik


Tidak dapat dipungkiri bahwa, gangguan yang berhubungan dengan asam lambung atau HCl bisa terjadi ke pada semua orang. Reaksi yang ditimbulkan oleh kenaikan asam lambung bermacam - macam antara lain panas, perih, sakit dan lainnya. Adapun anda tidak kuat menahan hal tersebut, langsung saja anda atasi dengan obat asam lambung naik berikut ini.

1. Rutin Atur Pola Makan

Kebiasaan yang sering menyebabkan kenaikan HCl pada lambung adalah pola makan yang tidak teratur. Tidak teraturnya pola makan menyebabkan lambung bekerja lebih keras, karena tidak adanya makanan yang akan diuraikan. Jadi hal yang tepat untuk mengatasi asam lambung yang naik adalah dengan mengatur pola makan. Konsumsilah makanan secara rutin 3 kali sehari.

Perlu juga anda ingat, makan makanan secara rutin dan dengan porsi yang cukup. Jangan terlalu berlebih bahkan kurang, dan lagi ketika makan jangan mengambil posisi sambil tidur. Apabila salah satu dari ketiga ini anda terapkan maka bisa menimbulkan kenaikan HCl pada lambung. Usahakan makan dengan posisi duduk, jika ingin berbaring setelah makan maka tunggu jarak selama 2 jam untuk mencegah hal - hal yang berhubungan dengan asam lambung.

2. Hindari Makanan dan Minuman Asam

Ketika anda tengah mengalami masalah asam lambung, pantangan yang anda miliki adalah untuk tidak memakan makanan yang bersifat asam. Ada banyak sekali makanan bahkan minuman yang bersifat asam, sehingga menimbulkan HCl pada lambung naik. Makanan yang perlu anda hindari seperti makanan berlemak (gorengan, makanan cepat saji, dll) sedangkan minuman yang perlu anda hindari adalah kopi, minuman beralkohol, dan lainnya.

Jadi, cara mengatasi asam lambung naik ke dada adalah dengan berhenti makan makanan berlemak seperti gorengan, selain itu minuman kopi dan minuman beralkohol juga turut menyumbang naiknya asam lambung. Jika anda sedang mengalami masalah ini, berhentilah makan makanan dan minuman yang bersifat asam. Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat.

3. Perbaiki Posisi Berbaring

Posisi tidur yang sering anda lakukan juga turut menyebabkan naiknya asam lambung di tubuh loh. Posisi yang tidak baik setelah makan, apalagi jarak antara makan dan berbaring belum mencapai 2 jam bisa menimbulkan HCl naik hingga mencapai ke dada. Keadaan seperti ini sering terjadi di dalam masyarakat umum. Jadi, cara mengatasi asam lambung naik ke dada dan tenggorokan adalah mengubah posisi berbaring.

Ada baiknya anda tidak berbaring setelah makan, apabila belum berjarak kurang lebih 2 jam. Setelah makan, anda bisa duduk atau berjalan sambil menunggu proses pencernaan berlangsung. Selain posisi, gerakan - gerakan yang tidak beraturan juga bisa menimbulkan hal yang sama. Lompat - lompat, adalah gerakan yang bisa memaksa HCl pada lambung naik bahkan ke dada dan tenggorokan.

4. Menghindari Aktivitas Buruk

Banyak sekali aktivitas buruk yang sering kita lakukan, dan aktivitas buruk tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya aktivitas tersebut adalah merokok. Jika anda tengah mengalami asam lambung yang naik dan merokok, mendingan anda sekarang berhenti melakukan aktivitas buruk tersebut berupa merokok. Walaupun rokok tidak akan masuk ke dalam lambung tapi dampak yang ditimbulkan bisa menyebar.

5. Kurangi Stres

Stres merupakan sebuah kondisi di mana pikiran mengalami tekanan akibat masalah yang biasanya tengah di alami. Kondisi seperti ini pada dasarnya tidak baik bagi tubuh, sebab bisa meningkatkan hormon atau hal - hal yang bisa memperburuk keadaan tubuh. Salah satu hal buruk yang timbul karena stres adalah asam lambung yang mengalami kenaikan. Kenaikan ini bisa membuat iritasi pada organ dalam yang dilalui HCl.

Jadi cara mengatasi asam lambung naik ke dada adalah dengan menekan atau mengontrol emosi. Dengan begitu masalah stres tidak ada timbul dan memperparah keadaan tubuh bagian dalam. Untuk mengurangi stres anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berwisata, olahraga dan lainnya. Memang stres sudah sepatutnya ditinggalkan dari kehidupan modern seperti ini.

6. Posisi Kepala Lebih Tinggi Ketika Tidur

Solusi selanjutnya adalah memposisikan kepala lebih tinggi dari pada badan. Cara ini bisa anda terapkan ketika pada posisi berbaring santai atau tidur. Dengan posisi seperti itu, cairan asam pada lambung tidak dapat naik ke dada karena posisi perut yang lebih rendah dari pada kepala. Posisi seperti ini sangat efektif untuk mengatasi asam lambung yang naik hingga dada dan tenggorokan. Jadi usahakan untuk melakukan posisi di atas untuk mencegah asam lambung naik.

7. Menghindari Makanan dan Minuman Panas

Sebelumnya, anda diharuskan untuk menghindari makanan dan minuman untuk dikonsumsi. Ada tambahan yang harus anda perhatikan yaitu makanan dan minuman panas, juga turut perlu anda hindari. Meskipun makanan dan minuman hangat sangat baik, tapi coba kurangi tingkat konsumsi. Konsumsi makanan dan minuman panas bisa membuat asam lambung berproduksi berlebih dan bisa membuat naik.

