Cara Mengobati Mata Merah pada Anak secara Alami

Mengobati Mata Merah pada Anak

Mengobati mata merah pada anak - Mata merah adalah suatu kondisi di mana, bagian mata yang berwarna putih (sklera) mengalami perubahan warna berupa merah. Kemunculan mata merah bisa sangat bervariasi, umumnya mata merah terlihat seperti garis merah mudah di sebagian sklera atau seluruhnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengobati mata merah pada anak.

Mata merah bisa terjadi ke hampir semua orang entah itu bayi hingga orang dewasa. Bagi mereka yang tengah mengalami keadaan mata yang merah, biasanya akan merasakan perih. Selain perih pada mata, mata juga terasa kering hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor salah satunya adalah aktivitas yang dilakukan sehari - hari.


Cara Mengatasi Mata pada Anak secara Alami dengan Mudah


Apabila anda telah mengalami mata merah, anda bisa melakukan perawatan untuk menangani masalah ini. Ada berbagai macam cara untuk mengatasi mata merah dari mulai menggunakan bahan alami, pergi ke dokter hingga membeli obat tetes di apotek. Masalah mata yang merah bisa di alami satu atau kedua bola mata.

Ketika seseorang menderita mata merah, sebelumnya mereka akan merasakan beberapa gejala sebelum datangnya mata merah.Sebelum kita membahas mengenai cara mengobati mata merah pada anak secara alami, anda perlu memahami gejala dan penyebab mata merah yang tengah anda alami.


Gejala Mata Merah pada Anak


Gejala yang sering ditimbulkan ketika akan mengalami mata merah sangat berhubungan dengan kondisi mata. Adapun gejala yang timbul ketika mata merah sebagai berikut ini,
  • Gatal
  • Terasa Kering
  • Agak sakit
  • Mata berair
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Pandangan kabur

Apabila anda tengah mengalami gejala - gejala di atas, kemungkinan besar anda akan atau tengah mengalami mata merah. Di gejala yang ada di atas, sangat sering seseorang mangalami mata yang terasa kering dan gatal. Sebab mata merah sangat identik dengan mata yang keadaan kering.

Tapi tak jarang seseorang yang mengalami mata merah tidak mendapatkan gejala - gejala yang telah disebutkan. Gejala umum yang akan di alami hampir semua orang adalah kemerahan. Setelah hal - hal tersebut pernah anda alami, kemudian hari mata anda bisa berwarna merah pada bagian skleranya.


Penyebab Mata Merah pada Anak


Setelah memahami dari gejala mata merah, berikutnya dalam pembahasan cara mengobati mata merah pada anak secara alami adalah penyebab mata merah itu sendiri. Mata dalam kondisi berwarna merah secara umum memiliki banyak penyebab. Kemunculan mata merah bisa disebabkan oleh adanya pelebaran pembuluh darah.

Pelebaran pembuluh darah ini terjadi pada pembuluh darah kecil yang terletak di antara sklera dan konjungtiva. Pembuluh darah kecil ini dapat menjadi sebuah pembengkakan akibat berbagai faktor salah satunya adalah lingkungan. Namun, gaya hidup juga tidak menutup kemungkinan menjadi penyebab mata merah.

Apabila anda salah satu dari beberapa penderita mata merah, anda perlu mengetahui penyebab mata merah itu sendiri. Ada banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya masalah ini. Berikut ini beberapa penyebab mata merah yang sering terjadi,
  • Polusi udara
  • Asap (rokok, pembakaran, dll.)
  • Udara kering (kantor, minimarket, dll.)
  • Debu
  • Asap larutan (bensin, larutan tertentu, dll.)
  • Paparan bahan kimia (klorin dalam kolam renang, dll.)
  • Sinar matahari

Itulah berbagai penyebab dari timbulnya masalah mata merah. Memang faktor lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan mata, selain lingkungan gaya hidup turut menyumbangkan faktor penyebab masalah ini. Gaya hidup yang tidak baik seperti menatap layar terlalu lama, mengoperasikan smartphone di tempat gelap, dll mejadi faktor mata menjadi merah.

Kalau sudah begini perlu cara mengobati mata merah pada anak sesegera mungkin supaya tidak menjadi masalah yang lebih serius. Ada banyak cara untuk mengobati mata merah, salah satunya dengan cara yang alami, tanpa menggunakan bahan kimia. Apabila anda belum menetahuinya, berikut ini cara mengobati mata merah pada anak secara alami.

1. Kompres Suhu Dingin

Dengan mengurangi suhu di sekitar area mata, dapat membantu menurunkan efek dari penyempitan pembuluh darah yang berupa bengkak dan iritasi. Ini merupakan metode yang cukup sederhana buat anda untuk merilekskan mata. Untuk melakukan kompres dingin anda bisa melakukan salah satu cara berikut.

Cara pertama, dengan menggunakan sendok. Penggunaan sendok di sini sangat pas dengan kontur bentuk mata. Cara mengobati mata merah pada anak dengan sendok bisa anda lakukan dengan 4 buah sendok.Caranya anda perlu merendam 4 sendok di dalam es (tidak sampai beku), kemudian letakan sendok pada bagian cekung di kedua mata.

Apabila sendok set pertama sudah mulai hangat karena suhu badan, anda bisa mulai mengantinya dengan set kedua dan meletakan kembali di mata. Sedangkan yang set pertama bisa anda celupkan kembali. Lakukan secara bolak bali hingga 20 menit, supaya mata bisa benar - benar rileks.

Cara kedua, yaitu dengan mengguakan handuk. Menggunakan media handuk untuk mengobati mata merah pada anak sangat pas karena memiliki tekstur yang lembut. Caranya terbilang sangat sederhana, anda hanya perlu merendam handuk ke dalam air dingin. Kemudian mengoleskan handuk ke area sekitar  mata. Lakukan cara ini secara berulang - ulang selama 20 menit.

2. Kompres Suhu Hangat

Apabila kompres dengan suhu dingin belum bisa membantu atau anda tidak mau, anda bisa beralih pada kompres suhu hangat. Suhu hangat bisa membantu meningkatkan aliran darah, sehingga aliran darah di area mata menjadi lebih lancar. Selain meningkatkan aliran darah, suhu hangat juga bisa meningkatkan produksi minyak di kelopak mata.

Sehingga mata anda yang sebelumnya kering akan mulai sedikit membaik. Ini seperti menciptakan pelumasyang lebih banyak di mata anda. Untuk mengobati mata merah pada anak, anda bisa merendam handuk ke air panas lalu peras. Letakan handuk di sekitar mata yang sensitif, usahakan untuk menjaga suhu pada tingkat yang wajar. Letakan handuk hangat di mata anda selama 10 menit.

3. Kantong Teh Celup

Relaksasi dengan menggunakan teh sudah tidak asing lagi, kandungan dan manfaat pada teh begitu banyak. Manfaat kantong teh celup salah satunya adalah mengurangi peradangan dan kemerahan pada mata anda. jadi, anda bisa menggunakan ini sebagai salah satu cara mengobatan mata merah pada anak secara alami.

Pemanfaatn cara ini telah digunakan sejak lama karena kandungan teh yang bisa membantu merelaksasikan tubuh. Jenis teh yang bisa anda gunakan dalam cara ini yaitu teh hijau, hitam, catnip, kelopak mawar, bunga chamomile, biji adas, tunas lavender, dan daun blackberry. Caranya anda tinggal merendam teh pada air hangat kemudian letakan pada sekitar mata, usahakan suhu pada tingkat yang wajar untuk mata.

4. Masker Mata

Selain wajah, mata juga membutuhka perawatan. Perawatan yang bisa anda lakukan sebagai cara mengobati mata merah pada anak adalah masker. Dengan melakukan masker mata bisa membantu meremaakan dan menghidrasi mata, sehingga lebih membaik daripada kering. Apabila mata anda juga mengalami kelelahan, masker mata bisa jadi solusinya.

Cara menggunakan tips ini yaitu siapkan bahannya berupa 2 sendok teh mentimun (halus) dan 1 sendok teh susu bubuk. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu letakan ke dalam pendingin selama 30 menit. Aplikasikan campuran untuk masker mata lakukan dengan menutup mata dan mengoles pada bagian kelopak mata. Diamkan selama 10 menit, lakukan cara ini 1 - 2 kali seminggu.

5. Obat Tetes Mata

Obat tetes mata memang sudah tidak bisa lagi akan manfaat untuk mengurangi mata merah. Dengan melumasi mata anda dengan obta tetes, bisa membantu menjaga kebersihan dan kelembaban. Mata merah yang diakibatkan mata yang kering membutuhkan obat tetes mata untuk menjaga kesehatan mata. Obat tetes mata yang dingin sangat direkomendasikan. Namun, menaruh obat dipendingin perlu dipertimbangkan.

6. Istirahat

Beristirahat adalah pilihan tepat untuk semua masalah kesehatan tubuh, tak terkecuali mata. Mata yang seharian bekerja keras, membutuhkan waktu untuk merileksasikan kembali mata. Ketika anda mengalami mata merah, tidur bisa dijadikan cara mengobati mata merah pada anak. Dengan beristirahat bisa membuat mata lebih segar.

Dengan tidur, selain bermanfaat bagi kesehatan mata tetapi juga bermanfaat bagi seluruh tubuh. Tidur bisa membantu mengoptimalkan beberapa organ seperti jantung, ginjal, serta membantu anda terbebas dari kantong atau lingkaran hitam pada mata. Untuk beristirahat anda bisa melakukan ketika tidur siang dan tidur malam.

Baca juga : Cara mengobati kuku cantengan yang bernanah

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengobati mata merah pada anak. Melakukan cara - cara di atas dengan benar dan rutin, bisa memaksimalkan penyembuhan mata merah. Apabila mata merah pada anak sudah benar - benar sembuh, lakukan pencegahan supaya tidak terulang kembali. Larang anak untuk melakukan hal - hal yang bisa memicu mata merah diantaranya,
  • Menghindari polusi udara, asap
  • Tidak berlama - lama di dalam ruangan ber AC
  • Tidak menatap layar komputer atau gadget terlalu lama
  • Jangan melihat benda bercahaya ditempat gelap
  • Menjauhi paparan bahan kimia

Melakukan pencegahan dari pada mengobati adalah pilihan yang tepat. Banyak aktivitas kita yang kurang sehat bisa memicu timbulnya mata merah. Serta lingkungan yang kurang bersih, jadi jagalah kebersihan lingkungan dan lakukan aktivitas yang sehat. Sekian artikel mengenai cara mengobati mata merah pada anak, semoga lekas sembuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...