Cara Mengobati Kuku Cantengan yang Bernanah Secara Alami dengan Cepat

cara mengobati kuku cantengan

Cara Mengobati Kuku Cantengan - Cantengan adalah kondisi di mana suatu jari mengalami pembengkakan dan rasa sakit pada ujung, akibat pertumbuhan kuku yang tidak begitu baik. Pertumbuhan kuku yang masuk ke dalam membuat kulit pada jari menjadi terluka. Masalah seperti ini sangat sering terjadi pada jempol kaki, bahkan ini akan lebih berisiko pada orang yang memiliki bentuk kuku yang melengkung dan kuku tebal.

Menderita masalah cantengan pada kuku kaki memang sangat menyebalkan, tidak hanya membuat sakit saja tapi juga akan mengganggu aktivitas sehari - hari. Dalam dunia kedokteran cantengan memiliki nama Paronychia. Apabila anda tengah menderita cantengan ini, anda perlu melakukan cara mengobati kuku cantengan. Supaya cantengan yang tengah di alami cepat sembuh.


Cara Mengobati Kuku Cantengan yang Bernanah Secara dengan Cepat


Cantengan bisa disebabkan oleh banyak faktor, meskipun salah satu penyebab terbesar adalah pertumbuhan kuku yang salah. Masalah ini terbilang bisa disembuhkan, apabila di atasi sesegera mungkin. Namun apabila masalah ini tidak ditangani sesegera mungkin bisa menyebabkan komplikasi. Bahkan masalah cantengan ini bisa terulang kembali atau kambuh dalam selang beberapa waktu

Cara mengobati kuku cantengan perlu dilakukan, sebab cantengan bisa sangat berbahaya terhadap penderita penyakit diabetes atau pun kelainan pembuluh darah. Selain itu, cantengan yang tidak segera diobati bisa memunculkan nanah yang mungkin akan sangat bau. Oleh karena itu anda perlu melakukan cara mengobati kuku cantengan supaya terbebas dari masalah ini.

Ada banyak sekali cara yang bisa anda tempuh untuk mengobati ini, salah satunya operasi. Namun apabila kamu tidak ingin di operasi ada cara lain untuk menyembuhkan masalah ini. Sebelum membahas cara mengobati kuku cantengan yang bernanah, ada baiknya anda mengetahui gejala - gejala apa saja yang ditimbulkan dari cantengan.


Gejala Kuku Cantengan


Sebelum anda menderita masalah cantengan, biasanya anda akan mengalami yang namanya gejala - gejala yang terjadi sebelum benar - benar menderita cantengan. Gejala biasanya akan memberikan sinyal kepada anda bahwa anda akan segera mengalami sebuah masalah. Adapun gejala yang akan timbul ketika akan mengalami cantengan sebagai berikut,
  • Merasakan sakit dan nyeri ketika jari yang mengalami cantengan di tekan.
  • Terdapat nanah atau cairan yang ada di tepi jari.
  • Mengalami yang namanya pendarahan di kuku yang mengalami cantengan.
  • Peradangan yang terjadi pada kulit dan pembengkakan pada jari yang mengalami cantengan.
  • Adanya pertumbuhan kuku yang abnormal, membuat kuku luka.

Gejala yang ditimbulkan seperti penumpukan cairan, keluarnya nanah merupakan indikasi bahwa cantengan yang tengah di alami mengalami infeksi. Apabila anda pernah mengalami beberapa gejala di atas, maka anda terindikasi mengalami cantengan.Apabila sudah seperti itu diperlukan cara mengobati kuku cantengan bernanah yang sesegera mungkin

Penyebab Kuku Cantengan


Setelah anda mengetahui beberapa gejala yang ditimbulkan sebelum terjadi masalah cantengan, berikutnya adalah penyebab dari kuku cantengan. Cantengan terjadi akibat pertumbuhan kuku yang salah, alhasil membuat kulit di area kuku menjadi luka. Nah, pertumbuhan abnormal kuku itulah bisa disebabkan oleh banyak faktor. Adapun penyebab cantengan sebagai berikut,
  • Kurangnya menjaga kebersihan kaki
  • Bentuk kuku yang tidak rapi
  • Memotong kuku tidak benar
  • Kaki yang berkeringat
  • Cedera kaki
  • Penggunaan sepatu dan kaos kaki yang terlalu sempit
  • Akibat Faktor Genetik
  • Adanya bakteri

Selain beberapa penyebab di atas, ada beberapa aktivitas yang bisa berpotensi menjadi penyebab kuku cantengan. Rugby, sepak bola, futsal dll merupakan aktivitas yang bisa menjadi penyebab terjadinya masalah ini. Penanganan yang baik sangat diperlukan dalam cara mengobati kuku cantengan tanpa operasi. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mengobati kuku cantengan tanpa operasi.

Dengan mengetahui semua gejala dan penyebab pada masalah cantengan,anda sekarang bisa mencegah terjadinya masalah ini. Namun, apabila anda tengah mengalami cantengan tersebut sudah pasti diperlukan pengobatan yang baik. Apabila anda kurang mengetahui cara mengobati kuku cantengan tanpa operasi, berikut ini beberapa caranya buat anda.

1. Buah Lemon

Cara yang pertama, anda bisa menggunakan buah lemon. Buah lemon di sini berfungsi untuk mengurangi risiko infeksi akibat bakteri. Sebab buah lemon memiliki tingkat asam yang tinggi sehingga ampuh dalam mengatasi bakteri. Cara menggunakan lemon dalam cara mengobati kuku cantengan bernanah sangat mudah. Anda bisa memotong lemon tipis - tipis, kemudian menutupi cantengan dengan potongan lemon tersebut.

Cara lainnya dari lemon, dengan cara membuat lubang di buah. Setelah dibuat lubang, kemudian masukkan jari ke dalam buah lemon. Anda bisa mendiamkan jempol anda di dalam lemon selama 10 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pengobatan ini, anda harus melakukan cara ini 2 kali sehari.

2. Ganti Sepatu dan Kaos Kaki yang Nyaman

Salah satu penyebab dari kaki cantengan adalah akibat penggunaan sepatu dan kaos kaki yang terlalu sempit. Sehingga cara mengatasi kuku cantengan dengan mengganti sepatu dan kaos kaki yang nyaman. Namun, apabila anda memaksakan untuk menggunakan sepatu dan kaos kaki yang ketat atau sempit, malahan hal tersebut bisa memperparah keadaan cantengan yang tengah diderita.

Untuk memberikan kenyamanan pada kaki, anda bisa menggunakan sepatu yang sedikit longgar, supaya jari - jari kaki bisa mendapatkan untuk gerakan ringan. Usahakan pula bahan pembuatan sepatu menggunakan bahan yang lembut. Selain itu, pilih sepatu yang memiliki ujung yang cukup lebar. Namun, apabila tengah mengalami cantengan sangat disarankan untuk memakai sendal.

3. Air Hangat

Menggunakan air hangat bisa menjadi cara selanjutnya dalam cara mengobati kuku cantengan. Pengobatan ini cukup sederhana, bila anda ingin lekas sembuh anda bisa mulai melakukan perendaman kaki di air hangat. Caranya anda hanya perlu merendam kaki anda, utamakan pada area kuku selama beberapa menit di dalam air hangat.

Untuk prosedur melakukannya adalah siapkan wadah yang cukup besar untuk menampung kaki. Lalu isi dengan air hangat hingga mencapai kurang lebih menutup kaki. Jangan lupa berikan sedikit sabun anti bakteri ke dalamnya, dan rendam kaki anda ke dalamnya. Anda bisa merendam di air hangat selama 10 menit. Cara ini bisa anda lakukan beberapa kali setia hari untuk terhindar dari rasa nyeri, gatal, dll.

4. Pasta Tepung Beras

Cara keempat anda bisa menggunakan bahan tepung beras, lebih tepatnya pasta tepung peras. Bahan yang diperlukan dalam pembuatan pasta tepung beras adalah minyak biji rami dan tepung beras. Untuk mengaplikasikan campuran ini sangat, anda mengoleskan pasta pada kuku cantengan, kemudian tutup menggunakan kain perban. Anda bisa melakukan cara mengobati kuku cantengan dengan pasta ketika akan tidur.

Penggunaan cara ini bisa membantu mengurangi risiko infeksi. Sebab, pasta ini nantinya akan membuat abses atau bengkak akan mengempes. Akibatnya nanah akan keluar dari kuku cantengan tadi. Kalau sudah begitu kuku cantengan akan terbebas dari infeksi, atau pun terkena infeksi namun hanya dalam jangka waktu yang pendek.

5. Minyak Pohon Teh

Di dalam kuku cantengan biasanya akan mengalami infeksi entah itu ringan atau pun parah. Infeksi yang terjadi menyimpan banyak sekali bakteri yang bisa memperparah infeksi. Bakteri yang ada di dalam masalah ini perlu dibasmi, untuk mengurangi risiko parahnya cantengan di kaki nantinya. Dan salah satu solusinya adalah minyak pohon teh.

Minyak teh ini sangat efektif untuk membunuh bakteri dan virus yang ada di dalam infeksi cantengan. Untuk cara mengobati kuku cantengan yang bernanah dengan minyak pohon teh, anda bisa meneteskan satu tetes minyak pada infeksi. Biarkan selama beberapa menit, anda bisa melakukan cara ini beberaa kali sekitar 7 - 10 kali dalam sehari.

6. Magnesium Sulfat

Magnesium sulfat bisa membantu mengurangi risiko yang diakibatkan kuku cantengan. Rasa sakit dan bengkak akibat cantengan, dapat dikurangi dengan dengan mengoleskan pasta magnesium sulfat ada area infeksi. Dalam sebuah studi menyebutkan bahwa magnesium sulfat bisa membantu mengurangi 95% risiko cantengan selama 7 hari. Jadi, magnesium sulfat bisa anda jadikan cara mengobati kuku cantengan.

Cara menggunakan magnesium sulfat, yang pertama bersihkan area cantengan dengan alkohol. Kemudian oleskan magnesium sulfat di area infeksi dengan jumlah yang cukup banyak atau sampai tertutup semua bagian infeksi. Tutup olesan magnesium tadi dengan menggunakan kain kaya. Lakukan cara ini setiap harinya dengan mengganti olesan dan perban, dan bersihkan infeksi sebelum mengoleskan magnesium.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kuku cantengan, ada banyak memang dan anda bisa memilih satu dari itu semua. Masalah utama dalam masalah cantengan adalah infeksi dan biasanya di dalam infeksi terdapat bakteri dan virus. Bakteri dan virus ini akan bisa menyebabkan infeksi menjadi lebih parah. Jadi langkah utama yang bisa anda lakukan adalah mengurangi jumlah bakteri untuk mempersingkat waktu infeksi.


Pencegahan Kuku Cantengan


Setelah anda terbebas dari masalah cantengan, anda bisa melakukan sebuah tindakan pencegahan. Sebelumnya ada telah mengetahui beberapa penyebab utama dari masalah kuku cantengan. Anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan menjauh hal - hal yang bisa menyebabkan timbulnya cantengan. Adapun pencegahan yang bisa anda lakukan diantaranya adalah,
  • Menghindari sepatu dan kaos kaki yang terlalu sempit
  • Tidak melakukan kontak langsung dengan penderita cantengan (ketika infeksi).
  • Menjaga kebersihan kaki
  • Usahakan untuk memotong kuku dengan benar
  • Merapikan kuku yang tidak teratur
  • Merawat dan mengobati cedera di area kaki

Pencegahan bisa anda lakukan sedini mungkin, supaya gejala - gejala cantengan tidak timbul. Untuk mencegah timbulnya cantengan, bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu melakukan aktivitas yang baik dan sehat. Tak perlu repot,, anda bisa mulai dengan menjaga kebersihan tubuh. Dengan begitu bakteri tidak bisa hidup, meskipun masih tetap ada.

Demikianlah cara mengobati kuku cantengan yang bernanah dengan cepat. Anda bisa mulai memahami dari penyebab dan gejala yang ditimbulkan masalah kuku cantengan. Baru kemudian bisa melaksanakan salah satunya cara di atas. Untuk memaksimalkan penyembuhan anda harus bisa melakukan salah satu tis di atas secara rutin. Dan aabila sudah sembuh anda bisa melakukan pencegahan untuk terhindar dari luka cantengan kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...