8. Minum Air Putih Secara Rutin

Tak dapat dipungkiri memang mengkonsumsi air putih secara rutin serta dengan tingkat yang cukup dapat membantu menyehatkan tubuh. Bahkan racun dalam tubuh bisa dilarutkan dengan minum air putih. Selain dapat melarutkan racun, minum air putih bisa menurunkan kenaikan asam lambung yang tengah anda alami. Usahakan anda memenuhi kebutuhan air putih 8 gelas setiap hari.

9. Mengkonsumsi Permen Karet

Tips kali ini cukup terbilang aneh, apakah benar dengan anda mengkonsumsi permen karet bisa mengatasi asam lambung/ Jawabannya bisa, sebab ketika anda mengkonsumsi permen karet ini mulut anda akan memproduksi air liur. Dan air liur inilah yang bisa membantu menurunkan kenaikan dari asam lambung. Akibat kenaikan HCl otomatis organ dalam juga akan bersifat asam, dengan adanya air liur dapat dinetralisir dengan baik.

Itulah beberapa tips cara mengatasi asam lambung naik ke dada dan tenggorokan. Dengan melakukan salah satu cara di atas kami jamin asam lambung yang naik dapat turun secara berkala. Cukup mudah bukan, untuk mengatasi masalah seperti ini. Kuncinya anda harus tetap tenang, dan mengikuti beberapa cara di atas dengan begitu anda akan terbebas dari namanya masalah lambung.

Setelah anda mengetahui cara mengatasinya, tentunya ada juga harus mengetahui apa saja penyebab dari masalah yang tengah anda alami. Dengan mengetahui penyebab asam lambung naik, anda bisa mencegahnya. Ini sangat penting untuk diperhatikan, setelah anda mengetahui penyebabnya anda bisa memberitahukan kepada orang yang masih awam dengan asam lambung.


Penyebab Asam Lambung Naik


Telah anda ketahui sebelumnya cara mengatasi gangguan pada lambung. Selanjutnya ada perlu mengetahui penyebabnya, bahkan beberapa keterangan di atas telah menyebutkan beberapa penyebab. Sehingga ini bisa menjadi gambaran buat anda. Untuk lebih rincinya, langsung saja anda simak ulasan di bawah ini mengenai penyebab asam lambung naik.

1. Soda

Mengkonsumsi soda pada dasarnya memang sudah tidak baik bagi tubuh. Sebab dengan meminum minuman bersoda dapat merusak organ dalam kita. Organ - organ tersebut antara lain ginjal, lambung dan lainnya. Asam lambung sangat mudah bereaksi dengan soda. Begitu keduanya bertemu, maka kenaikan asam pada lambung tidak tertahankan. Nantinya rasa mual, panas lambung akan segera terasa akibat hal tersebut.


2. Makanan Berlemak

Tidak dapat dipungkiri, makanan yang mengandung lemak sudah sepatutnya dihindari. Bagaimana tidak, makanan berlemak bisa memicu gangguan kesehatan dari mulai obesitas, serangan jantung, dan salah satunya pada lambung. Lemak yang terkandung pada makanan akan memicu kenaikan HCl pada lambung. Lalu makanan apa saja yang berlemak,? contohnya gorengan, susu berlemak, daging berlemak dan lainnya.

3. Minuman Mengandung Kafein

Kafein memang bisa berguna ketika anda tengah begadang, sebab kafein bisa membantu meningkatkan kerja jantung. Meskipun cukup berguna, namun dampak negatif juga dapat anda dapatkan. Salah satu dampaknya adalah menimbulkan kenaikan asam lambung yang bisa mencapai dada. Minuman yang mengandung kafein antara lain kopi dan teh. Apabila anda tegah mengalami masalah ini sebaiknya menghindar minuman berkafein.

4. Mengkonsumsi Buah Bersifat Asam

Ada banyak sekali buah - buahan bahkan sayuran yang memiliki sifat asam. Buah tomat dan buah citrus menjadi salah satu buah yang memiliki asam yang bisa memicu timbulnya masalah kenaikan asam lambung. Bahkan, mengkonsumsi buah tomat secara berlebih dan mengakibatkan HCl pada lambung naik hingga mencapai tenggorokan. Ini juga berlaku pada buah citrus, dengan naiknya asam biasanya akan menimbulkan gangguan seperti batuk serta suara serak.

5. Alkohol

Alkohol memang sudah terkenal sebagai minuman yang sangat tidak baik bahkan terbilang berbahaya. Meminum minuman beralkohol meskipun dalam jumlah sedikit tetap berdampak pada kesehatan. Salah satu masalah yang biasa timbul adalah naiknya asam lambung.  Selain memabukkan, minuman beralkohol bisa bereaksi dengan katup pada tenggorokan sehingga menyatu dengan saluran lambung. Alhasil, cairan asam pada lambung bisa naik sewaktu - waktu.

Baca : Cara memijat sakit kepala vertigo yang benar

Nah, bagaimana ulasan di atas mengenai cara mengatasi asam lambung naik ke dada serta penyebab dari naiknya asam lambung. Dengan mengetahui berbagai informasi mengenai asam lambung di atas, di harapkan jumlah orang yang terkena masalah seperti ini dapat menurun. Apabila anda tengah mengalami masalah ini, cobalah beberapa cara di atas, untuk menurunkan asam yang naik.

Namun, anda telah sembuh atau tidak mengalami hal tersebut silakan anda cermati beberapa penyebab dari naiknya asam lambung. Hal ini berguna untuk mencegah anda terserang gangguan ini. Masalah asam lambung yang naik secara berkelanjutan dan terjadi dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel